icon-category Telco

Upaya Operator Pastikan Internet Gak Lemot Selama Musim Mudik

  • 02 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi/Telkomsel

    Uzone.id – Banyak yang lega ketika pemerintah memperbolehkan mudik di tahun ini setelah sejak 2020 dilarang karena pandemi. ‘Balas dendam’ mudik yang tertahan selama dua tahun ini membuat arus mudik sangat membludak.

    Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap tradisi mudik di tahun ini tentu saja akan berlangsung optimal jika jaringan telekomunikasi tetap prima agar aktivitas komunikasi serta hiburan digital tidak terganggu.

    Sebagai perusahaan operator seluler, Telkomsel memastikan penguatan jaringan broadband di seluruh titik transit transportasi dan sepanjang jalur mudik Idulfitri 2022.

    Sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain dengan melakukan penambahan infrastruktur BTS 4G/LTE, pengoperasian Compact Mobile BTS (COMBAT), penambahan kapasitas jaringan, serta monitoring berkala untuk pengamanan kualitas akses jaringan hingga momen arus balik nantinya.

    “Kami berharap, ketersediaan akses broadband Telkomsel yang optimal dan andal dapat terus membuka lebih banyak peluang kebaikan di momen Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah,” ungkap Direktur Network Telkomsel Nugroho.

    Baca juga: Euforia Mudik, Telkom Siapkan 88 Posko di Seluruh Indonesia

    Untuk jalur mudik di Pulau Jawa hingga Bali dan Nusa Tenggara, Telkomsel telah menambah sebanyak 516 unit BTS 4G/LTE baru dan mengoperasikan 40 unit COMBAT, serta melakukan upgrade di 266 unit BTS 4G/LTE.

    Sedangkan untuk pengamanan jaringan sepanjang jalur mudik di Pulau Sumatra, Telkomsel menambah 115 unit BTS 4G/LTE baru, dengan pengoperasian 16 unit COMBAT, dan upgrade sebanyak 271 BTS 4G/LTE.

    Telkomsel juga menggelar sebanyak 139 Posko Telkomsel Siaga yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani berbagai kebutuhan pelanggan untuk produk dan layanan Telkomsel secara langsung, terutama di sepanjang jalur dan titik transit mudik, seperti di bandar udara, pelabuhan, terminal, stasiun kereta, dan sejumlah rest area jalur tol utama.

    Suasana penumpang di kapal ferry Merak-Bakauheni. Foto: Uzone.id

    Sementara itu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan trafik per hari dibandingkan dengan tahun lalu.

    Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.

    Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati masa libur lebaran, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh Indonesia seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

    Selain itu, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik.

    “Kesiapan jaringan yang terintegrasi lewat teknologi MOCN, peningkatan kapasitas data, optimalisasi jaringan di berbagai POI dan rute mudik, monitoring yang intensif melalui command center terpusat, serta kesiagaan saluran layanan pelanggan, diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan IOH,” kata Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung.

    Baca juga: Tanggapan Telkomsel dan Indosat Soal PPN 11 Persen, Kompak Naikin Harga?

    Hal yang sama juga dilakukan Smartfren. Secara nasional peningkatan kualitas dan coverage jaringan Smartfren mencapai 18 persen dan telah cukup untuk menangani lonjakan traffic internet yang diperkirakan mencapai 14-20 persen.

    Peningkatan kualitas dan coverage jaringan Smartfren antara lain dilakukan di Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

    Ada sekitar 200 Area prioritas yang merupakan titik-titik yang dilalui pemudik seperti Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Tol Cipali dan Tol Trans Jawa, jalur selatan sepanjang Bandung-Nagrek-Tasikmalaya, serta Tol Trans Jawa.

    Optimasi juga dilakukan di berbagai area wisata yang diprediksi akan ramai pada musim libur Lebaran. Smartfren turut menyiagakan tim khusus yang terus memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 337 mobile BTS, serta layanan pelanggan yang terus aktif 24 jam.

    “Optimasi jaringan sudah selesai dilakukan 100 persen terutama di area jalur mudik. Selain itu kami juga siapkan beberapa booth di jalur mudik sehingga pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan pulsa atau paket data Smartfren. Smartfren juga menyiapkan kapasitas yang cukup besar di daerah wisata yang diperkirakan akan menjadi titik keramaian pada saat libur Lebaran,” kata VP of Network Operation Smartfren Agus Rohmat.

    Tak tanggung-tanggung, Smartfren juga menyediakan beberapa promo paket Unlimited.

    Promo add-on Unlimited Malam Full-Speed bisa ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Harian atau Unlimited Nonstop.

    Smartfren juga menyiapkan bonus lebih besar untuk pelanggan Unlimited Nonstop Rp30 ribu. Mulai 27 April 2022, seluruh pelanggan yang membeli paket Unlimited Nonstop Rp30 ribu bisa mendapatkan kuota 6 GB + bonus kuota lokal hingga 6 GB dengan harga tetap.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini