icon-category Gadget

Xiaomi Mix Fold 2 Dirilis, Lebih Murah dari Samsung Galaxy Z Fold4

Uzone.id - Sehari setelah peluncuran Samsung Galaxy Z Fold4, Xiaomi langsung menghadirkan Mix Fold 2. Perusahaan asal China ini seperti ingin mengganggu momen peluncuran smartphone lipat Samsung yang memang sukses menarik perhatian masyarakat dan gadget enthusiast.

Xiaomi Mix Fold 2 langsung diperkenalkan oleh bos Xiaomi sendiri, Lei Jun saat berpidato di acara tahunan perusahaan. Spesifikasi Xiaomi Mix Fold 2 tak kalah gahar dengan Samsung Galaxy Z Fold4, demikian pula dengan desain serta build quality-nya.

Smartphone ini mengusung bahasa desain yang tak jauh berbeda dengan Galaxy Z Fold4. Xiaomi Mix Fold 2 memiliki mekanisme lipatan ke dalam dan dilengkapi dengan dua layar OLED berkualitas buatan Samsung Display.

Layar bagian luar menggunakan panel Samsung E5 AMOLED berukuran 6,56 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini memiliki refresh rate 120Hz, mendukung Dolby Vision, HDR10+ dan telah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Sementara di dalam, Xiaomi Mix Fold 2 dilengkapi panel Samsung LTPO2 OLED berjenis Eco2 dengan bentang 8,02 inci. Resolusi layarnya mencapai 2K atau 1.914 x 2.160 piksel dengan refresh rate yang adaptif 1-120Hz.

Sama halnya, layar ini sudah mendukung HDR10+ dan Dolby Vision. Intensitas cahayanya pun mencapai 1.300 nits. Sebagai pelindung, disematkan lapisan Schott UTG Glass.

Baca juga: Foto Samsung Galaxy Z Fold4 yang Lebih Premium dan Kencang

Engsel memang jadi komponen terpenting pada sebuah smartphone lipat. Sektor ini harus diperkuat, juga mesti dirancang agar tetap ringkas. Xiaomi menerapkan engsel Micro Waterdrop dengan jumlah 87 komponen.

Konsep engsel ini menjadi salah satu yang paling ramping dengan ketebalan 8,8mm, lantaran ponsel lipat lainnya biasanya memiliki ketebalan engsel sekitar 11mm dan 12mm. Berkat Micro Waterdrop, Xiaomi Mix Fold 2 lebih tipis ketimbang Samsung Galaxy Z Fold4.

Saat ponsel ini dibuka, ketebalannya cuma 5,4mm dan saat 11,2mm saat ponsel dilipat. Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold4 punya ketebalan 6,3mm saat dibentangkan dan 15,8mm ketika dilipat.

Selain lebih ramping, engsel yang dilengkapi dengan pelat serat karbon ini membuat bekas lipatan pada layar jadi tak terlalu kelihatan. 

Spesifikasi Xiaomi Mix Fold 2

Gak kalah gahar, smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang sama dengan Samsung Galaxy Z Fold4. Dipasangkan dengan RAM 12 GB LPDDR5 dan memori penyimpanan sampai 1 TB.

Xiaomi turut melengkapi Mix Fold 2 dengan sistem pendingin berupa vapor chamber, boron nitride dan lembaran graphite. Diklaim, sistem pendingin ini bisa mencegah ponsel overheat yang biasanya menyebabkan penurunan performa secara signifikan.

Smartphone ini ditopang oleh baterai 4.500 mAh yang dapat diisi secara cepat dengan fast charging 67W. Adapun untuk sistem operasinya, menggunakan MIUI Fold 13 berbasis Android 12.

Baca juga: 5 Upgrade dan Kelebihan yang Dibawa Samsung Galaxy Z Flip4

Xiaomi Mix Fold 2 menjadi smartphone lipat pertama yang mendapatkan teknologi kamera hasil kolaborasi antara Leica dan Xiaomi. Pemrosesan gambar tentu saja mengikuti standar Leica, belum lagi ada beberapa filter otentik dari Leica yang dapat dimanfaatkan pengguna.

Berbicara tentang konfigurasi kamera, smartphone ini dilengkapi kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766, kamera ultra wide 13MP dan kamera telephoto 8MP dengan kemampuan 2x optical-zoom.

Di depan atau tepatnya pada layar bagian luar, ada kamera 20MP. Namun di bagian dalam, Xiaomi tak menyertakan kamera sama sekali. 

Harga Xiaomi Mix Fold 2

Xiaomi Mix Fold 2 saat ini cuma tersedia di China saja dengan jadwal pre-order pada 16 Agustus mendatang. Lei Jun tak menjelaskan apakah perusahaan turut membawanya ke pasar global atau tidak.

Smartphone ini tersedia dalam dua varian warna, Gold dan Black. Soal harga, Xiaomi Mix Fold 2 dibanderol dengan harga mulai 8.999 yuan atau Rp19,6 jutaan untuk model 12/256 GB dan 11.999 yuan atau Rp26,1 jutaan untuk varian tertinggi dengan memori penyimpanan 1 TB.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold4

Dibandingkan dengan harga Samsung Galaxy Z Fold4, Xiaomi Mix Fold 2 jauh lebih murah. Sebagai perbandingan, Galaxy Z Fold4 dengan memori 256 GB dijual Rp24,9 jutaan dan varian dengan penyimpanan 1 TB dibanderol Rp30,9 jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini