home ×
Digilife

Viral Surat Makian untuk Steve Jobs dari ‘James Bond’, Hoaks atau Fakta?

02 November 2020 By
Viral Surat Makian untuk Steve Jobs dari ‘James Bond’, Hoaks atau Fakta?
Share
Share
Share
Share

(Steve Jobs/foto: Macworld)

Uzone.id -- Dari sekian banyak kenangan tentang aktor pertama ‘James Bond’ Sean Connery yang baru meninggal dunia pada Sabtu (31/10), tiba-tiba viral di internet tentang surat jadul yang mengatasnamakan dirinya yang ditujukan untuk pendiri Apple, Steve Jobs. Yang bikin heboh, isinya berupa makian.

Surat tersebut ditulis pada 11 Desember 1998 untuk Jobs, isinya berupa penolakan Connery untuk tampil di iklan Apple. Ditulis dengan mesin ketik, begini isinya:

Saya akan memberi tahu ini sekali lagi. Anda mengerti Bahasa Inggris ‘kan? Saya tidak menjual jiwa saya untuk Apple atau perusahaan lain. Saya tidak tertarik ‘mengubah dunia’ seperti yang Anda sarankan. Anda tidak punya apapun yang saya inginkan atau butuhkan. Anda itu penjual komputer - dan saya JAMES BOND! Saya tidak bisa memikirkan cara lain untuk menghancurkan karier saya selain tampil di iklan bodohmu itu. Tolong jangan hubungi saya lagi,” begitu isi surat tersebut.

Baca juga: Punya Kekayaan Rp343 T, Anak Steve Jobs Tak Dapat Warisan

Sudah kepalang viral, ternyata surat makian tersebut adalah hoaks belaka, bukan fakta.

(Surat viral yang mengatasnamakan Sean Connery untuk Steve Jobs/foto: dok. Cnet)

Mengutip Cnet, Connery tidak pernah mengirim surat untuk Jobs pada tahun 1998 yang isinya menolak tampil di iklan Apple. Sayangnya, banyak yang terlanjur percaya karena di bagian bawah kanan surat ada cap “007”, angka khas James Bond.

Baca juga: Paket Apple One Hadir di Indonesia, Ini Harga dan Cara Langganannya

Lantas, dari mana asal surat ini dan kenapa bisa mendadak viral?

Surat tersebut aslinya adalah bagian dari artikel satir yang dipublikasikan di situs humor bernama Scoopertino yang memiliki slogan ‘Unreal Apple News’.

Sayangnya, surat ini dianggap betulan oleh seorang eksekutif marketing asal Inggris bernama John Willshire dan mengunggahnya di Twitter dan blog pribadinya. Dari sini surat prank ini mendapat perhatian publik dan menjadi viral.

Momen viral ini pun disayangkan oleh banyak pihak, khususnya mereka yang bersimpati terhadap kematian Connery baru-baru ini. Aktor legendaris yang tutup usia di umur 90 tahun itu dinilai pantas mendapatkan kehormatan yang pantas, bukan malah dikaitkan dengan sesuatu yang sifatnya hoaks.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article