icon-category Gadget

Xiaomi 12T Pro Debut 4 Oktober, Fix Bawa Kamera 200MP dari Samsung

Uzone.id - Akhirnya Xiaomi mengumumkan tanggal peluncuran smartphone terbaru mereka, Xiaomi 12T dan 12T Pro. Dua smartphone high-end tersebut dipastikan bakal meluncur secara global pada 4 Oktober mendatang.

Melalui akun Twitter resminya, Xiaomi membagikan poster bertajuk ‘Make moments mega’ yang merujuk pada sensor kamera 200MP dari Xiaomi 12T Pro. Smartphone tersebut menjadi salah satu yang pertama menggunakan sensor Samsung ISOCELL HP1.

Peluncuran smartphone baru ini akan dilakukan secara online dan disiarkan langsung melalui Facebook, YouTube, Twitter dan situs resmi Xiaomi pada 20:00 GMT atau pada 5 Oktober pukul 03:00 WIB.

Baca juga: Xiaomi Civi 2 Segera Meluncur, Layarnya Mirip iPhone 14 Pro

Spesifikasi Xiaomi 12T Series

Dilaporkan sebelumnya, Xiaomi 12T Series akan dibekali dengan layar AMOLED yang lebih baik dari seri terdahulu. Ukurannya 6,67 inci dengan resolusi mencapai 1,5K, lebih tinggi dari sebelumnya.

Layarnya juga dapat menampilkan warna sampai 10-bit atau 1 miliar warna dan sudah mendukung refresh rate 120Hz. Namun yang bikin heran, layarnya justru dilindungi oleh Gorilla Glass 5, bukan Gorilla Glass Victus seperti Xiaomi 11T Series. 

Xiaomi 12T ditenagai oleh prosesor MediaTek Dimensity 8100-Ultra, prosesor yang dikustomisasi langsung oleh Xiaomi agar sesuai dengan fitur yang ditawarkan Xiaomi 12T. SoC (system on chip) itu dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB. 

Sementara Xiaomi 12T Pro, bakal ditopang oleh prosesor Qualcomm yang paling kencang saat ini, Snapdragon 8+ Gen 1. Prosesor itu dikombinasikan dengan RAM 8 GB atau 12 GB berjenis LPDDR5 dan penyimpanan internal 256 GB.

Baca juga: 2 Fitur Baru di iPhone 14 Ternyata Nyontek Xiaomi

Keduanya sama-sama mengusung baterai 5.000 mAh dengan fast charging 120W, lagi-lagi peningkatan dari Xiaomi 11T yang hanya 67W saja. Sama seperti sebelumnya, gak ada dukungan wireless charging pada ponsel ini.

Xiaomi 12T Pro menjadi smartphone pertama Xiaomi dengan kamera 200MP. Sensor yang digunakannya adalah Samsung ISOCELL HP1 dan sudah didukung oleh OIS atau optical image stabilization juga.

Sedangkan Xiaomi 12T masih mengandalkan kamera 108MP yang sama dengan Xiaomi 11T. Belum ada informasi apakah kamera tersebut didukung OIS juga atau tidak.

Sementara kamera lainnya, keduanya sama-sama memiliki kamera ultrawide 8MP dan kamera makro 2MP. Konfigurasinya sama dengan generasi sebelumnya, dimana kamera makro didukung oleh autofokus.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini