Digilife

WhatsApp, Facebook, dan Instagram Kembali Normal Setelah Down 6 Jam

  • 05 October 2021
  • Bagikan :

    Layanan WA (Unsplash)

    Uzone.id - Layanan media sosial Facebook, WhatsApp dan Instagram akhirnya normal kembali setelah tidak bisa digunakan selama nyaris enam jam lebih.

    Seperti diketahui, ketiga layanan yang di bawah naungan Facebook tersebut tidak dapat diakses sejak Senin (4/10), pukul 23.00 WIB, baik melalui aplikasi ataupun website.

    Baca juga: Netizen Riuh Whatsapp, Facebook dan Instagram Down

    Situs Downdetector melacak bahwa matinya layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp ini merupakan pemadaman terbesar yang pernah terjadi dengan efek 10,6 juta laporan di seluruh dunia.

    Terakhir kali Facebook mengalami gangguan sebesar ini adalah pada tahun 2019.

    Seperti dikutip Uzone.id melalui layanan mikroblogging Twitter, Selasa (5/10), pada akhirnya Facebook meminta maaf kepada seluruh penggunannya di seluruh dunia.

    Sejak semalam, kami sempat mencoba mengakses Instagram dan WhatsApp beberapa kali. Saat mengirimkan pesan melalui WhatsApp, tidak muncul contreng satu atau dua. Logo kotak upload terus terpampang, tak berubah. Demikian juga saat membalas pesan DM Instagram. Pesan tersebut selalu gagal terkirim.

    Baca juga: 53 Ponsel Jadul yang Diblokir WhatsApp per 1 November 2021

    Facebook sepertinya menyadari akan adanya eror akses yang dialami para penggunanya. Dalam sebuah cuitan di Twitter. Mereka mengaku akan mencoba secepat mungkin memperbaikinya.

    Belum diketahui pasti apa yang membuat ketiga layanan tersebut mati secara bersamaan dalam kurun waktu yang cukup lama.