icon-category Digilife

Unik, Mangkuk Ayam Jago Mejeng di Google Doodle Hari Ini

  • 12 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Google Doodle edisi Mangkuk Ayam Jago

    Uzone.id - Ada yang unik di Google Doodle edisi kali ini, animasi mangkuk legend Ayam Jago menghiasi laman utama Google hari ini, Senin (12/09). 

    Ternyata Google sedang merayakan ‘Mangkuk Ayam Jago Lampang’ yang cukup populer dan familiar bagi warga Asia (termasuk Indonesia), animasi karya Helene Leroux dengan desain peralatan makanan tradisional ini menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang.

    Ternyata desain peralatan dapur ini ternyata sudah didaftarkan pemerintah Thailand sebagai produk Indikasi Geografis Lampang alias produk khas Lampang pada tanggal yang sama, 12 September 2013 lalu.

    Baca juga: Gunakan Emoji di Google Docs Makin Mudah, Begini Caranya

    Dengan ini, sudah tahu dong ya kalau Mangkuk Ayam Jago ini ternyata berasal dari wilayah tersebut, karena sudah terdaftar secara hukum perdagangan internasional yang menegaskan soal reputasi dan kualitas dari mangkok yang suka dipakai untuk Mie Ayam atau Bakso ini.

    Sejarah Eksis-nya Mangkuk Ayam Jago 

    Sejarahnya, Mangkuk Ayam Jago ini diimpor ke Thailand dari China. Di negara asalnya, ayam jago ini melambangkan kerja keras. Daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi dan keberuntungan.

    Pada sekitar 1957, para pengusaha membuka pabrik-pabrik peralatan dapur dengan desain ‘ayam jago’ di Provinsi Lampang, Thailand. Dipilihnya daerah ini ternyata karena Lampang dipenuhi dengan mineral lempung yang cocok untuk pembuatan keramik.

    Baca juga: Google Doodle Tema 17an Hari ini Karya Seniman Asal Bandung, Lho

    Lampang terus memproduksi peralatan makan dengan desain ayam jago secara massal, mangkuk ini akhirnya menjadi salah satu produk terlaris di kawasan tersebut. Saking larisnya, produk ini membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk lokal Lampang.

    Seiring berjalannya waktu, makin sedikit pabrik di Lampang yang mampu mendesain mangkuk ayam sesuai dengan gaya dan bahan tradisional. Sehingga saat ini, mangkuk ayam jago dengan desain yang dilukis tangan menjadi barang dan koleksi yang langka.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini