home ×
Auto

Tips Lulus Uji Emisi Mobil Ala Bengkel Umum

08 January 2021 By
Tips Lulus Uji Emisi Mobil Ala Bengkel Umum
Share
Share
Share
Share

Foto: Bagja - Uzone.id

Uzone.id - Uji Emisi kendaran wajib dilakukan mulai tahun ini di DKI Jakarta. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI sudah menggelar uji emisi gratis di sejumlah titik wilayah.

Ada ancaman denda sebesar Rp500 ribu kalau mobil kita tidak lulus uji emisi. Nah, muncul kekhawatiran bagaimana mobil-mobil yang sudah berumur atau yang sudah tidak melakukan service berkala di bengkel resmi.

Sebab, rata-rata mobil keluaran baru kadar emisinya lebih stabil dan terpantau. Lain halnya dengan mobil yang sudah berumur, setidaknya lebih dari 3 tahun ke atas.

Baca juga: Testla Model 3 Facelift Meluncur di Indonesia

Perawatan dan pemantauan di bengkel resmi memang lebih terjamin, namun bukan berarti mobil-mobil yang dirawat sendiri pun gak punya kemungkinan untuk lulus uji emisi.

Ada sejumlah tips sederhana untuk menjaga emisi gas buang tetap bersih meski mobil kalian sudah berumur dan gak dirawat bengkel resmi.

"Jangan modif mesin sembarangan. Usahakan mesin tetap standar, karena kalau sudah dimodifikasi, biasanya komposisi campuran udara dan bahan bakar sudah tidak standar pabrik dan punya potensi bikin gas buang lebih kotor," ujar Hidayat, punggawa bengkel spesialis BMW.

Masih soal modifikasi, hal yang dia cermati sering dilakukan pemilik mobil adalah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Hal ini juga tidak disarankan, meskipun mesin masih dalam keadaan standar.

"Knalpot racing apalagi bobokan, biasanya melepas katalytic conventer yang tugasnya menyaring gas buang yang kotor, kalau ini dicopot, emang tenaga mobil lebih baik, tapi emisinya kotor," tuturnya.

Terakhir, pastikan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan tidak direkomendasikan menggunakan bahan bakar oktan rendah seperti Premium.

"Kalau untuk mobil-mobil sekarang, minimal RON 92 lah (Pertamax), Premium gak disarankan, oktan rendah bisa nimbulin kerak di ruang bakar, bikin pembakaran gak sempurna, ujung-ujungnya emisi kotor," tutupnya.

Jadi, dengan menjaga 'keperawanan mesin' itu saja dan gunakan BBM yang sesuai spesifikasi mobil, jamin pria yang akrab disapa Dayat ini, mobil kalian bakal punya emisi yang bersih dan gak perlu khawatir saat uji emisi.

VIDEO Diskon Pajak Mobil Baru & Jeritan Pedagang Mobil Bekas:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article