icon-category Gadget

Apple Kenalkan Smartwatch Paling Tangguh, Apple Watch Ultra

Uzone.id - Bukan cuma Apple Watch Series 8 saja yang dipamerkan di acara Apple Event 2022, Tim Cook cs pun turut meluncurkan Apple Watch SE generasi terbaru dan Watch Ultra yang jadi segmen smartphone paling anyar yang ditawarkan Apple.

CEO Apple, Tim Cook menyatakan, Apple akan selalu membawa kemudahan integrasi antara iPhone, Apple Watch dan AirPods kepada pengguna. Di perhelatan akbar ini, ia pun ingin pengguna mendapatkan pengalaman yang ‘magical’ ketika menggunakan produk terbaru dari Apple.

Iterasi Apple Watch pun bertambah dengan adanya Apple Watch Ultra. Jeff Williams selaku COO Apple menyebut, jam tangan ini memiliki kemampuan terbaik daripada Apple Watch yang ada saat ini.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Series

Fitur Apple Watch Ultra

Lebih lanjut, Apple Watch Ultra terbuat dari material yang tangguh berkat casing berbahan dasar titanium aerospace grade dan layar dari kaca safir yang tahan terhadap goresan.

Bahkan, jam tangan pintar ini sudah mengantongi sertifikasi militer MIL-STD-810H setelah melalui berbagai pengujian ekstrem, termasuk penggunaan di temperatur tinggi, rendah, serta lingkungan yang tak biasa.

Ukurannya jauh lebih besar dari smartwatch Apple lainnya. Ukuran case-nya saja mencapai 49mm, terbesar untuk saat ini. Tak cuma besar, layar datar yang dibawanya juga diklaim paling terang di antara seri Apple Watch lainnya.

Apple mengklaim, intensitas cahaya yang dihasilkannya mencapai 2.000 nits. Melengkapi layarnya yang besar, Apple Watch Ultra didukung watch face bernama Wayfinder yang mengakomodasi banyak informasi kepada pengguna, mulai dari informasi ketinggian, petunjuk waktu, dan sebagainya.

Baca juga: Kuartet iPhone 14 Series Melenggang Resmi

Smartwatch ini pun disematkan speaker yang juga berukuran besar. Speaker ini berguna untuk mengeluarkan alarm darurat yang bisa didengar sepanjang 180 meter.

Sesuai bocoran, ada tombol tambahan yang disebut Apple sebagai Action Button. Tombol ini dibubuhi warna oranye yang kontras, sehingga mudah diakses dan membuat tampilan jam tangan lebih eye-catching lagi.

Dengan tombol ini, pengguna bisa mengakses berbagai fungsi utama smartwatch, seperti olahraga atau latihan, kompas, navigasi ke titik awal, hingga menyalakan tanda darurat jika dibutuhkan.

Hebatnya, terdapat tiga mikrofon pada Apple Watch Ultra yang juga ditujukan untuk keadaan darurat. Mikrofon ini bisa merekam suara pengguna dengan begitu jelas, meski berada di tengah-tengah kondisi ekstrem.

Julz Amey selaku Director Fitness Technologies Apple menjelaskan, Apple Watch Ultra didukung oleh GPS dengan akurasi tertinggi dari smartwatch apapun yang ada saat ini. Lewat GPS berteknologi tinggi, pengguna tak usah khawatir tersesat, karena akan diberikan petunjuk untuk kembali ke titik awal.

Juga, smartwatch ini cocok dipakai untuk orang-orang yang senang diving. Apple Watch Ultra sudah mengantongi sertifikat WR100 dan EN 13319 khusus olahraga diving. Malah di dalamnya, terdapat informasi lengkap seperti temperatur air, penunjuk waktu, durasi di bawah air, dan maksimal kedalaman yang bisa dicapai pengguna.

Baca juga: Canggihnya Apple Watch Series 8 dan Watch SE, Bisa Deteksi Kecelakaan

Ditujukan untuk pengguna yang aktif, daya tahan baterainya juga jauh lebih baik. Apple Watch Ultra bisa bertahan sampai 36 jam pemakaian normal, sementara untuk mode low power bisa mencapai 60 jam.

Seluruh fitur yang ada di Apple Watch Series 8 turut dibawa, seperti Crash Detection untuk mendeteksi ketika pengguna mengalami kecelakaan dan langsung menghubungi pihak emergency secara langsung.

Apple Watch Ultra tersedia dalam tiga pilihan strap, Trail Loop, Alpine Loop dan Ocean Band. Apple menjual Watch Ultra dengan harga USD 799 atau Rp11,8 jutaan, dan sudah bisa dipesan mulai sekarang dengan jadwal pengiriman pada 23 September mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini