home ×
Digilife

Tips Bikin Podcast Pakai Ponsel Anti Ribet

12 September 2021 By
Tips Bikin Podcast Pakai Ponsel Anti Ribet
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: Firmbee.com/Unsplash

Uzone.id -- Podcast memang sedang marak di mana-mana. Selain topik menarik yang akan menggaet banyak pendengar, tentunya kualitas dari konten itu juga patut diperhatikan agar orang-orang nyaman menikmati dari awal hingga selesai.

Platform konten audio streaming yang berisi podcast pun menjamur, mulai dari Tidal, Deezer, hingga Spotify dan YouTube Music. Spotify pun menjadi aplikasi paling populer yang menampung banyak konten podcast.

Urusan pemilihan platform pada dasarnya tinggal dipilih saja. Sementara jika kita benar-benar mau serius menggeluti konten podcast, tak jarang juga justru lebih galau menentukan isi konten hingga proses pembuatannya karena merasa kekurangan gadget.

Padahal, modal ponsel saja sudah cukup. Lalu, seperti apa cara memaksimalkan ponsel untuk membuat podcast secara praktis tanpa ribet? Simak tips di bawah ini.

Tentukan tema pembicaraan
Siapkan skrip terlebih dahulu sesuai tema yang ingin dibicarakan. Kalau bisa pilih topik relevan yang dapat menarik para pendengar. Paling tidak, pilih topik sesuai yang diminati, lalu bisa kaitkan itu dengan isu terkini.

Baca juga: Tips Berburu Cuan dengan Investasi untuk Milenial

Pada akhirnya, berbekal topik yang kita kuasai dapat membuat para pendengar podcast akan menilai kita sebagai ahli yang dapat dipercaya.

Jangan lupa skrip yang dibuat ditentukan sesuai durasi yang kita inginkan, biasanya antara 20 hingga 60 menit.

Pakai ponsel yang gak bikin insecure
Selain RAM dan memori cukup, ponsel dengan baterai mumpuni seperti 4.000 mAh sampai 5.000 mAh tentunya sudah sangat memadai agar waktu menyalanya lebih lama saat proses pembuatan konten. Belum lagi jika ada dukungan teknologi seperti audio Dolby Atmos, tentu ini jadi nilai plus.

Pasang ponsel di posisi tepat
Posisi ponsel saat merekam juga bisa menentukan hasil dari rekaman audio. Sebaiknya letakan ponsel dalam jarak yang cukup agar bisa menghindari volume suara hembusan angin dari mulut atau hidung.

Setelah menentukan topik dan mempersiapkan ponsel, kita bisa menyiapkan skrip untuk tayangan podcast perdana. Khusus untuk episode pembuka, buatlah perkenalan tentang diri sendiri dan topik yang akan dibahas di podcast secara singkat dan informatif.

Baca juga: Panas sama Apple dan Spotify, Facebook Rilis Fitur Podcast

Rekam suara tanpa gangguan
Untuk merekam menggunakan ponsel, sebaiknya matikan notifikasi agar tidak ada gangguan suara dan perhatian kita tetap fokus di topik obrolan podcast tersebut.

Meski skrip awal sudah ditentukan durasinya, tetap lebih baik jika kita melakukan improvisasi agar podcast terdengar alami, bukan sekadar membaca teks.

Edit dan upload
Kita bisa menggunakan aplikasi penyunting suara seperti Audacity misalnya. Tambahkan keterangan dan deskripsi untuk masing-masing episode podcast dan bisa juga buat rangkuman singkat untuk menjelaskan topik di episode tersebut, lalu berilah cover atau sampul menarik dari podcast.

Untuk mengudarakan audio file podcast yang sudah jadi, kalian bisa menggunakan aplikasi third-party seperti Anchor.fm untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital seperti Spotify, SoundCloud, atau YouTube.

VIDEO: Main Bareng SPOT, Robot Pintar Hyundai yang Bisa Joget BTS

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id