icon-category Gadget

Apa Saja yang Diharapkan Muncul di Apple Event 2022

Uzone.id - Apple Event 2022 bertajuk ‘Far Out’ akan berlangsung di kampus Apple Park pada hari ini (7/9) pukul 10:00 PST atau sekitar 00:00 WIB. Di acara ini, berbagai macam produk terbaru akan diperlihatkan, termasuk iPhone 14 Series yang kabarnya membawa banyak peningkatan.

Menjelang acaranya nanti malam yang digelar secara online di YouTube, situs resmi Apple dan Apple TV, sebaiknya simak apa saja yang diharapkan bakal muncul di acara prestisius Apple tahun ini.

iPhone 14

Sudah jadi tradisi kalau seri terbaru iPhone pasti menjadi bintang di Apple Event tiap tahunnya, begitu juga untuk iPhone 14 Series. Apple akan mendatangkan empat model iPhone 14 pada acara nanti malam (7/9), yakni iPhone 14 versi standar, iPhone 14 Max yang jadi model terbaru, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

iPhone 14 dan 14 Pro mengusung layar berukuran 6,1 inci, sementara dua model lainnya dilengkapi dengan panel layar 6,7 inci yang jauh lebih besar. 

Kehadiran iPhone 14 Max sendiri jadi strategi baru Apple untuk menghadirkan iPhone berlayar besar dengan harga yang murah. Seri ini menjadi kebalikan iPhone 13 Mini, yang ternyata meraih penjualan yang amat mengecewakan.

Baca juga: Prediksi Harga iPhone 14 Series

iPhone 14 standar dan 14 Max kabarnya masih ditenagai oleh prosesor yang sama dengan iPhone 13 Series, yakni Apple A15 Bionic. Sementara untuk model Pro, ditunjang oleh chipset generasi terbaru Apple A16 Bionic.

Dari desas-desus yang beredar, duo Pro ini juga punya desain yang benar-benar berbeda. Keduanya tampil dengan desain punch hole di bagian tengah atas layarnya.

Ada dua lubang kamera, satu untuk kamera selfie dan satunya sebagai tempat buat komponen TrueDepth Camera untuk Face ID. Apple kabarnya menghadirkan fitur khusus untuk ‘menggabungkan’ dua lubang kamera ini menjadi satu, mirip seperti pil.

Baca juga: Antisipasi 'Tompel' iPhone 14 Pro Terlihat Aneh, Apple Bawa Fitur Ini

Selain SoC (system on chip) yang jauh lebih kencang, baik iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max sudah disematkan kamera utama 48MP yang memungkinkan perekaman video 8K. Kamera ultrawide pada ponsel ini juga menggunakan sensor yang lebih besar untuk menangkap foto ultra lebar di malam hari.

Teknologi anyar yang mungkin dijejalkan pada keempat iPhone ini adalah fitur konektivitas melalui satelit. Fitur ini bisa dikaitkan dengan tema utama Apple Event 2022 yang bertajuk ‘Far Out’ dengan latar belakang luar angkasa.

Sayang, iPhone 14 Series masih saja menggunakan prot Lightning, bukan USB-C seperti yang diharapkan fanboy kebanyakan. Selain itu, harga ponsel ini juga diprediksi bakal lebih mahal dibanding seri sebelumnya.

Apple Watch Series 8, Watch Pro dan Watch SE

Apple Watch Series 8 dan Watch SE generasi terbaru besar kemungkinan bakal diperkenalkan oleh perusahaan teknologi asal Cupertino tersebut. Tapi yang menarik, Apple akan menghadirkan segmen smartwatch yang benar-benar baru, Apple Watch Pro.

Apple Watch Pro diprediksi menjadi bakal bersaing dengan smartwatch dari Garmin, lantaran dipersiapkan buat pengguna profesional, seperti atlet. Jam tangan ini berukuran besar dengan bingkai 47mm. 

Layarnya pun datar dengan bezel yang lebih tipis. Ditujukan buat pengguna aktif, layarnya kemungkinan berjenis kaca safir dengan bodi berbahan dasar titanium tangguh.

Untuk harga, jelas kalau Apple Watch Pro dibanderol dengan mahar yang jauh lebih tinggi. Dikabarkan, harganya sekitar USD1.000 atau di atas Rp14 jutaan.

Baca juga: Penampakan Bulky Apple Watch Pro, Si Pesaing Garmin

Sedangkan Apple Watch SE terbaru, bisa jadi akan mempertahankan ukuran dan desain yang sama dengan Apple Watch SE generasi sebelumnya. Namun untuk jeroannya, menggunakan prosesor S8 yang membawa peningkatan besar.

Prosesor ini juga akan menopang Apple Watch Series 8. Jam tangan pintar tersebut turut diberikan beberapa kemampuan canggih, termasuk EKG, pemantauan tekanan darah, monitor suhu, hingga pelacak kesuburan.

iOS 16

Bersamaan dengan iPhone 14 Series, Apple mungkin saja resmi memperkenalkan iOS 16. OS yang sempat dipamerkan dalam ajang Apple WWDC 2022 itu, biasanya akan digulirkan beberapa minggu setelah peluncuran perdananya.

Baca juga: Fitur Baru iOS 16, dari Personalisasi Sampai Keamanan Berlapis

Ragam fitur baru dihadirkan pada iOS 16, seperti lock screen yang bisa dipersonalisasi, notifikasi pada bagian bawah layar, pemasangan skenario penggunaan berdasarkan profil yang sudah diatur, edit sampai menarik kembali pesan yang sudah dikirim via Messages, dan sebagainya.

Apple AirPods Pro 2

Akhirnya earphone TWS AirPods Pro mendapatkan pembaruan juga setelah tiga tahun eksis tanpa mendapatkan update seri apapun. AirPods Pro 2, begitu namanya, TWS ini sudah mendukung teknologi Apple Lossless Audio Codec atau ALAC.

Apple turut meningkatkan kemampuan Bluetooth-nya pada TWS ini. Selain fitur baru, desainnya juga lebih menarik dibanding sebelumnya, di mana AirPods Pro 2 tampil dengan desain tanpa batang.

VIDEO Prediksi Apple Event 2022

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini