home ×
Digilife

4 Pembaruan Penting yang Ada di Aplikasi Belajar Buatan Google

18 February 2021 By
4 Pembaruan Penting yang Ada di Aplikasi Belajar Buatan Google
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idGoogle pada 17 Februari mengumumkan pembaruan brand dari G Suite for Education menjadi “Google Workspace for Education”. Pembaharuan ini dilakukan dalam rangka menawarkan ruang yang lebih luas dan fleksibilitas untuk mendukung edukasi di seluruh dunia.

Google mengungkap jika saat ini ada lebih dari 170 juta siswa dan pengajar yang mengandalkan aplikasi edukasi buatan perusahaan digital terbesar di dunia itu. Pasalnya, Google mengklaim jika para penggunanya menyukai aplikasinya yang dianggap fleksibel.

"Lebih dari 170 juta guru dan murid di dunia yang menyukai perangkat G Suite ini. Dengan perubahan nama menjadi Google Workspace for Education, semua fitur untuk mengajar, belajar, terkoneksi dan berbagi, akan berada di satu tempat. Bisa diakses di perangkat apa saja, dan kapan saja," kata Google.

Baca juga: Kelas Pintar Bisa Belajar Lewat Android TV

Hal ini menandakan pengguna tidak perlu lagi menggunakan terlalu banyak aplikasi. Semua fitur akan tersedia di Google Workspace for Education. Semua fitur juga akan dapat diakses melalui berbagai macam perangkat.

Google Workspace for Education akan menghubungkan seluruh peralatan seperti Google Classroom, Meet, Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets, dan Slides. Perubahan ini dipercaya akan memenuhi kebutuhan institusi pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas.

Baca juga: Aplikasi Kelas Pintar Punya Fitur Guru untuk Pendalaman Materi

Akan terdapat 4 edisi Google Workspace for Education, yaitu:

  1. Google Workspace for Education Fundamentals – nama baru dari edisi gratis G Suite for Education.
  2. Google Workspace for Education Standard – terdapat fitur keamanan yang lebih ketat, yang dapat diatur melalui Security Center. Admin dapat melihat log audit serta dapat menganalisis banyak hal melalui analytics tools.
  3. The Teaching and Learning Upgrade – Google menyediakan media interaksi terbaru bagi pengajar, pelacakan kehadiran, fitur Tanya Jawab, polling, dan lainnya di Google Meet. Pengajar juga dapat memeriksa kutipan dalam tugas untuk mendorong siswa menulis laporan atau karya yang asli. Selain itu, pengajar dapat mengintegrasikan alat dan aplikasi pihak ketiga dengan lancar langsung dari dalam Classroom.
  4. Google Workspace for Education Plus – Edisi ini mencakup semua fitur dan alat keamanan yang ditawarkan di ketiga edisi di atas. Institusi pengguna akan jauh lebih aman dengan fitur laporan dan kontrol lanjutan. Kemudian Google akan menyediakan akses ke Cloud Search. Apabila terdapat pertanyaan, tim dari dukungan spesialis produk juga akan sigap untuk lebih cepat membantu institusi.

Saat ini, baru Google Workspace for Education Fundamentals dan Education Plus yang baru dapat dibeli. Sementara bagi Teaching and Learning Upgrade serta Education Standard dapat pengguna beli mulai 14 April 2021 nanti.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id