home ×
Startup

BigBox Berupaya Menjadi Platform Satu Data Indonesia

01 October 2020 By
BigBox Berupaya Menjadi Platform Satu Data Indonesia
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - BigBox, penyedia solusi big data yang berbasis di Tanah Air, tengah berupaya menjadi platform satu data Indonesia. Demikian yang diungkapkan Founder & CEO BigBox, Muhammad Sigit Pramudya dalam Uzone Talks episode Big Data Harta Karun Indonesia, Kamis (1/10).

Ya! Kita semua tahu bahwa satu data terkandung dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019. Meski masih dalam proses diskusi, BigBox tengah berusaha mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Jadi Platform Big Data Lokal, BigBox “Pede” Bersaing dengan Pemain Asing

“Pemerintah kan sudah punya pepresnya untuk implementasi satu data indonesia yang intinya melakukan data manajemen dan data goverment terhadap data-data pemerintahan, baik di goverment maupun di level daerah," sebutnya

"Kita berusaha, meski masih dalam proses diskusi, menjadi platform satu data Indonesia. Nah, pemerintah kan sudah punya Perpres-nyauntuk implementasi satu data Indonesia yang intinya melakukan data manajemen dan data goverment terhadap data-data pemerintahan, baik di goverment maupun di level daerah,” ujar Sigit.

Lebih lanjut, ia menyatakan, “Dalam hal ini, pemerintah bagaimana melakukan implementasi pepres tersebut itu mungkin perlu dibantu dan di sini Telkom, lewat BigBox mencoba menginisiasi secara bottom-up.”

Baca juga: Pandemi COVID-19 Dorong Implementasi Big Data

Jadi, BigBox menyiapkan infrastruktur terlebih dahulu untuk pemerintah pusat maupun daerah, lalu bergerak ke platform big data itu sendiri.

“Insya Allah nanti kita akan masuk ke sana untuk mendukung terimplementasinya program satu data pemerintahan Indonesia,” ungkap Sigit.

Di luar itu, kontribusi big data secara umum masih sangat luas. Sigit menyatakan bahwa setiap instansi pemerintahan hampir dipastikan butuh big data, baik di level software, platform, maupun di level use case atau service.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article