icon-category Digilife

8 Fitur Tersembunyi Google Maps yang Harus Kalian Tahu!

  • 25 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi Google Maps (Foto: TechCrunch)

    Uzone.id – Siapa sih yang gak kenal sama aplikasi satu ini? Yup, sebagai salah satu alat navigasi yang banyak digunakan masyarakat dunia, Google Maps terus memberikan berbagai fitur terbaru sebagai optimalisasi aplikasi.

    Google Maps tidak hanya menjadi aplikasi untuk membantu pengguna ketika bepergian dari titik A ke B menggunakan mobil, transportasi umum atau berjalan kaki. Kemampuannya lebih dari itu berkat segudang fitur yang disematkan oleh Google.

    Hanya saja, tak dapat dipungkiri, beberapa fitur mungkin jarang dipakai oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari mereka. Atau malah, masih banyak yang tak mengetahui keberadaan fitur tersebut. 

    Berikut ini tim Uzone.id telah merangkum beberapa fitur tersembunyi dari Google Maps yang harus kalian tahu. Cek yuk, Uzoners!

    Baca juga: Cara Paling Aman Kirim Pesan Rahasia di Gmail

    1. Cari lokasi vaksin Covid-19

    Perlu vaksin booster untuk perjalanan ke luar negeri? Gak usah khawatir, karena Google Maps menyediakan daftar tempat yang menyediakan vaksin bagi orang-orang yang memerlukannya.

    Caranya, tinggal buka Google Maps, kemudian ketikkan kata kunci ‘vaksin’ di kolom pencarian. Otomatis, Google Maps akan menampilkan lokasi-lokasi yang menyelenggarakan vaksin gratis di sekitar rumah atau lokasi kalian.

    Informasi ini sangat lengkap, mulai dari navigasi ke lokasi vaksin, info kontan dan jam bukanya, bahkan sampai menu untuk melakukan booking pendaftaran sebelum melakukan vaksin.

    2. Navigasi lebih dari satu tempat

    Kalian mungkin taunya Google Maps cuma bisa memberikan navigasi dari titik A ke B atau sebaliknya saja. Tapi ternyata, Google Maps mengizinkan penggunanya untuk menambahkan beberapa tujuan sekaligus, sebelum akhirnya tiba di lokasi tujuan akhir.

    Caranya, setelah menetapkan titik keberangkatan dan tujuan akhir, tekan tombol berbentuk tiga titik di sudut kanan atas. Pada menu yang muncul, tekan Add Stop. Kemudian masukkan lokasi yang ingin kalian tuju.

    Tekan dan tahan dua garis pada informasi map untuk menggeser posisinya (misal titik B, titik C dan seterusnya). Sebagai catatan, opsi ini tidak berfungsi saat kalian menggunakan opsi transportasi umum.

    Baca juga: 6 Cara Cek Aplikasi dan Game Palsu di Android

    3. Ubah bentuk ikon kendaraan

    Nah ini pasti banyak yang gak ngeh ada fitur untuk mengubah bentuk ikon kendaraan. Google Maps identik dengan ikon berwarna biru, tapi kalian bisa mengubahnya menjadi sedan, truk pickup sampai SUV. 

    Caranya mudah banget, apalagi buat pengguna iOS atau Android. Saat berada di mode navigasi, ketuk ikon berwarna biru pada peta, lalu muncul berbagai ikon mobil yang bisa kalian pilih.

    4. Mencari tempat parkir

    Fitur yang satu ini cukup penting buat kalian yang suka nyetir mobil kemana-mana. Pasti akan sangat sulit menemukan tempat parkir yang kosong dan aman kalau kita pertama kali datang ke tempat atau daerah tersebut. 

    Eitss, tapi sekarang gak perlu khawatir lagi. Google Maps udah menyediakan fitur canggih yang memberikan informasi terkait lokasi terdekat di mana kita bisa memarkirkan kendaraan kita nih, guys. Jadi gak perlu kebingungan lagi cari tempat parkir yang aman dan dekat dengan tujuan kita.

    Baca juga: Cara Instagram Reels Pepet Terus Tiktok: Jiplak Fiturnya!

    5. Informasi toko elektronik terdekat

    Fitur canggih ini memang cocok banget buat bapak-bapak yang butuh alat-alat elektronik atau keperluan alat listrik di rumah. 

    Di fitur ini, tersedia berbagai informasi terkait tempat dan lokasi mana aja yang jual alat elektronik di sekitar kita. Jadi kita tidak usah lagi jauh-jauh pergi kesana kemari.

    6. Google Maps offline

    Wait, memang Google Maps bisa offline atau digunakan tanpa jaringan internet? Bisa banget kok. Jadi saat kalian tidak ada sinyal internet tapi butuh banget panduan navigasi dari Google, tinggal pakai saja fitur Google Maps offline.

    Caranya, pilih Offline Maps. Di menu ini, kalian bisa memilih area yang ingin diunduh ke dalam memori ponsel untuk nantinya dapat diakses secara offline.

    Google pun menyediakan rekomendasi area yang sering kalian kunjungi, seperti tempat kerja dan sebagainya. Tinggal tekan tombol download, maka peta offline sudah tersimpan di ponsel kalian. 

    Baca juga: Cara Main Game Netflix di Android dan iOS

    7. Lihat dan hapus history perjalanan

    Salah satu fitur penting yang kadang dilupakan pengguna Google Maps. Aplikasi ini menyimpan catatan yang sangat rinci tentang aktivitas digital kita, termasuk riwayat atau history perjalanan.

    Di smartphone, mudah banget. Pilih saja menu Your Timeline. Kemudian geser periode waktunya sesuai kebutuhan. Google dengan sangat rinci menunjukkan kalian naik apa, kemana saja, dan sebagainya.

    Namun kalau tak nyaman data perjalanan disimpan Google, kalian bisa menghapusnya dengan masuk ke Settings > Maps history > lalu Delete all pada bagian histori perjalanan. 

    8. Time travel!

    Fitur yang gak banyak orang tau nih, time travel alias perjalanan waktu. Tapi ga seperti mesin waktu yang kalian bayangkan, di sini kita cuma diajak melihat perkembangan tampilan jalanan atau tempat menggunakan mode Street View.

    Ada timeline waktu yang disediakan Google, dan itu tergantung tempatnya. Caranya, dengan pilih lokasi yang ingin kalian lihat. Aktifkan mode Street View dengan drag & drop karakter kuning di kiri bawah peta.

    Lalu, tekan menu di bagian kanan atas untuk melihat timeline waktunya. Menarik kan?

    Nah itu tadi 10 fitur tersembunyiGoogle Maps yang bisa kalian coba di rumah atau saat bepergian. Hmm… fitur mana nih yang udah pernah kalian coba?

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini