home ×
Digilife

Windows 11 Bakal Lebih Ngebut Dibanding Windows 10, Ini Alasannya

10 September 2021 By
Windows 11 Bakal Lebih Ngebut Dibanding Windows 10, Ini Alasannya
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Windows 11 sudah siap dirilis pada 5 Oktober mendatang. Berbagai pertanyaan mengenai sistem operasi terbaru dari Microsoft ini, termasuk mengenai kecepatan Windows 11 dibandingkan Windows versi sebelumnya.

Dalam sebuah video yang diunggah Microsoft Mechanics pada Rabu, 08/09/2021 di akun YouTube resminya, pembawa acara Jeremy Chapman mengatakan bahwa menurutnya, preview build Windows 11 terasa ‘lebih cepat dan responsif’.

Steve Dispensa, vice president Enterprise Management di Microsoft menjelaskan alasan dibalik hal ini. 

Baca juga: Windows 11 Meluncur 5 Oktober, Sudah Siapkah Perangkatmu?

Mengutip Beta News, Kamis, 09/09/2021, Ia mengatakan bahwa Microsoft telah melakukan peningkatan kinerja secara khusus pada sistem operasi ini, sehingga Windows 11 terasa lebih ngebut dibanding Windows sebelumnya meski memiliki hardware yang sama.

Dispensa menjelaskan beberapa detail dari peningkatan tersebut. Ia mengatakan bahwa Microsoft telah melakukan peningkatan manajemen sumber daya memori dan CPU yang memprioritaskan jendela latar depan (foreground).

Bahkan di browser, Windows 11 juga memprioritaskan tab foreground dengan menidurkan tab yang tidak aktif, mengurangi penggunaan memori hingga 32 persen dan mengurangi penggunaan CPU hingga 37 persen.

Baca juga: Enam Aplikasi yang Dapat Fitur Baru di Windows 11

Dengan perangkat yang sama, Windows 11 juga membuat perangkat ‘bangun’ dari tidurnya lebih cepat dari sebelumnya.

“Pertama, kami telah mengoptimalkan call ke komponen perangkat keras yang perlu power on untuk manajemen memori yang lebih baik secara keseluruhan,” kata Dispensa.

“Dan pada lapisan software, kami telah mengurangi Starvation dari seluruh utas proses utama sehingga daya dipertahankan untuk utas yang benar-benar membutuhkan.’ tambahnya seperti yang dikutip dari onMSFT.

Hasilnya, pengalaman resume akan menjadi lebih ‘spontan’ bagi pengguna Windows dan Windows Hello juga akan 30 persen lebih cepat berkat pengoptimalan kode.

Pembaruan software Windows juga akan 40 lebih kecil, ini berkat mesin pembaruan baru yang hanya mengunduh file seperlunya dari server Microsoft.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id