icon-category Gadget

Xiaomi 13 Lite Siap-siap Debut, Kembarannya Xiaomi Civi 2?

Uzone.id - Xiaomi 13 Series gak cukup dengan model standar dan Pro saja. Seperti Xiaomi 12 Series, pabrikan asal China itu berencana menghadirkan Xiaomi 13 Lite sebagau model dengan spesifikasi ‘paling rendah’.

Bukan cuma spesifikasinya saja yang dikorting, Xiaomi 13 Lite pun bakal dibanderol dengan harga yang lebih murah dari dua saudaranya. 

Kehadirannya terendus dari halaman Google Play Console yang juga menampilkan nama kode ‘Ziyi’ sebagai nama lain dari Xiaomi 13 Lite, lengkap dengan sedikit spesifikasi utama dari smartphone ini.

Halaman Google Play Console menampilkan sejumlah spesifikasi utama, seperti layar dengan resolusi Full HD+ atau 1.080 x 2.400 piksel dan punya kerapatan piksel 440 ppi.

Baca juga: 10 Smartphone Xiaomi yang Kebagian Update MIUI 14 Global

Situs Google juga mengonfirmasi kalau smartphone ini ditenagai prosesor Snapdragon 7 Gen 1. SoC (system on chip) itu merupakan prosesor kelas menengah berbasis 4nm dengan clock-speed tertinggi mencapai 2,4 GHz.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM 8 GB, dan Xiaomi 13 Lite juga telah berjalan di sistem operasi Android 12. 

Xiaomi 13 Lite, kembaran Civi 2?

Meski Google Play Console menunjukkan foto sampel dari Xiaomi 13 Lite yang ternyata mirip Xiaomi Civi 1S yang meluncur di China pada April tahun lalu, tapi MySmartPrice menyebut kalau smartphone ini adalah rebranding dari Xiaomi Civi 2. 

Untuk diketahui, smartphone tersebut hadir di China sesaat setelah iPhone 14 Series meluncur pada September tahun lalu. Xiaomi Civi 2 mengusung desain layar yang mirip dengan Dynamic Island ala iPhone 14 Pro, dengan lubang kamera berbentuk pil pipih yang diletakkan di tengah atas layar.

Melihat sedikit bocoran spek dari Google Play Console pun, semakin kuat dugaan kalau Xiaomi 13 Lite memang kembaran Xiaomi Civi 2 yang beredar resmi di China.

Kalau prediksi ini benar terjadi, maka smartphone tersebut akan mengusung layar AMOLED yang melengkung di tepiannya. Layar berukuran 6,55 inci gak kaleng-kaleng, lantaran menyuguhkan warna sampai 1 miliar warna, mendukung Dolby Vision dan HDR10+, serta memberikan pengalaman super smooth berkat refresh rate 120Hz.

Baca juga: Bocoran Xiaomi Indonesia Soal Redmi Note 12, Kapan Dirilis?

Terdapat dua kamera pada punch hole ala Dynamic Island tersebut, yakni sepasang kamera selfie 32 MP berjenis lensa wide dan ultrawide. Sementara di belakang ada kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 20 MP, dan makro 2 MP.

Adapun untuk baterainya, smartphone ini ditopang baterai 4,500 mAh dengan dukungan fast charging 67W yang juga mendukung teknologi power delivery 3.0. 

Akan tetapi, mengingat Xiaomi belum mengungkap kehadiran 13 Lite secara publik, mungkin saja ada beberapa perubahan spesifikasi yang akan terjadi.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini