icon-category Health

Awas, Sering Menunduk untuk Lihat Ponsel Bikin Leher Nyeri

  • 03 Sep 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kamu sering melihat media sosial via ponsel dalam jangka waktu lama dengan posisi leher menunduk? Jika ya, maka kamu perlu berhati-hati. Mengutip Reader’s Digest, sering menggunakan smartphone dalam waktu lama dapat menyebabkan text neck.

    Ini merupakan sindrom yang dapat menyebabkan leher dan pundak sakit.

    “Sederhananya, text neck adalah rasa sakit dan cedera yang terjadi pada seseorang yang menunduk karena terlalu sering menggunakan smartphone atau perangkat lain,” ungkap Todd H. Lanman, MD, spesialis bedah tulang belakang di Beverly Hills, California, masih dari sumber yang sama.

    Baca: 10 Kebiasaan yang Bikin Berat Badan Turun

    Gejala text neck bisa mulai dari yang ringan sampai berat.

    Text neck yang ringan mungkin hanya menyebabkan nyeri di otot leher. Sementara itu, text neck yang parah dapat menyebabkan sakit kepala, kesemutan, mati rasa di lengan, dan kondisi yang membutuhkan operasi,” kata Todd.

    Text neck sebenarnya hanya istilah baru untuk kondisi yang sudah ada sejak lama.

    Baca: Fakta Tentang Freckles, Bintik-Bintik Cokelat di Wajah yang Jadi Tren Kecantikan

     “Para ahli bedah tulang belakang telah lama mengetahui bahwa profesi yang membutuhkan leher menunduk dalam waktu lama—seperti ahli bedah, pekerja kantoran, dan petugas manicure—meningkatkan risiko nyeri leher dan bahu, serta lengan terasa nyeri dan kesemutan,” ujar Todd.

    Kebiasaan tersebut dapat memengaruhi orang-orang pada usia berapa saja, tetapi hal itu sangat berbahaya bagi anak-anak dan remaja. Todd mengatakan bahwa dirinya telah melihat peningkatan jumlah orang muda yang mengalami nyeri leher.

    Lantas bagaimana cara menghindari masalah ini?

    Baca: Umur 30 Tahun Masih Ada Jerawat, Apa Penyebabnya?

    Cara yang paling tepat adalah dengan meletakkan smartphone. Bila hal ini terasa sulit, kamu mungkin bisa menggunakan ponsel dengan menjaga posisi leher tetap tegak. “Semakin kamu bisa menjaga posisi leher tetap netral, semakin kecil kemungkinan untuk meningkatkan risiko text neck.”

    Lebih lanjut, Todd mengatakan bahwa semakin sering leher menunduk, semakin besar beban yang ada di leher.

    “Studi menunjukkan bahwa duduk sambil mengetik adalah yang terburuk. Mengirim pesan via ponsel sambil berdiri sedikit lebih baik untuk menghindari masalah pada leher,” ujar Todd.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini