icon-category Digilife

LAPAN: Karena Corona Kualitas Udara di Indonesia jadi Lebih Bersih

  • 31 Mar 2020 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Muhammad Rizki/Unsplash)

    Uzone.id - Ada kabar baik di tengah wabah virus Corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), kualitas udara di sejumlah wilayah jauh lebih bersih dari sebelumnya.

    Hal ini dipantau oleh LAPAN melalui satelit, kemudian disampaikan melalui media sosial mereka. Di postingan tersebut disebutkan, perubahan kualitas udara atau partikulat PM10 di Wilayah Indonesia Barat saat ini dibanding tepat 1 tahun yang lalu, jauh lebih bersih bila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

    Di gambar tersebut diperlihatkan setahun yang lalu, sejumlah wilayan di Indonesia tampak memerah yang menandakan bahwa polusi udara menyebabkan kualitas udara buruk.

    Baca juga: Foto Satelit, Udara di China jadi Bersih

    Akibat virus Corona, banyak masyarakat mulai menghindari untuk beraktivitas di luar. Alhasil warna merah pekat itu memudar dan merata di sejumlah wilayan di Tanah air.

    Perbandingan udara di Indonesia saat ini dengan setahun lalu (Foto: Dok Lapan)



    “Perubahan kualitas udara ini mirip dengan yang terjadi di China dan Eropa di saat wabah virus saat ini,” tambah pihak LAPAN melalui IG, yang Uzone.id kutip, Selasa (31/3/2020).

    Baca juga: Beijing Luncurkan Sistem QR Code untuk Lacak Virus Corona


    Sebelumnya, foto satelit NASA menunjukkan penurunan level polusi nitrogen dioksida di China. Hal ini terjadi, lantaran penurunan aktivitas pabrik di China, karena pengusaha menghentikan operasi pabrik dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

    Ilmuwan NASA mengatakan pengurangan kadar nitrogen dioksida—gas berbahaya yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dan fasilitas industri—kali pertama terlihat di dekat sumber wabah virus corona, yaitu di kota Wuhan. Namun, hal itu kemudian menyebar ke seluruh negeri.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini