home ×
Digilife

Tips dan Trik Umum WhatsApp yang Layak Dipakai Sehari-hari

25 July 2021 By
Tips dan Trik Umum WhatsApp yang Layak Dipakai Sehari-hari
Share
Share
Share
Share

Foto: Unsplash

Uzone.id -- WhatsApp masih menjadi pilihan orang-orang sebagai aplikasi obrolan yang mudah dan nyaman. Hingga saat ini, ada banyak fitur-fitur tersembunyi dalam aplikasi WhatsApp yang mungkin sangat berguna bagi kalian.

Berikut beberapa trik umum yang bisa dimanfaatkan pengguna saat menggunakan WhatsApp

Mencari Obrolan Tertentu dengan Cepat
Kalian mungkin pernah mendapatkan sebuah alamat atau pesan penting dari seseorang, dan untuk menemukan pesan-pesan tersebut kalian butuh waktu lama karena tertimbun pesan-pesan lain yang lebih baru.

Sekarang, kalian bisa menggunakan fitur pencarian untuk menemukan obrolan tertentu dengan cepat tanpa memeriksa satu persatu. Fitur pencarian ini ada di bagian atas layar obrolan dengan ikon kaca pembesar.

Baca juga: Fitur WhatsApp 'Sekali Lihat' Diluncurkan, Ini Cara Pakainya

Kalian bisa menuliskan kata apa saja di kolom pencarian, mulai dari kata tertentu, nama kota, atau kata kunci alamat yang sudah dikirim. Selain itu kalian juga bisa mencari foto, video atau audio dalam ikon tersebut untuk meminimalkan pencarian.

Hasilnya, kalian akan menemukan bagian percakapan obrolan yang mengandung kata-kata kunci yang sudah ditulis dalam kolom pencarian.

Mencari obrolan yang lebih spesifik
Kalau kalian ingin mencari obrolan yang spesifik di sebuah grup atau dengan di satu kontak yang lebih sempit, kalian bisa mencarinya di ruang percakapan pribadi antara kalian dan kontak tersebut.

Caranya, masuk ke ruang chat antara kalian dan penerima, klik tiga titik yang ada di kanan atas nama kontak, klik ‘Cari’ setelah itu tulis kata-kata kunci yang ingin kalian temukan, dan obrolan tersebut akan muncul dengan segera.

Menemukan kontak yang boros ruang memori
Kalian pasti penasaran siapa kontak yang sering kalian ajak bicara, atau bertukar video dan foto. Mungkin saja itu teman kalian atau justru grup kelas atau grup kerja kalian?

WhatsApp memiliki fitur untuk mengetahui kontak siapa yang paling sering mengirim pesan, foto atau video dan berapa banyak penyimpanan yang digunakan kontak-kontak di WhatsApp kalian.

Caranya, buka pengaturan, lalu ke penyimpanan dan data, klik kelola penyimpanan, dan kalian akan daftar kontak atau grup yang menggunakan penyimpanan paling besar.

Baca juga: 6 Fitur WhatsApp yang Wajib Dimanfaatkan Pengguna

Hapus foto, GIF, video, pesan, stiker sekaligus dari obrolan tertentu
Kalian bisa memilih untuk menghapus pesan, foto, atau video, GIF, kontak, lokasi, pesan suara, dokumen, dan stiker dalam satu obrolan. Misalnya, kalian bisa menghapus semua pesan tanpa menghapus foto dan video di obrolan tertentu.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Kelola Penyimpanan > Pilih Kontak > Kelola > Pilih > Centang kotak di samping yang ingin dihapus (video atau gambar) > Ketuk ikon tempat sampah untuk menghapus.

Kalian bisa mengurutkan berdasarkan file yang paling banyak menghabiskan ruang penyimpanan, atau bisa mengurutkan dari yang terbaru hingga terlama.

Menghemat penggunaan kuota data
Jika kalian mempunyai kuota data yang terbatas, kalian pasti akan menghematnya dan tidak ingin cepat habis. Untungnya, kalian bisa menghemat penggunaan data di WhatsApp dengan menyesuaikan kapan media diizinkan untuk diunduh.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Unduh Otomatis Media > Beralih ke Wifi saja untuk semua media agar menghemat data kalian.

Mengetahui berapa banyak data yang kalian pakai
Jika kalian khawatir dengan penggunaan data di WhatsApp kalian, kalian bisa menemukan detail data yang telah kalian pakai. Kalian akan melihat detail seperti jumlah pesan yang dikirim dan diterima, begitupun data yang dipakai dan diterima.

Caranya, masuk ke Penyimpanan dan Data > Penggunaan Jaringan.

Mengganti wallpaper chat
WhatsApp menyediakan wallpaper untuk memperindah tampilan latar ruang obrolan. Kalian bisa mengubah wallpaper ini dengan warna-warna solid, foto kalian, atau gambar-gambar dari WhatsApp itu sendiri.

Caranya, masuk ke Pengaturan > Obrolan > Wallpaper Obrolan > Pilih Perpustakaan Wallpaper, Warna Solid, Galeri, Default atau Tanpa Wallpaper.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id