home ×
Digilife

Tips untuk Fresh Grad yang (Masih) Sulit Dapat Kerja

11 January 2021 By
Tips untuk Fresh Grad yang (Masih) Sulit Dapat Kerja
Share
Share
Share
Share

Photo by Clem Onojeghuo on Unsplash

Kolom oleh: Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Uzone.id - Tantangan besar bagi fresh graduate atau angkatan kerja baru selama pandemi adalah sulit mendapat pekerjaan karena lowongan yang terbatas. BPS mencatat jumlah angkatan kerja melonjak per Agustus 2020 mencapai 138,22 juta orang, akibat dari naiknya pengangguran.

Lalu, angkatan kerja tidak bekerja karena Covid-19 ada sekitar 1,77 juta orang.

Baca juga: Meneropong 2021, Setelah Investor Paman Sam Lirik Startup Lokal

Tahun telah berganti, kira-kira tips pamungkas apa saja untuk para fresh graduate yang masih menganggur? Saya mencatat ada tiga tips yang dapat diterapkan di bawah ini.

1. Mencari bidang usaha yang berpotensi tumbuh pesat di tahun 2021

Saya memprediksi bidang usaha yang tumbuh pesat di tahun 2021 tidak jauh berbeda dengan di tahun 2020, di antaranya healthcare, pangan, dan logistik. Semuanya adalah bidang usaha yang tetap diperlukan bahkan semakin dicari di saat pandemi.

hunters-race-MYbhN8KaaEc-unsplash

Mereka juga memiliki satu kesamaan, yakni diperkaya oleh teknologi. Dengan kata lain, bidang usaha yang juga akan tumbuh pesat di tahun 2021 adalah teknologi khususnya digital yang merupakan enabler bagi banyak bidang usaha lainnya.

2. Meningkatkan skill yang dibutuhkan

Oleh karena itu, tips kedua yang perlu dilakukan adalah meningkatkan skill yang dibutuhkan oleh bidang usaha tersebut. Skill terkait teknologi seperti data scientist, UI/UX designer, software engineer, product manager, dan lainnya masih akan terus dicari di 2021. Hampir seluruh perusahaan teknologi di Indonesia membuka lowongan di bidang-bidang di atas.

Baca juga: Apa yang Harus Dipertimbangkan Jika Startup Berencana Merger?

Saat ini, banyak sekali sarana untuk memperoleh skill tersebut melalui online. Carilah skill yang sesuai dengan kemampuan dan minat. Jangan lupa juga untuk meningkatkan jejaring karena peluang kerja juga banyak muncul dari komunitas-komunitas keahlian.

3. Menjadi entrepreneur

Selain mencari kerja, fresh graduate juga dapat mempertimbangkan untuk menjadi entrepreneur. Teknologi khususnya internet telah mendemokratisasi peluang usaha. Kini siapapun dapat menjadi pengusaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

Selain dengan membuat dan menjual barang yang diproduksi sendiri, fresh grad – yang notabene sangat fasih dalam dunia digital – juga dapat menjadi rekanan dari UMKM yang mengalami kesulitan dalam menjual barang melalui online.

Awal tahun 2021 ini, banyak negara di dunia – termasuk mudah-mudahan sebentar lagi Indonesia – akan mulai melaksanakan proses vaksinasi. Meskipun proses ini masih akan berlangsung dalam waktu yang tidak sebentar, hal ini diharapkan menjadi momentum untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, secara umum banyak pihak menyambut tahun 2021 ini dengan nada optimis. Mudah-mudahan kondisi pandemi Covid-19 akan semakin terkendali dan pemulihan ekonomi termasuk meningkatnya lapangan kerja bagi fresh grad akan semakin cepat tercapai.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article