icon-category Auto

Tips Menjaga Baterai Motor Listrik Biar Tetap Awet

  • 05 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Baterai motor listrik (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Mengendarai sepeda motor listrik memang mengasyikkan, apalagi saat 'memainkan' tuas akselerator secara spontan. Tarikan yang kuat dari motor listrik itu otomatis langsung kita dapatkan, lumayan untuk ngetes adrenalin.

    Namun, kebiasaan memainkan gas secara spontan ternyata bikin usia baterai jadi lebih pendek. Hal ini diutarakan oleh General Manager PT Dunia Terang Internusa, Andry Dwinanda.

    Perusahaan yang menaungi motor listrik merek United itupun memberikan tips agar baterai motor listrik bisa awet.

    BACA JUGA: Jawa Luncurkan Bobber dengan Gaya Jok Melayang

    "Jangan terlalu narik-narik (gas) terus, itu bisa panas apalagi di kondisi siang kan ada heat-nya," tutur Andry saat berbincang dengan Uzone.id di acara IEMS 2022 yang berlangsung pada 28-30 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

    Selain itu, lanjut Andry, motor listrik saat diisi daya jangan sampai overcharge atau saat baterai terlalu berlebihan mendapatkan voltase listrik. Jadi, perlakuan terhadap baterai pada motor listrik mirip seperti baterai pada smartphone.

    "Kita jangan sampai overcharge. Jika daya baterai di angka 20 persen atau 30 persen, maka sebaiknya baterai sudah dicas kembali," kata dia lagi.

    BACA JUGA: New Honda Forza 350 Resmi Meluncur, Harga Cuma Rp72 Jutaan

    Tips lainnya, hati-hati ketika mencuci sepeda motor listrik. Waspada saat menjangkau area charging dan jangan sampai di-steam dengan air bertekanan tinggi, terutama di area controller.

    Terakhir, pastikan juga saat mencuci motor listrik kesayangan, usahakan jok dan tempat kabel charging tertutup rapat untuk mencegah hal-hal berbahaya dan merugikan terjadi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini