icon-category Auto

Tilang Elektronik Pakai Drone Mulai Diuji Coba

  • 16 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Ditlantas Polda Jateng

Uzone.id - Sejumlah inovasi terus digelontorkan pihak kepolisian untuk memantapkan digitalisasi identifikasi kendaraan. Salah satunya, menggunakan drone untuk melakukan penilangan elektronik.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah mulai melakukan uji coba tilang elektronik atau ETLE Drone dan akan mulai dilaksanakan di Exit Tol Tingkir, Polres Salatiga.

Menurut Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Iptu Doohan Octa Prasetya yang mewakili Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Ditlantas Polda Jateng akan mengembangkan ETLE Drone di 35 Polres.

BACA JUGA: Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, Superpower First Class!

"ETLE Drone bisa lebih luas menjangkau pelanggaran yang ada di wilayah khususnya di lokasi yang padat arus lalu lintasnya," ujarnya seperti dikutip Uzone.id dari NTMC Polri.

Uji coba penerapan tilang elektyronik menggunakan drone tersebut hasil kerjasama Polda Jateng dengan Asosiasi Drone Indonesia, yang nantinya sebagai permulaan akan menjadi pilot untuk menerbangkan drone berkamera ETLE tersebut.

Saat ini, sudah ada tiga personel yang tersertifikasi untuk menerbangkan drone dalam penerapan tilang elektronik ini.

"Akan berkembang sedemikian rupa dan akan dikembangkan oleh seluruh Polres di Polda Jawa Tengah," tambahnya.

Secara mekanisme, mekanisme penilangan menggunakan drone ini tidak berbeda dengan mekanisme penilangan menggunakan kamera ELTE lainnya, baik yang statis maupun yang mobile.

Malahan, dengan adanya drobe berkamera ETLE, diharapkan bisa mencover pemantauan dan penilangan yang selama ini tidak terjangkau kamera ETLE statis.

BACA JUGA: Penampakan Chery Omoda 5 Versi Setir Kanan, Siap Dijual?

"Dari uji coba sekitar 20 menit saja kita bisa bisa mendapatkan banyak pelanggar lalu lintas yang kasat mata, seperti tidak memakai helm dan sabuk keselamatan. ETLE Drone saat ini masih dalam pengembangan," tutupnya.

Penggunaan drone untuk tilang elektronik ini melengkapi sistem ETLE yang sudah ada sebelumnya dengan ETLE statis dan mobile.

VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, Tenaganya Nendang!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini