icon-category Digilife

Tips Belajar Komputer Cepat Untuk Pemula

  • 09 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Ist)

    Uzone.id - Apakah Anda ingin belajar komputer? Terasa sedikit ketinggalan jika kita belum menguasai komputer di era modern yang serba digital dan berbasis komputer. Saat ini penggunaan komputer telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia.

    Jika dulu penggunaan komputer masih terfokus pada dunia IT atau teknologi, kini sebagian besar ranah kehidupan manusia telah menerapkan komputer dan kecanggihannya untuk mempermudah berbagai tugas.

    Mari kita lihat beberapa contoh nyata: mulai dari dunia bisnis, kami menggunakan komputer dan internet untuk memperluas perusahaan kami dengan menjual secara online. Dalam dunia medis, teknologi komputer digunakan oleh dokter dan tim medis untuk lebih cepat menganalisis kondisi kesehatan pasien. Informasi lainya tentang computer bisa anda dapatkan di charis.id

    Kemudian, dunia pendidikan saat ini mulai mengembangkan metode pembelajaran jarak jauh atau online menggunakan komputer. Selain itu, masih banyak lagi aktivitas dalam kehidupan kita yang telah menggunakan komputer untuk meringankan beban kerja. Misalnya, ketika Anda menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah.

    Tugas Anda dapat diselesaikan lebih cepat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word untuk menulis mengetik, Microsoft Excel untuk memproses data numerik atau Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi yang lebih menarik.

    Baca juga: Spesifikasi Laptop Pelajar Dikbud

    Atau ketika harus mencari referensi materi untuk menunjang kegiatan belajar dan bekerja. Dengan cara lama dan tradisional, satu-satunya cara untuk mencari referensi tersebut tentu saja dengan bersusah payah membaca dan mereview berbagai artikel dan buku cetak dari perpustakaan.

    Namun, dengan metode baru menggunakan komputer, Anda dapat menemukan referensi semudah menjelajahi browser. Jadi Anda bisa menemukan berbagai artikel terkait hanya dalam hitungan detik. Sangat mudah bukan?

    Contoh-contoh di atas merupakan bentuk aplikasi nyata dari penggunaan komputer dalam kehidupan kita sehari-hari. Bagi anda yang masih belum terlalu paham cara menggunakan komputer, maka anda tidak perlu khawatir atau khawatir. Sebab, masih belum terlambat bagi Anda untuk mempelajari penggunaan komputer dan komponen di dalamnya dari awal.

    Baca juga: Ini Chromebook Acer yang Siap Jadi "Laptop Pelajar", Berapa Harganya?

    Anda juga tidak perlu repot mengambil kursus komputer khusus. Kini, Anda juga bisa menemukan berbagai platform untuk belajar komputer secara gratis. Salah satunya adalah edisi terbaru dari artikel yang sedang Anda baca.

    Anda beruntung karena berikut adalah tujuh dasar pembelajaran komputer yang dapat Anda pelajari dan kuasai dengan cepat. Tanpa basa-basi lagi langsung saja simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui lebih jelas pengertian belajar komputer yang efektif dan cepat. Selamat membaca!

    Banyak orang awam yang bingung bagaimana cara belajar komputer untuk pemula. Bahkan ada sebagian orang yang terlanjur pusing dan cemas saat berhadapan dengan perangkat komputer yang memiliki banyak komponen di dalamnya. Jangan khawatir, berikut ini sudah kami siapkan dasar-dasar lengkap dan tips belajar komputer termudah dan terbaik untuk pemula:

    Memiliki Niat Yang Kuat untuk Belajar Komputer

    Pembelajaran komputer dasar yang pertama adalah niat untuk belajar. Ingatlah kata-kata bijak bahwa tanpa niat yang kuat, maka apapun proses belajar Anda akan terhambat. Dengan niat yang baik, Anda tidak akan mudah goyah atau menarik diri dari proses pembelajaran meskipun di tengah proses Anda menemui berbagai kendala. Oleh karena itu, sebelum terjun ke dalam praktik belajar, Anda harus memiliki niat yang kuat.

    Cari tahu dengan jujur dalam diri Anda apa tujuan utama Anda belajar komputer. Apakah untuk membuat pekerjaan saat ini lebih mudah? Atau untuk menunjang kegiatan belajar di sekolah atau kampus? Seberapa penting komputer akan bermain dalam hidup Anda? Bisakah belajar komputer membuat beban kerja Anda lebih ringan?

    Buatlah Tujuan Menggunakan Komputer

    Tips selanjutnya adalah anda harus memiliki tujuan untuk menggunakankomputer. Setelah mengetahui tujuan dan maksud dasar belajar komputer, kini Anda dapat menyusun prioritas dan spesifikasi tujuan tersebut. Seperti apa maksudnya?

    Anda perlu memahami bahwa komputer adalah peralatan yang sangat kompleks. Oleh karena itu, komputer memiliki banyak kegunaan di dalamnya. Sebuah komputer dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan masing-masing pemakai (user).

    Dengan komputer Anda dapat mencari banyak referensi dan informasi di internet, mengedit gambar dan video, menonton film, menyimpan berbagai file, membuat berbagai jenis dokumen, dan sebagainya.

    Jadi, apa tujuan utama dan terpenting Anda mempelajari komputer? Dengan mengetahui tujuan utama belajar komputer, selain cepat dalam proses pembelajaran, Anda juga bisa fokus pada pembelajaran tertentu yang mendukung tujuan Anda. Hasilnya, pembelajaran komputer Anda akan lebih efisien, ringan, dan menyenangkan.

    Miliki Komputer Anda Sendiri

    Pembelajaran komputer dasar berikutnya adalah memiliki komputer sendiri. Mengapa Anda harus memiliki komputer sendiri? Tentunya dengan memiliki komputer sendiri, Anda akan lebih leluasa dalam berlatih komputer setiap saat.

    Selain itu, Anda tidak akan dihantui rasa takut merusak komputer karena komputer yang Anda gunakan adalah milik Anda sendiri. Jumlah jam Anda harus berlatih komputer juga akan lebih banyak, karena Anda bisa belajar komputer di mana pun Anda mau.

    Bandingkan dengan situasi di mana Anda harus belajar komputer dengan menggunakan perangkat orang lain. Tentu Anda akan merasa sangat tidak nyaman, karena ada rasa takut merusak file dan perangkat yang sedang digunakan. Selain itu, jam belajar Anda akan sangat terbatas mengingat komputer juga dapat digunakan oleh pemiliknya untuk menyelesaikan pekerjaan.

    Saat ini banyak sekali komputer dan laptop yang bisa dibeli dengan harga murah mulai dari 3 jutaan rupiah. Membeli komputer saat ini juga sangat mudah dan praktis, karena bisa dilakukan secara online di e-commerce. Cukup dengan mengklik produk yang ingin Anda beli, komputer pesanan akan dikirimkan ke alamat Anda.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini