icon-category Digilife

Tips Tetap Produktif di Sisa Ramadan

  • 25 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Uzone.id/Vescha Permata Sari

    Uzone.id – Ramadan sudah berjalan selama dua pekan di tengah kondisi pandemi yang sudah lebih membaik dari tahun-tahun sebelumnya. Aktivitas sehari-hari pun beragam, ada yang sudah bekerja di kantor (WFO), ada yang lebih suka WFH, ada juga yang hybrid.

    Di tengah kesibukan sehari-hari, tentunya masih ada ‘ritual’ meeting online yang terkadang tidak ada habisnya, atau justru acara-acara yang sudah mulai sering dilakukan secara offline.

    Ada beberapa tips yang dapat diperhatikan agar tidak lesu dan tetap produktif di sisa Ramadan ini.

    Pertama, fokus terhadap objektif yang diharapkan oleh atasan kita terhadap kita. Buat prioritas pekerjaan dimulai dari yang paling penting atau menghasilkan impact terhadap objektif tersebut.

    Kita juga dapat mengurangi distraksi terhadap pekerjaan kita. Sebagai contoh, kita dapat menghilangkan notifikasi terhadap aplikasi media sosial maupun lainnya yang kurang relevan dengan pekerjaan.

    Baca juga: Jelang Lebaran, Intip 4 Tips Jualan di Instagram Reels

    Dengan demikian, kita hanya menggunakan aplikasi tersebut saat kita senggang.

    Kedua, komunikasi terhadap atasan maupun stakeholder sejak awal. Saat ini situasi pandemi semakin terkendali dengan semakin menurunnya jumlah kasus.

    Oleh karena itu, saat ini cukup beragam kebijakan terkait lokasi kerja yang diimplementasi oleh perusahaan-perusahaan. Ada yang masih menerapkan full FWA/WFH, ada yang sudah WFO, ada pula yang sebagian atau kombinasi di antaranya.

    Dalam hal ini, selain tentunya berpedoman kepada aturan perusahaan, jangan lupa untuk berkomunikasi dengan atasan kita terhadap pola yang disepakati. Diskusikan pula dengan stakeholder lain yang terkait seperti klien, partner bisnis, maupun counterpart yang berinteraksi dengan kita.

    Ilustrasi/Unsplash

     

    Sebaiknya hal ini didiskusikan dengan segera agar tidak menjadi masalah di kemudian hari – misalnya klien ingin melakukan rapat offline dengan kita, namun kita sedang berada di luar kota.

    Apabila kita memiliki rencana mudik, komunikasikan juga hal tersebut kepada atasan kita, termasuk ekspektasi komunikasi yang dapat kita lakukan selama kita mudik.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Playlist Podcast Ramadan Untuk Ngabuburit

    Ketiga, jangan lupakan aktivitas fisik. Meskipun banyak di antara kita yang menghabiskan waktu di depan gadget kita, jangan lupakan aktivitas fisik.

    Jalan kaki ataupun aktivitas fisik ringan lainnya di pagi hari justru dapat menambah semangat dan berpotensi meningkatkan konsentrasi yang dapat mendukung pencapaian pekerjaan kita di sisa hari.

    Selain itu, jangan lupa untuk melakukan break singkat setiap beberapa jam agar tidak terlalu lama duduk. Sekadar berdiri sebentar atau melakukan peregangan untuk beberapa waktu dapat dijadikan solusi.

    Deretan tips di atas mudah-mudahan juga mendukung agar kita dapat memaksimalkan ibadah di sisa waktu Ramadan ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan khususnya apabila kita berencana untuk mudik.

    Mohon maaf lahir dan batin!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini