home ×
Digilife

Banyak Aplikasi Berbahaya di Android, Ini Cara Mencegahnya

27 May 2020 By
Banyak Aplikasi Berbahaya di Android, Ini Cara Mencegahnya
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Sampai saat ini setidaknya sudah ada 2,5 miliar perangkat yang memanfaatkan sistem operasi Android dari Google. Sisi buruknya adalah selalu ada aplikasi yang berbahaya di Play Store.

Peringatan ini diserukan oleh perusahaan keamanan Comparitech. Mereka melakukan sejumlah penelitian terhadap aplikasi Android yang berbasis mobile app development Google, Firebase.

Seperti dikutip dari Express UK, Rabu (27/5), tools Firebase sendiri sudah digunakan hampir 30 persen dari seluruh aplikasi yang ada di Google Play Store.

Dari studi dari Comparitech ditemukan bahwa 4,8 persen dari aplikasi mobile menggunakan Firebase untuk menyimpan data pengguna dengan tidak aman.

Baca juga: 24 Ribu Aplikasi Android Bocorkan Data Pengguna

Saking tidak amannya, aplikasi ini dapat mengakses data pribadi misalnya e-mail dan nomor telepon dikarenakan database yang tidak menggunakan password.

Comparitech menemukan 4.282 aplikasi membocorkan informasi sensitif dari 515 ribu sampel aplikasi, yang berarti sama dengan 18 persen dari seluruh aplikasi di Play Store.

Sialnya, aplikasi berbahaya tersebut sudah dipasang sebanyak 4,22 miliar kali oleh pengguna Android.

Beberapa informasi pribadi yang berhasil dibobol itu lebih dari tujuh juta alamat email,  4,4 juta nama pengguna, 5,3 juta nomor telepon dan lebih dari satu juta kata sandi. Belum lagi adanya risiko kebocoran nomor kartu kredit (CC).

Aplikasi game menyumbang bahaya ini dengan presentase 24,71 persen dari aplikasi Play Store yang masuk kategori rentan, diikuti aplikasi edukasi dengan persentase 14,72 persen dan aplikasi hiburan sebanyak 6,02 persen.

Baca juga: Twitter Hadirkan Peringatan untuk Cuitan Covid-19 yang Menyesatkan


"Mengingat rata-rata pengguna smartphone memasang antara 60 dan 90 aplikasi, kemungkinan besar bahwa privasi pengguna Android telah diancam bahaya oleh setidaknya satu aplikasi," tulis Comparitech dalam studi mereka.

Mereka pun meminta agar pengguna Android selalu berhati-hati dan tetap memperhatikan password serta berhati-hati mengunduh aplikasi.

Nah, untuk itu, Comparitech memberikan saran supaya ponsel kamu bisa lebih aman dari ancaman kebocoran data pribadi:

- Jangan gunakan password yang sama pada banyak akun dan pastikan kata sandi kuat

- Hanya install aplikasi dengan angka review dan instalasi yang tinggi

- Menyadari informasi apa yang kamu bagi kepada aplikasi

- Hindari membocorkan informasi personal yang sensitif seperti alamat, foto KTP, dan lainnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article