icon-category Gadget

Review Kamera Asus Zenfone 9: Motret Asyik Tanpa Cela

Uzone.id - Ringkasnya bodi Asus Zenfone 9 dan spesifikasi utamanya yang bertenaga bukan menjadi kelebihan utama yang ditawarkan kepada pengguna. Ada satu keunggulan lainnya dari Asus Zenfone 9, yakni konfigurasi kamera yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Kamera Asus Zenfone 9 sangatlah menggoda, terutama buat tipikal user yang mengedepankan detail dan akurasi warna pada setiap momen yang diabadikannya. Sepanjang saya menggunakan smartphone ini sebagai daily driver, ketiga kamera Asus Zenfone 9 memberikan impresi yang positif.

Asus Zenfone 9 membawa peningkatan pada kamera utama, jika dibandingkan dengan Asus Zenfone 8. Dua kamera lainnya, ultrawide dan selfie, masih sama seperti Zenfone 8.

Kamera utama Asus Zenfone 9 memang turun resolusinya dari 64 MP ke 50 MP. Tapi sensor yang digunakannya sangatlah premium, dan menjamin kualitas gambar yang jauh lebih baik.

Sensor Sony IMX766 digunakan oleh Asus sebagai kamera utama. Sensor ini mengusung pengambilan gambar dengan skema Quad Bayer, sehingga foto yang dipotret bakal beresolusi 12,5 MP dengan ukuran piksel mencapai 1.0µm. 

Kamera utamanya juga sudah didukung oleh penstabil gambar OIS atau optical image stabilization. Tapi bukan sembarang OIS, karena Zenfone 9 mempunyai gimbal OIS.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 9, Flagship Rp7 Jutaan

Di atas kertas, gimbal OIS memiliki stabilitas yang jauh lebih baik dari OIS pada umumnya. Gimbal rancangan Asus menggunakan 6-sumbu stabilisasi yang memberikan kompensasi guncangan hingga 3 derajat, atau 2 derajat lebih tinggi dari OIS standar.

Dengan OIS yang lebih stabil, perekaman video sambil lari-larian pun bakal lebih pas. Memotret di malam hari yang membutuhkan beberapa detik pengambilan gambar, tentu bakal minim noise dengan detail yang menakjubkan.

Kemudian, kamera ultrawide tetap 12 MP seperti Zenfone 8. Kamera dengan sensor Sony IMX363 tersebut didukung oleh autofocus, sehingga teorinya dapat memotret foto makro juga dengan jarak terdekat maksimal 4 cm.

Lalu di depan, kamera selfie 12 MP dengan sensor Sony IMX663 yang punya fitur PDAF atau phase detection autofocus.

Sistem kamera

Aplikasi kamera dari Asus Zenfone 9 sangatlah sederhana, seperti sistem operasinya yang mirip Android stock. Ada beberapa menu standar yang langsung bisa diakses dengan hanya slide layar ke kiri atau ke kanan, seperti Photo, Video, Night, Portrait, Time Lapse, Light Trail, sampai More.

Di menu More, ada dua opsi tersembunyi yang dapat diaktifkan, yakni pro untuk foto dan Pro Video. 

Di bagian Photo, kalian dapat mengatur berbagai macam penyesuaian, seperti pengaktifan LED Flash, mengatur aspek rasio gambar, sampai menyalakan HDR. Khusus rasio, kalian juga dapat memilih rasio 4:3 dengan resolusi 50 MP yang sebenarnya.

Kalau menekan tombol pengaturan, lebih banyak lagi yang bisa disesuaikan, seperti watermark, night mode otomatis, touch shutter dan sebagainya.

Sementara buat video, kalian dapat menyesuaikan resolusi gambar yang ingin direkam. Kalian bisa merekam hingga 8K pada 24 FPS, 4K pada 60 FPS atau 1080p di 60 FPS. Frame rate tertinggi masih bisa diambil, meski fitur stabilisasi diaktifkan.

Baca juga: Review Performa Asus Zenfone 9: Si Mungil Tenaganya Luar Biasa

Kualitas gambar

Kamera utama Asus Zenfone 9 punya kualitas yang hebat. Warnanya bagus dengan white balance yang akurat. Detailnya pun tajam dengan rentang dinamis yang menakjubkan.

Memperbesar gambar hingga dua kali tak mengecewakan hasilnya. Tekstur pada foto yang diambil tetap terlihat dengan baik, warnanya juga tak kelihatan pecah sama sekali.

Kalau membidik gambar dengan perbesaran lensa dua kali, detailnya tetap mengagumkan. Warnanya juga masih akurat saja, tanpa mengalami penurunan kualitas sama sekali. 

Beralih ke kamera ultrawide, tipikalnya hasilnya kurang lebih sama. Sistem kamera ZenUI, AI (artificial intelligence) yang disematkan, serta ISP pada prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 di Asus Zenfone 9 sukses berpadu dengan sempurna.

Kamera ultrawide 12 MP pada smartphone ini punya kualitas yang jempolan, dengan warna yang vivid, detail yang bagus, serta minim noise, terutama pada sudut-sudut gambarnya.

Menarik dan mungkin belum banyak yang tau, kamera ini dapat difungsikan untuk membidik objek dari jarak super dekat maksimal sampai 4 cm. Gak ada mode makro yang harus diaplikasikan, cukup masuk ke mode pengambilan gambar ultrawide (0,6x) di bagian bawah, kemudian potret objek apapun dari jarak dekat sambil memainkan titik fokusnya.

Voila! Foto makro berkualitas pun berhasil didapatkan. Lagi-lagi, hasilnya bikin takjub dengan titik fokus yang akurat juga.

Tukang selfie pasti suka deh dengan kualitas kamera depan Asus Zenfone 9. Walau gak menggembar-gemborkan ‘kualitas foto selfie terbaik’ dan gimmick semacamnya, kamera Zenfone 9 mampu menghasilkan foto selfie yang bagus.

Kemampuan autofocus pada kamera depan bikin foto menunjukkan warna yang natural pada wajah, tanpa harus dilebih-lebihkan. Detailnya juga luar biasa dengan noise yang minim. 

Baca juga: Asus Zenfone 9, Smartphone Snapdragon 8+ Gen 1 Termurah di Indonesia

Latar belakang juga diambil dengan proses pencitraan yang baik. Saturasi warnanya sedikit dinaikkan agar tak kalah dengan objek utama di bagian depan. Terlepas dari itu, semuanya kelihatan proper dan upload-able ke media sosial.

Berbicara soal video, kamera belakang Asus Zenfone 9 sanggup merekam gambar hingga beresolusi 8K pada 24 FPS, 4K di 60 FPS dan 1080p pada 60 FPS. HD atau 720p juga bisa, tapi manfaatkanlah kamera ini di resolusi tertinggi, setuju?

Berikut beberapa hasil gambar yang diambil menggunakan kamera Asus Zenfone 9:

Hasil gambar Asus Zenfone 9

Harga Asus Zenfone 9 di Indonesia

Asus Zenfone 9 hadir dengan tiga varian kapasitas RAM dan penyimpanan, serta empat varian warna. Asus Zenfone 9 model 6/128 GB dibanderol Rp7,9 jutaan, sekaligus menjadi ponsel dengan Snapdragon 8+ Gen 1 paling murah di Indonesia.

Ada juga tipe 8/256 GB yang dijual Rp9,9 jutaan dan varian tertinggi 16/256 GB dipasarkan Rp11,9 jutaan.

Untuk varian 6/128 GB dan 16/256 GB, sudah tersedia di Indonesia melalui jaringan Asus Exclusive Store, Asus Online Store, Erafone, dan official store Asus Indonesia di Tokopedia. Sedangkan model menengah 8/256 GB bisa dibeli pada akhir Desember mendatang.

Asus menyediakan ragam promosi spesial bagi pelanggan mulai 17-30 November mendatang berupa cashback mulai Rp300 ribu untuk pembelian Asus Zenfone 9 varian 6/128 GB.

Tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp350 ribu dan trade-in promo yang hanya tersedia di Erafone. Lalu, tambahan cashback lainnya dari bank atau Gopay Coins maupun melalui trade-in mulai dari Rp350 ribu yang hanya tersedia di Tokopedia.

Sementara untuk versi 16/256 GB, Asus memberikan promo berupa cashback Rp500 ribu dan gratis tas Smart Backpack Mount Casing senilai Rp1 juta.

Terdapat tambahan cashback dari bank tertentu senilai Rp500 ribu dan promo trade-in yang cuma tersedia di Erafone. Sama halnya, Asus memberikan cashback yang cuma ada di Tokopedia senilai Rp500 ribu.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini