icon-category Gadget

Fitur Dyson V15 Detect, Penyedot Debu Bergaya 'Pistol Alien'

Uzone.id - Peralatan rumah tangga makin kesini kian canggih saja. Vacuum cleaner atau alat penyedot debu seperti Dyson V15 Detect misalnya, tak cuma bertugas membersihkan kotoran di rumah saja, tapi sudah dilengkapi serangkaian inovasi dan fitur canggih. 

Dyson V15 Detect merupakan vacuum cleaner yang dirancang khusus untuk rumah dengan hewan peliharaan. Alat penyedot debu ini dilengkapi dengan batang sikat baru yang diciptakan untuk mengangkat semua rambut, baik rambut manusia, kucing, sampai anjing. 

Batang sikat ini memiliki 56 baling-baling yang diletakkan pada sudut kemiringan tertentu untuk memindahkan maupun menggeser semua jenis rambut yang tertangkap dan tergulung ke dalam kepala pembersih. 

Sikat ini terbuat dari bahan polikarbonat yang dipadukan dengan satu set bulu sikat berbahan nylon berbentuk spiral. Dyson turut melengkapinya dengan filamen serat karbon anti-statis dan daya hisap yang kuat hingga 240AW, sehingga mampu menangkap gumpalan rambut kusut, maupun debu mikroskopis dan serpihan kotoran lainnya.

“Alat ini terinspirasi dari sisir anti-kusut atau detangling comb,” jelas Dyson, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id pada Selasa (6/9).

Baca juga: Ternyata, Ibu Rumah Tangga Lebih Eksis di Medsos Dibanding PNS

Desain anti-mainstream, bisa tanpa kabel

Perusahaan teknologi asal Inggris yang kini berkantor pusat di Singapura tersebut merancang Dyson V15 Detect dengan desain yang tak biasa. Bentuknya tak seperti vacuum cleaner pada umumnya.

Malah, Dyson V15 Detect punya rupa mirip pistol warna-warni mirip senjata alien dengan layar LCD untuk menunjukkan partikel debu yang dideteksi dalam ukuran mikron dan informasi lainnya.

Bobot keseluruhan dari alat penyedot debu ini lumayan ringkas, tepatnya 2,74 kg. Dyson V15 Detect mudah dioperasikan di permukaan apapun. Namun yang menarik, perangkat ini bisa digunakan tanpa harus menggunakan kabel.

Ya, Dyson V15 Detect ditopang oleh baterai yang dapat diisi ulang menggunakan charging dock atau menghubungkannya ke adaptor charger khusus. 

Adapun untuk daya tahannya, dikutip dari The Hindu, Dyson V15 Detect bisa bertahan sampai 1 jam saat digunakan dalam mode Eco atau Auto dan 25 menit maksimal saat dipakai pada mode Boost dengan tenaga isap maksimal sampai 240AW.

Sementara untuk proses charging-nya, baterai Dyson V15 Detect dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu kurang lebih 5 jam.

Baca juga: Penampakan Bulky Apple Watch Pro, Si Pesaing Garmin

Bisa dipasangkan dengan pet groom tool

Rambut hewan peliharaan dapat membawa partikel yang bersifat alergen di sekitar rumah. Dan harus diakui, belum banyak yang sadar tentang dampak tersembunyi yang bisa disebabkan oleh hewan peliharaan mereka.

Dari riset internal yang dilakukan Dyson, ditemukan bahwa hampir setengah dari pemilik hewan peliharaan di seluruh dunia menyisir dan merawat rambut hewan peliharaan mereka di rumah sebanyak satu kali setiap minggu. 

Tiga dari empat orang merawat rambut hewan peliharaan mereka dengan menggunakan sisir. Kebiasaan ini membantu mengurangi jumlah rambut yang rontok di sekitar rumah, tetapi partikel mikroskopik tetap tertinggal dan berpotensi menyebar ke seluruh rumah.

Dyson V15 Detect pun bisa dipasangkan dengan pet groom tool yang dirancang untuk membersihkan rambut, ketombe dan serpihan kulit mati yang berukuran mikroskopis dari hewan peliharaan. 

Alat ini memiliki 364 sisir yang dipasang pada sudut kemiringan 35 derajat dan dapat dihubungkan langsung ke bagian utama mesin, maupun dengan menggunakan selang pemanjang. 

Sisirnya dapat melentur saat pengguna menyisir rambut hewan peliharaan, sehingga mampu menjangkau ke bagian dalam lapisan rambut dan menangkap rambut-rambut hewan peliharaan yang rontok secara cepat.

Baca juga: Antisipasi 'Tompel' iPhone 14 Pro Terlihat Aneh, Apple Bawa Fitur Ini

Dyson pun mengklaim, produk barunya dapat menangkap sampai 99,99 persen partikel debu yang berukuran hingga sekecim 0,3 mikron. Semuanya dapat dilakukan berkat teknologi Cyclone Dyson yang dapat mengangkat debu dan kotoran dari lantai. 

“Seluruh mesin telah disegel rapat sehingga debu tidak akan bocor dan beterbangan kembali di rumah,” kata Dyson.

Khusus untuk model Dyson V15 Absolute, dilengkapi HEPA filter di seluruh bagian mesin untuk menangkap partikel halus seperti ketombe dan kotoran hewan peliharaan. Penyaringnya telah ditingkatkan guna menangkap 99,97% partikel debu berukuran 0,1 mikron.

Fitur lainnya

Vacuum cleaner sudah dibekali dengan laser pendeteksi debu dengan dioda hijau yang dapat mengungkap partikel yang biasanya tidak terlihat. Teknologi ini sudah terintegrasi langsung dengan kepala pembersih, dan diletakkan pada sudut kemiringan tertentu yang presisi.

“Fitur ini memastikan bahwa debu yang awalnya tidak kasat mata dapat terlihat dan dapat dibersihkan,” klaim Dyson.

Turut disematkan sensor Piezo yang dapat menampilkan jumlah debu yang tertangkap pada layar LCD secara real-time. Sensor ini dapat mengukur dan menghitung debu mikroskopis hingga 15.000 kali per detik, tepat saat debu masuk ke mesin dan menyentuh sensornya.

Kemudian, LCD akan menampilkan penghitungan tersebut kepada pengguna untuk mengetahui efektivitas dari Dyson V15 Detect.

Baca juga: Smartphone Oppo Dijual Tanpa Charger, Berlaku Tahun Depan

Harga dan ketersediaan

Dyson V15 Detect sudah resmi beredar di Indonesia. Untuk model Absolute standar, Dyson melepasnya dengan harga Rp13.899.000, sementara untuk varian Absolute dengan filter HEPA dijual Rp15.999.000.

Sedangkan untuk harga pet groom tool kit, Dyson membanderolnya dengan harga Rp1.099.000. 

Dyson V15 Detect tersedia di mall Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Hartono. Perangkat ini juga dijual secara online melalui Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini