home ×
Gadget

Tergelincir dari 5 Besar, Huawei Cuma Kapalkan 4 Persen Ponsel di Q1 2021

11 June 2021 By
Tergelincir dari 5 Besar, Huawei Cuma Kapalkan 4 Persen Ponsel di Q1 2021
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. HuaweiCentral

Uzone.id -- Temuan terbaru dari lembaga riset Counterpoint Research menunjukkan enam peringkat pangsa pasar brand ponsel pintar dari aspek shipment atau pengapalan sepanjang Q1 2021. Mirisnya, Huawei tak masuk di peringkat 5 teratas.

Pasar ponsel pintar tumbuh sekitar 20 persen pada Q1 2021 jika dibandingkan periode yang sama pada 2020. Secara keseluruhan, industri smartphone telah mengapalkan 354,94 juta unit.

Jika estimasi Counterpoint benar, maka Huawei hanya mengapalkan 4 persen unit ponsel dan membuatnya terperosok di urutan ke-6. Sementara Vivo berada tepat di atas Huawei dengan pangsa 10 persen.

Baca juga: Huawei: HarmonyOS Tawarkan Pengalaman Serupa Android dan iOS

Peringkat pertama ditempati Samsung yang diklaim telah mengapalkan 22 persen dari total unit secara global, lalu disusul oleh Apple sebanyak 17 persen dan Xiaomi 14 persen. Sementara itu peringkat ke-empat ada Oppo di angka 11 persen.

Baca juga: 2 Ponsel Vivo Ini Siap Nikmati 5G Telkomsel

Dari riset yang ada, terperosoknya Huawei dari 5 besar ini dikarenakan keputusan perusahaan yang menjual bisnis Honor dan membuat brand asal China ini mengalami penurunan penjualan.

Mengutip Slashgear, dari sini kehadiran sistem operasi HarmonyOS 2.0 diharapkan dapat menjadi titik balik perusahaan untuk menyelamatkan bisnis ponsel pintarnya.

Sejauh ini HarmonyOS dilaporkan telah menggaet 10 juta pengguna, menandakan masih ada harapan bagi bisnis ponsel pintar Huawei yang dibarengi dengan minat tinggi dari pengembangan software bikinan Huawei ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id