Daftar HP Lipat yang Dijual Resmi di Indonesia, Termurah Rp8 Jutaan

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id -Smartphonelipatkian digemari masyarakat. Salah satu bukti sahihnya, kini ponsel lipat gak cuma diluncurkan oleh Samsung saja, Oppo dan bahkan Tecno pun mulai meluncurkansmartphonelipat mereka di pasaran Indonesia, menandakan besarnya peluang di segmen satu ini.

Di tahun ini, setidaknya ada limasmartphonelipat yang resmi dijual di Indonesia. Harganya beragam dari Rp8 jutaan sampai Rp29 jutaan pun ada di pasaran. Mau tahu ada apa saja?

Berikut ini timUzone.idrangkum jajaransmartphonelipat yang resmi diluncurkan di Indonesia sepanjang tahun 2023. Kira-kira, kalian mau pilih yang mana nih?

Samsung Galaxy Z Flip5

Samsung memang rutin bawa ponselflagship-nya ke Indonesia tiap tahun, tak terkecuali jajaransmartphone foldablemereka, Z Flip dan Z Fold Series.Samsung Galaxy Z Flip5resmi dijual di Indonesia pada Agustus lalu, sebulan setelah debut di galaxy Unpacked 2023. 

Smartphoneini tampil dengan desain yang beda dari sebelumnya, terutama pada sektorcover screen. Kini, layar bagian luarnya lebih luas, tepatnya menjadi 3,4 inci dengan panel Super AMOLED yang sudah beresolusi 720 x 748 piksel.

Layarnya bisa memuat lebih banyak informasi, tak cuma notifikasi saja. Kalian bisa membuka aplikasi, mengaturwidget, hingga menyetel animasi lucu pada Flex Window di Samsung Galaxy Z Flip5. 

Spek lainnya, Samsung Galaxy Z Flip5 punya layar bagian dalam yang masih sama dengan sebelumnya, Dynamic AMOLED 2X seluas 6,7 inci dengan resolusi Full HD+, mendukungrefresh rate120Hz, dan mengantongi sertifikat HDR10+.

Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy Z Flip5 ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan kapasitas baterai 3.700 mAh. Memori penyimpanannya minimal 256 GB dan maksimal 512 GB, ya Samsung menghilangkan opsi kapasitas memori 128 GB untuk Galaxy Z Flip5.

Untuk kamera, masih sama dengan sebelumnya. Ada sepasang kamera 12 MP di belakang dengan lensa wide dan ultrawide, serta kamera selfie 12 MP.

Di Indonesia, kini harga Samsung Galaxy Z Flip5 dijual mulai Rp14.999.000 untuk versi 8/256 GB dan Rp16.499.000 untuk versi 8/512 GB.

Pilihan warnanya seabreg, yakni Gray, Blue, Green, dan Yellow yang hanya bisa dibeli via situs resmi Samsung Indonesia, serta warna Mint, Graphite, Lavender, dan Cream.

Samsung Galaxy Z Fold5

Di saat yang sama,Samsung Galaxy Z Fold5pun ditebar ke pasaran. Secara tampilan memang tak ada yang berbeda, kecuali jeroannya. Bagian engsel, Samsung mengadopsi teknologi Flex Hinge, mekanisme engsel yang lebih rapat dan minim jejak lipatan.

Berkat Flex Hinge, dimensi Samsung Galaxy Z Fold5 juga lebih ringan dan tipis dari sebelumnya. Di bagian layar, kurang lebih sama spesifikasinya dengan Galaxy Z Fold4.

Ponsel ini dibekali layar Dynamic AMOLED 2X seluas 7,6 inci di bagian dalam. Resolusinya 1.812 x 2.176 piksel denganrefresh rate120Hz, HDR10+, sampai lapisan kaca Gorilla Glass Victus 2 yang tangguh. 

Di bagiancover screen, Samsung Galaxy Z Fold5 menawarkan layar berpanel serupa seluas 6,2 inci dengan resolusi 904 x 2.316 piksel. Fitur-fiturnya sama seperti layar bagian dalam, menyuguhkan visualisasi yang maksimal saat kalian menikmati konten maupun bermain game.

Sama dengan Z Flip5, dapur pacu ponsel ini ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, disandingkan dengan RAM 12 GB dan ruang memori mencapai 1 TB. 

Di bagian kamera, ponsel ini dilengkapi kamera utama 50 MP dengan OIS, lensa telephoto 10 MP yang mendukung 3xoptical-zoom, lensa ultrawide 12 MP, lalu ada kamera depan 10 MP, serta UDC (under display camera) 4 MP.

Samsung Galaxy Z Fold5 sekarang dibanderol dengan harga Rp24.999.000 untuk versi 12/256 GB dan Rp26.999.000 untuk tipe tertinggi 12 GB/1 TB. 

Ponsel ini tersedia dalam lima opsi warna, Gray dan Blue yang khusus dibeli secara online, serta Icy Blue, Phantom Black, dan Cream.

Oppo Find N3 Flip

Berikutnya, adasmartphone clamshellpesaing Samsung Galaxy Z Flip5,Oppo Find N3 Flip.Smartphoneini dijual dengan harga yang sama dengan sang kompetitor.

Oppo Find N3 Flip memiliki layar LTPO OLED seluas 6,8 inci di bagian dalam, dan AMOLED sebesar 3,26 inci di luarnya. Layar utama ponsel ini beresolusi Full HD+ yang tajam atau 2.520 x 1.080 piksel dengan kerapatan 403 ppi.

Menariknya, padacover screen, Oppo memungkinkan penggunanya untuk membuka lebih banyak aplikasi tanpa perlu membuka ponsel untuk mengakses layar bagian dalam. Aplikasinya gak cuma dari Google saja,third party appspun bisa dibuka viacover screen-nya.

Ponsel ini diperkuat dengan engsel bernama Flexion Hinge. Berkat engsel ini, jejak lipatan padamain screenjadi lebih landai, bahkan nyaris tak terlihat. 

Dengan engsel ini pula, Oppo Find N3 Flip bisa tahan 600 ribu siklus buka-tutup, bahkan 3 kali lipat lebih tangguh dari Samsung Galaxy Z Flip5.

Bicara speknya, Oppo Find N3 Flip ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 9200 yang dipadukan dengan RAM LPDDR5X 12 GB dan penyimpanan UFS 4.0 256 GB. Ponsel ini ditopang oleh baterai 4.300 mAh dengan dukunganfast charging44W.

Pada kameranya, Oppo Find N3 Flip jadi ponselclamshellpertama dengan tiga kamera yang diracik langsung oleh Hasselblad. Ketiga kamera ini terdiri dari, sensor 50 MP Sony IMX890 pada kamera utama dengan dukunganoptical image stabilization(OIS).

Kamera tersebut disandingkan dengan kameraultrawide48 MP yang punya cakupan gambar 114 derajat, serta kamera portrait 32 MP dengan 2xoptical-zoom. Sementara di depan, tepatnya pada tengah atas layarnya, dibenamkan kamera selfie 32 MP.

Oppo Find N3

Smartphonetercanggih Oppo yang diboyong ke Indonesia,Oppo Find N3.Smartphoneini punya layar bagian luar dengan rasio yang setara dengan ponselmainstreamzaman sekarang, yakni 20:9.

Hal ini jadi salah satu kelebihan yang ditawarkan Oppo Find N3, dimana kalian jadi mudah mengoperasikan ponsel dengan satu tangan, dan tak perlu repot-repot menyesuaikan diri lagi gegara aspek rasio layar yang berbeda.

Speknya sendiri, Oppo Find N3 menampilkan layar berjenis LTPO3 OLED seluas 6,3 inci di bagian luar. Layar ini beresolusi 2.484 x 1.116 piksel, didukungrefresh rate120Hz, HDR10+, Dolby Vision, hingga intensitas cahaya yang menyentuh 2.800 nits.

Di dalam, terpampang layar 7,82 inci dengan resolusi 2.240 x 2.268 piksel. Teknologi layarnya dibuat serupa dengancover screen, termasukrefresh ratehingga dukungan Dolby Vision dan HDR10+.

Oppo Find N3 juga dibekali engsel Flexion Hinge yang tangguh, bahkan lebih kuat dari para pesaingnya. Oppo mengklaim, Flexion Hinge di Find N3 bisa bertahan sampai 1 juta kali siklus buka-tutup, juga membuat jejak lipatan pada layar jadi nyaris tak kelihatan.

Oppo Find N3 ditenagai Snapdragon 8 Gen 2, RAM LPDDR5X 16 GB, memori penyimpanan UFS 4.0 512 GB, dan baterai 4.800 mAh yang mendukungfast charging67W.

Di bagian kamera, Oppo Find N3 punya kamera Hasselblad dengan konfigurasi, kamera utama dengan sensor 48 MP Sony LYTIA-T808 yang sudah mendukung OIS,telephotodengan lensa periskop 64 MP,ultrawide48 MP, 20 MP padacover screen, dan 32 MP di layar bagian dalamnya.

Di Indonesia, Oppo Find N3 dibanderol dengan harga Rp29.999.000, dan tersedia dalam dua tipe warna, Champagne Gold dan Classic Black dengan bodi belakang berbahaya dasar kulit vegan premium.

Tecno Phantom V Flip

Berikutnya, sekaligus ponsel lipat terakhir yang rilis tahun ini,Tecno Phantom V Flip.Smartphoneini juga jadiclamshell phonetermurah yang dijual di Indonesia, lantaran harganya hanya Rp8.999.000, bahkan saat rilis perdana, harganya cuma Rp7.999.000.

Walau murah, Tecno Phantom V Flip tetap dibuat berkelas. Desainnya berkesan premium dengan dua opsi warna, Mystic Dawn dan Iconic Black, dimana bodinya menggunakan bahan dasar kulit vegan.

Smartphonelipat punya layar OLED berbentuk lingkaran di luarnya dengan luas 1,32 inci, yang uniknya terdapat LED flash pada bagian atasnya.

Layar ini interaktif, bisa menampilkan berbagai fitur, termasuk sebagaiviewfindersaat selfie dengan kamera belakang.Widget-nya juga beragam, termasuk berbagai animasi hingga notifikasi aplikasi. 

Tecno Phantom V Flip punya layar LTPO AMOLED di bagian dalam dengan ukuran 6,9 inci. Resolusinya Full HD+ dan sudah mendukungrefresh rateyang adaptif dari 10Hz sampai 120Hz.

Walau nyaris dua kali lipat lebih murah dari Samsung Galaxy Z Flip5 atau Oppo Find N3 Flip, Tecno Phantom V Flip juga sudah mengusung mekanisme engselgaplessalias tak ada celah di antara layar ketika ponsel dilipat.

Memang ada yang harus ‘dikorbankan’ biar harganya tetap terjangkau. Dapur pacu salah satunya, karena ponsel ini ditenagai MediaTek Dimensity 8050 yang dipadukan dengan RAM 8 GB, ruang penyimpanan seluas 256 GB, serta baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang didukungfast charging45W. 

Soal kamera, ada kamera selfie 32 MP yang diletakkan pada lubang kamera di tengah atas layar. Di belakang, ada sepasang kamera yang terdiri dari sensor 64 MP sebagai kamera utama dan kamera ultrawide bersensor 13 MP.

Itu dia jajaransmartphonelipat yang resmi dijual di Indonesia, mana nih ponsel yang bakal kalian beli?