icon-category Auto

Yamaha MT-07 Made in Indonesia Dijual Rp127 Jutaan di Eropa

  • 09 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Yamaha MT-07 menjadi produk moge pertama yang dibuat di Indonesia untuk pasar ekspor. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memproduksi motor tersebut untuk dijual di negara-negara di Eropa.

Menariknya, meskipun dibuat di Indonesia namun Yamaha MT-07 dijual cukup murah di Eropa. Hal ini disampaikan langsung oleh Dyonisius Beti selaku President Director & CEO YIMM.

"Harga MT-07 kalau kita lihat di website di Inggris itu sekitar 7.800 poundsterling atau 8.500 euro kira-kira di Eropa. Itu kan enggak kena pajak (barang mewah). Jadi hitungannya sekitar Rp125 jutaan," ujar Dyon sapaan akrabnya di Karawang, Jawa Barat.

alt-img

Mesin Yamaha MT-07 saat ini dibuat di pabrik YIMM West Java yang berlokasi di Karawang. Kemudian mesin tersebut dikirim ke Pulogadung, Jakarta, untuk dirakit secara utuh bersama rangka dan bodinya.

Setelah menjadi motor dalam bentuk utuh, Yamaha MT-07 kemudian diekspor ke berbagai negara di Eropa. Dyon menyebutkan terdapat beberapa negara dengan pengiriman di kloter pertama mencapai 100 unit.

"Sementara kami kirim ke negara-negara Eropa seperti swiss, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Italia. Yang diekspor pada kloter pertama jumlahnya 100-an unit," jelas Dyon.

Sebelumnya Dyon sudah menyampaikan alasan Yamaha MT-07 tidak dijual untuk pasar lokal. Salah satunya adalah karena pajak moge yang sangat besar meskipun dirakit dan dibuat di dalam negeri.

"Permasalahannya regulasi di Indonesia wajib membayar pajak 250 cc dan 700 cc. Misalnya nilai 1.000 pajak barang mewah 95 persen, dari 1.000 jadi 1.950, belum PPN 11 persen, PPh 5 persen. Itu jadi harga 1.000 jadi berapa ribu? Belum lagi BBN-KB," jelasnya.

"Makanya harga CBU itu lebih mahal (di Indonesia) daripada di luar negeri. Karena pajak kita memang tinggi sekali untuk motor-motor besar. Buatan dalam negeri pun harus bayar," bebernya.

Sebagai tambahan informasi, Yamaha MT-07 menjadi produk kelas menengah dari MT Series. Produk ini masuk dalam kategori hyper naked bike yang dibekali tampilan yang sangat agresif.

Dari segi mesinnya, Yamaha MT-07 dibekali kapasitas 689 cc, 2-silinder, Crossplane, berpendingin cairan. Tenaga maksimalnya sendiri mencapai 72,4 dk dan torsi puncaknya menyentuh 67 Nm.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini