icon-category Digilife

6 Cara Cek Aplikasi dan Game Palsu di Android

Ilustrasi ponsel dengan OS Android (Foto: by Rafael Henrique/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Uzone.id - Google Play Store memiliki ekosistem aplikasi yang sangat besar. Bisa dibilang, aplikasi atau game apapun yang dipikirkan oleh kalian, kemungkinan besar tersedia di toko aplikasi Android ini.

Tapi masalahnya, banyaknya aplikasi atau game yang tersedia di platform ini bikin semuanya terasa ‘campur aduk’. Aplikasi dan game asli buatan developer yang terverifikasi, bercampur dengan software kloningan atau palsu yang dibuat oleh pengembang yang tak bertanggung jawab.

Aplikasi palsu ini terlihat serupa dengan aplikasi yang populer, bahkan ikonnya pun dibuat mirip. Kalau pengguna tak waspada atau hati-hati, mereka bisa jadi korban dari aplikasi kloningan yang biasanya menyimpan virus atau malware yang berbahaya.

Gak cuma itu, ponsel Android yang terinfeksi biasanya bakal ‘diserang’ oleh adware atau rentetan iklan yang tak henti-hentinya mengganggu pengguna. 

Baca juga: Cara Cek Identitas Secara Online

Nah, biar Uzoners gak salah install aplikasi atau game di Google Play Store, berikut ini kami kasih cara untuk mengenali aplikasi palsu yang berbahaya di Android. Ada beberapa caranya, simak ya!

1. Cek kembali nama aplikasinya

Wajib untuk mengecek nama aplikasi yang ingin kalian install. Misalnya mencari Messenger dari Facebook, pastikan nama aplikasinya sesuai dengan yang kalian cari.

Biasanya, aplikasi palsu mengandung nama yang mendekati versi aslinya. Seperti Messenger misalnya, ada aplikasi yang mengusung nama yang nyaris sama. Entah itu hanya mengandung satu huruf ‘S’ dan sebagainya.

2. Pastikan kalian mengenal developernya

Sesuai dengan cara di atas, mengenali aplikasi atau game palsu di Android bisa dilihat dari nama developernya. Contoh lagi Messenger yang harusnya dibuat oleh Meta, tapi ada aplikasi serupa yang dibikin oleh developer lainnya.

Google Play Store pun mengizinkan penggunanya untuk mengetahui aplikasi apa saja yang dibuat oleh pengembang, dengan menekan nama developernya di daftar Play Store.

Baca juga: Cara Bayar Netflix dengan Ovo, Dana dan Gopay

3. Cek review dari pengguna lain

Seperti belanja online, perlu juga untuk memeriksa ulasan dan rating yang diberikan pengguna di aplikasi yang kalian cari. Kalau kebanyakan review jelek dengan rating yang didominasi bintang 1 atau 2, urungkan saja niat mengunduh aplikasi tersebut.

Tapi, kalian juga perlu memeriksa rating 4 dan 5 dari aplikasi. Bisa saja, sang pengembang ‘menyewa’ pengulas bayaran yang memberikan pengalaman palsu dengan nilai positif yang terlihat tak masuk akal.

4. Jumlah install juga penting

Cara berikutnya untuk cek aplikasi atau game palsu di Android adalah memeriksa jumlah install yang aktif. Aplikasi yang populer dan sah biasanya memiliki jutaan bahkan miliaran pemasangan.

180 derajat, aplikasi palsu justru punya lebih sedikit jumlah instalasi. Kalau kalian cari aplikasi, dan melihat jumlah instalasinya masih sedikit, sebaiknya jauhi saja. Apalagi aplikasi tersebut punya tampilan yang mirip dengan software populer.

Baca juga: Cara Hilangkan Tanda Online di WhatsApp

5. Periksa screenshot-nya

Google Play Store punya aturan copyright, sehingga developer aplikasi palsu tak bisa mencatut tangkapan layar dari aplikasi yang diconteknya. Mau tidak mau, mereka menunjukkan screenshot bawaan dari aplikasi yang dibuat.

Kalau nama dan ikonnya dibuat mirip, tampilannya mungkin tidak. Ada baiknya kalian melihat tangkapan layar yang juga disediakan Play Store untuk memberikan gambaran seperti apa aplikasi yang mau diunduh.

6. Lihat izin aplikasi

Trik terakhir untuk cek aplikasi palsu atau tidak dengan melihat permission atau izin aplikasi itu. Google menunjukkan izin apa saja yang dibutuhkan oleh aplikasi dengan menekan tombol pada bagian Data Safety.

Di menu ini, terpampang dengan jelas data apa saja yang dibagikan developer ke pihak luar atau pihak ketiga. Data apa saja yang dikumpulkan dan izin apa yang diperlukan aplikasi untuk berfungsi secara maksimal.

Kalau aplikasi yang ingin kalian download memiliki izin yang mencurigakan, sebaiknya jangan install. Misalnya, aplikasi kamera tapi memerlukan data kontak dan SMS. Game yang butuh izin kamera dan lokasi, dan sebagainya.

Itu tadi beberapa cara untuk cek mana aplikasi dan game palsu yang beredar di Google Play Store untuk Android. Semoga bermanfaat ya, Uzoners!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini