icon-category Auto

Tips Pilih Jas Hujan Motor, Harus Warna Cerah?

  • 06 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Di musim hujan, tentunya setiap pengguna sepeda motor harus mempersiapkan jas hujan agar perjalanan tidak terhambat. Namun masih banyak pemilihan jas hujan yang salah, sehingga dapat membahayakan saat perjalanan.

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih jas hujan. Salah satunya adalah penggunaan jas hujan yang model two piece atau baju dan celana.

"Jangan pakai yang model kelelawar atau ponco, karena dia tidak melindungi semua tubuh dari air hujan. Ditambah bagian belakanngya memungkinkan masuk ke roda atau rantai sehingga membahayakan pengendara," ujar Jusri saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Jusri juga menyarankan membeli jas hujan model two piece atau baju dan celana tidak bisa asal. Dirinya menyarankan untuk membeli warna yang cerah dan memiliki reflektor, sehingga dengan mudah terlihat pengendara lain.

alt-img

"Karena ketika terjadi hujan, visibilitas pengendara itu menurun. Nah dengan menggunakan jas hujan dengan corak warna yang terang ditambah memiliki reflektor, maka dengan mudah terlihat oleh pengendara lain," jelasnya.

"Bahkan jika terjatuh, pengendara lain juga bisa mengetahui ada seseorang terjatuh. Bayangkan kalau pakai jas hujan hitam dan tidak ada reflektor, saat sedang deras maka tidak akan terlihat jadi justru sangat membahayakan," ungkapnya.

Selain pemilihan jas hujan, Jusri juga mengatakan perlunya menggunakan ukuran yang tepat agar sesuai dengan kenyamanan pengendara. Jas hujan yang tidak nyaman dipakai tentunya akan membuat konsentrasi berkendara menjadi berkurang.

"Jadi ukuran memang berpengaruh, karena untuk kenyamanan. Warna berpengaruh, pilihlah warna seperti kuning, hijau tosca, putih, biru, oranye gitu ya. Jangan pilih hitam, biru dongker, hijau tua itu akan sulit terlihat ketika hujan," terangnya.

Selain jas hujan, pengendara motor di musim hujan juga harus menggunakan perlengkapan yang tepat. Seperti helm, sarung tangan, sepatu, dan jaket.

Dengan perlengkapan berkendara yang tepat dapat meminimalisir terjadinya cedera saat terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini