icon-category Gadget

10 Smartphone dengan Kamera Low Light Terbaik, Pas Buat Tahun Baruan

Ilustrasi (Foto: Ian Schneider/Unsplash)

Uzone.id - Tahun Baru 2023 sudah semakin dekat, dan salah satu tradisi yang melekat di malam pergantian tahun adalah pesta kembang api. Biasanya, pesta kembang api diadakan di tempat yang luas dan terbuka biar bisa dinikmati oleh banyak orang.

Selain pesta kembang api, Tahun Baru juga identik banget dengan meniup terompet agar suasananya terasa meriah. Tapi yang pasti, momen-momen tersebut terjadi di malam hari yang notabene perlu effort lebih buat kalian yang ingin mengabadikannya menjadi foto maupun video.

Berikut ini tim Uzone.id telah merangkum 10 smartphone dengan kamera yang bisa menangkap momen low light dengan baik, terutama saat kalian ingin menjepret pesta Tahun Baru yang tak lama lagi bakal terjadi. Check this out daftarnya, Uzoners!

Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra dilengkapi dengan kamera utama 108 MP yang sudah didukung oleh OIS atau optical image stabilization. Kamera dengan dukungan OIS, bukan cuma stabil saja untuk keperluan video, tapi juga pemotretan malam.

Kita tau, Night Mode atau mode pemotretan malam perlu beberapa detik untuk mengambil gambar. Dengan OIS, maka kamera bakal lebih stabil, dan pemotretan foto malam pun bakal minim noise dan punya detail yang bagus.

Dengan kamera utama sekelas Samsung Galaxy S22 Ultra, pengambilan gambar tanpa Night Mode pun bisa dilakukan, dan tetap menghasilkan gambar yang berkualitas.

Baca juga: Plus Minus Pakai Samsung Galaxy S22 Ultra 5G buat Ponsel Harian

Perlu memotret jarak jauh, seperti saat kembang api meledak di langit? Gunakan saja kamera 10 MP telephoto dengan lensa periskop. Kamera dengan OIS ini punya kemampuan 10x optical-zoom.

Kamera lainnya yang bisa kalian manfaatkan adalah 10 MP kamera telephoto dengan OIS juga dan kamera ultrawide 12 MP. Di depan, kamera 40 MP bisa kalian manfaatkan untuk selfie bareng keluarga atau orang terdekat.

iPhone 14 Pro

Masa sih iPhone 14 Pro gak dimasukkan ke rekomendasi smartphone dengan kamera low light yang mumpuni. Untuk pertama kalinya, Apple meng-upgrade kamera pada seri iPhone, langsung jadi 48 MP!

Ya, iPhone 14 Pro Series mengusung kamera utama 48 MP dengan ukuran sensor dan bukaan lensa yang besar. Kamera ini juga didukung oleh sensor-shift OIS, ngerekam video di malam hari bakal lebih stabil, minim noise, dengan detail dan warna yang tetap oke.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro dan 14 Pro Max

Memotret atau merekam video dari jarak jauh juga bisa dilakukan dengan kamera telephoto 12 MP yang didukung OIS juga. Pembesarannya dapat dilakukan hingga 3 kali secara optikal. 

Mengabadikan momen dengan angle yang lebih luas bisa memanfaatkan kamera ultrawide 12 MP, sementara buat selfie atau bikin vlog khas Tahun Baru, bisa menggunakan kamera 12 MP juga.

Huawei P50 Pro

Momen perayaan Tahun Baru bisa kalian abadikan juga menggunakan kamera Huawei P50 Pro. Ini adalah smartphone terakhir Huawei hasil kerja sama mereka dengan Leica, jadi kualitasnya bagus banget lah.

Apalagi, Huawei P50 Pro juga menjadi salah satu smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark. 

Kamera utama smartphone ini menggunakan sensor 50 MP dengan bukaan lensa f/1.8 yang sensitif terhadap cahaya. Kamera ini didukung OIS, aman banget buat ngonten video ataupun mengabadikan meriahnya pesta kembang api dan tiupan terompet di Tahun baru.

Kamera periskopnya ‘lebih gila’, 64 MP dengan kemampuan 7x lossless zoom dan sudah didukung OIS. Warna-warni kembang api di angkasa bisa ditangkap dengan mudah oleh kamera Huawei P50 Pro.

Baca juga: UCA 2022: Predikat Best Flagship Smartphone untuk Huawei P50 Pro

Sepasang kamera lainnya, 13 MP ultrawide dan 40 MP monokrom dapat kalian coba juga untuk memotret dengan angle yang berbeda. Di depan, kamera selfienya 13 MP.

Berkat kualitas, teknologi dan inovasinya, terutama pada bagian kamera, Huawei P50 Pro juga berhasil merengkuh penghargaan ‘Best Flagship Smartphone’ di Uzone Choice Award 2022.

Oppo Find X5 Pro

Berikutnya smartphone flagship dari Oppo, Find X5 Pro. Smartphone ini membawa kamera yang didukung oleh teknologi Hasselblad, ditambah dengan konfigurasi kamera yang bagus banget buat memotret di berbagai skenario dan situasi pencahayaan.

Kamera utamanya 50 MP yang juga didukung sensor-shift OIS. Beda dengan seri sebelumnya, gak ada kamera periskop memang, tapi kalian masih bisa memanfaatkan kamera telephoto 13 MP.

Baca juga: Uzone Choice Award 2022: Oppo Find X5 Pro Jadi Best Smartphone for Creators

Ultrawide jadi keunggulan dari smartphone ini. Sensornya saja 50 MP, mengambil gambar dengan sudut pandang yang luas dan kualitas yang mumpuni, bisa banget menggunakan kamera ini. 

Adapun kamera depannya 32 MP, pas buat kalian yang senang swafoto hingga vlogging di mana-mana.

Dengan kualitas kameranya yang oke, wajar Oppo Find X5 Pro memperoleh gelar sebagai ‘Best Smartphone for Creators” dalam malam penghargaan Uzone Choice Award 2022.

Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro yang meraih gelar ‘Editors’ Favorite Gadget’ di Uzone Choice Award 2022 memiliki konfigurasi kamera yang cocok banget buat memotret foto atau merekam video di malam Tahun Baru yang low light.

Tiga kamera 50 MP berkualitas tinggi diusung oleh smartphone ini, peningkatan yang signifikan ketimbang Xiaomi 12 reguler. Kamera utamanya didukung OIS dengan bukaan lensa f/1.9 yang sensitif terhadap cahaya. 

Baca juga: Uzone Choice Award 2022: Xiaomi 12 Pro, Ponsel Terfavorit 2022

Kamera telephoto dan ultrawide-nya pun 50 MP, dimana kamera tele-nya bisa memperbesar gambar secara optikal sebanyak 2 kali. Kualitas kameranya tak perlu diragukan lagi, apalagi kalian juga bisa merekam video hingga resolusi 8K pada 24 FPS atau 4K di 60 FPS secara smooth.

Xiaomi 12T

Smartphone yang baru saja diluncurkan Xiaomi ke Indonesia, dan mengusung konfigurasi kamera lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Kamera utamanya 108 MP dengan sensor Samsung ISOCELL HM6, dan sudah didukung oleh OIS.

Kamera ini bisa merekam video sampai 4K di 60 FPS secara stabil. Kalau mau lebih stabil lagi saat merekam video, bisa memanfaatkan fitur Ultra Steady dengan resolusi maksimal 1080p.

Baca juga: Review Xiaomi 12T, Ponsel Menengah Rasa Flagship

Dengan adanya OIS juga, memotret di malam hari juga gak jadi masalah. Kamera lainnya bisa kalian manfaatkan juga, meski hasilnya tak sebaik kamera utama, yakni ultrawide 8 MP dan makro 2 MP.

Di depan, kamera selfie 20 MP bisa kalian gunakan. Upgrade banget dari Xiaomi 11T lho, dan otomatis kualitasnya pun jauh lebih baik.

Infinix Zero Ultra

Salah satu smartphone ‘paling gila’ yang pernah meluncur ke Indonesia. Infinix Zero Ultra punya kamera utama 200 MP dengan sensor terbaru Samsung ISOCELL HP1. 

Bukan cuma kamera dengan resolusi tertinggi saat ini, kamera utamanya juga sudah mendukung OIS dan bisa merekam video maksimal sampai 4K di 30 FPS atau 1080p pada 60 FPS.

Baca juga: Review Kamera Infinix Zero Ultra: Gimmick atau Beneran Bagus?

Urusan detailnya bagus, dan memotret atau merekam video di malam hari juga bukan jadi problem. Sebab, kamera utama ini punya bukaan lensa cukup besar f/2.0.

Kamera lainnya bisa kalian jajal juga saat mengabadikan pesta Tahun Baru, yakni kamera ultrawide 13 MP dan kamera lainnya 2 MP. Di depan, kamera selfienya 32 MP dengan jenis lensa wide.

iQOO 11

Smartphone gaming satu ini punya konfigurasi kamera yang patut untuk diperhitungkan. Kamera utamanya 50 MP dengan sensor Samsung ISOCELL GN5, plus didukung juga dengan OIS.

Mengambil gambar di malam hari bisa banget dengan smartphone gaming iQOO tersebut. Bukaan lensanya f/1.9 yang lebar, ditambah dengan sistem AI (artificial intelligence) khas Vivo yang cukup mumpuni untuk urusan proses pencitraan gambar.

Baca juga: Review iQOO 11: Gak Cuma Ngandelin Prosesor Doang

Dua kamera lainnya, 13 MP telephoto dan 8 MP ultrawide bisa dipakai juga saat Tahun Baruan. Sementara kamera depannya, 16 MP yang cukup memuaskan buat kalian yang suka selfie.

Asus Zenfone 9

Kecil-kecil cabe rawit. Gak cuma kencang, Asus Zenfone 9 juga punya kamera yang edan kualitasnya. Cuma dua doang kamera belakangnya, tapi kualitasnya ajib banget.

Kamera utama smartphone ini menggunakan sensor 50 MP dari Sony IMX766 yang premium. Gak kaleng-kaleng, kamera ini punya gimbal OIS yang jauh lebih stabil dari OIS pada umumnya.

Baca juga: Review Kamera Asus Zenfone 9: Motret Asyik Tanpa Cela

Kamera ultrawide Asus Zenfone 9 pun bisa kalian gunakan untuk mengambil angle yang lebih luas. Sudut pandangnya 113 derajat, dengan keluaran foto tanpa efek yang melengkung di setiap sudutnya.

Di depan, ada kamera 12 MP juga. Resolusinya biasa saja memang, tapi hasil akhirnya keren juga lho!

Vivo X80 Pro

Last but not least, smartphone dengan kamera yang oke banget buat memotret low light saat malam pesta Tahun Baru adalah Vivo X80 Pro. 

Smartphone ini juga mengandalkan gimbal OIS sebagai salah satu fitur utamanya. Tapi, OIS yang lebih advanced tersebut disematkan pada kamera telephoto 12 MP yang punya kemampuan 2x optical-zoom.

Kamera utama smartphone ini bagus banget kualitasnya. Menggunakan sensor 50 MP dengan bukaan lensa f/1.6, dan sudah didukung OIS, mau ambil foto atau video di malam hari hasilnya bakal minim noise dengan warna yang kaya.

Baca juga: Review Vivo X80 Pro: Gampang Panas, Kamera Bikin Takjub

Ada juga kamera periskop 8 MP dengan kemampuan 5x optical-zoom dan sudah didukung OIS. Ultrawide 48 MP juga kualitasnya apik dengan detail dan warna yang bermutu tinggi. Sementara di depan, kameranya 32 MP.

Itu dia rekomendasi smartphone dengan kamera low light yang pas buat mengabadikan malam pesta Tahun Baru. Semuanya tersedia di Indonesia, baik di toko online maupun offline.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini