icon-category Digilife

Ini Besaran Uang yang Dihabiskan Orang Indonesia untuk Belanja Ramadan, Check!

  • 08 Apr 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - iPrice hadir di Asia Tenggara untuk memudahkan orang berbelanja lewat e-commerce. iPrice memiliki platform menyatukan semua e-commerce dalam satu situs web, sehingga konsumen tidak perlu ribet membuka banyak laman e-commerce berbeda. 

    Kali ini, iPrice membeberkan hasil riset beberapa produk kategori yang biasanya jadi trending atau search interest-nya meningkat menjelang Ramadan dan di saat Ramadan. 

    "Untuk kategori yang pertama ada fashion, kedua ada elektronik, ketiga ada house hold product. House hold product ini bisa kita bilang ada glossary semua kebutuhan rumah tangga, misalnya lemari, rak tanaman hias. Di Indonesia itu kemarin kita sempat bikin riset sejak Desember 2020 orang Indonesia sudah mulai getol nih yang namanya tanaman hias atau indoor plan," tutur Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group, saat berbicara di acara "Ramadhan 2021: Blibli Termini untuk Penuhi Permintaan Pelanggan Jelang Lebaran," melalui virtual pada Rabu (7/4/2021).

    BACA JUGA: Apa Itu Cellebrite? Aplikasi Intelijen Buatan Israel Dipakai Mabes Polri

    Kemudian, kata Dea, untuk produk keempat ada produk kosmetik dan skin care. Saat Ramadan orang Indonesia ingin terlihat menarik, penampilan baru, kosmetik dan skin care pun biasanya kategori produk yang digemari konsumen indonesia

    Kelima, ada kue lebaran yang memang tiap jelang Ramadan atau di saat Ramadan jadi trending. "Jadi di-highlight ada lima kategori produk yang paling banyak dicari pada saat ramadhan dan menjelang ramadhan," kata dia.

    Waktu Belanja

    Untuk waktu belanja atau traffic online, iPrice  membuat riset pada tahun 2018 dan hasilnya pada saat jam 5 pagi traffic online meningkat hingga 345 persen.

    Hal itu karena di bulan Ramadan habit orang Indoneia berganti, biasanya makan siang atau sarapan beralih ke buka puasa saat Magrib dan sahur sebelum azan Subuh.

    "Jadi, Indonesia itu mostly karena mayoritas Muslim banyak yang berpuasa, mereka bangun sekitar jam 3-5 (pagi). mungkin nanti e-commerce, pelaku UMKM, yang mau nyebar promo atau push up notification mungkin bisa dijadiin salah satu patokan jam 4.30 - 05.00 (pagi) kalau bisa kita sudah ready dengan promo-promo yang clickable. Karena jam segitu traffic online-nya tuh meningkat," beber Dea.

    Uang yang Dihabiskan saat Ramadan

    Berapa banyak orang indonesia itu menghabiskan berapa banyak untuk berbelanja kebutuhan ramadan atau kebutuhan barang mereka?

    iPrise membuat riset tahun 2020 hasil kerjasama dengan Jakpat. Hasilnya, 46 persen responden yang diwawancara atau disurvei mengaku menghabiskan Rp500 ribu sampai Rp2 juta.

    "Dari sini insight yang bisa kita ambil adalah Rp500 ribu - Rp2 juta ini bukan untuk satu barang, ini akumulasi semua yang mereka beli untuk kebutuhan ramadan sama lebarannya," katanya.

    Melihat data tersebut, maka pelaku UMKM yang ingin menjual produk bisa menyesuaikannya. Jadi, kalau ingin jual produk lebih dari Rp2 juta maka segmentasi konsumen akan berbeda

    Kemudian, ada 43 persen responden menjawab cuma menghabiskan Rp500 ribu selama bulan Ramadan. Ada 9 persen orang menjawab menghabiskan Rp2 juta -Rp5 juta. Terakhir, orang menjawab menghabiskan di atas Rp5 juta sebanyak 2 persen.

    "Mungkin bisa di-take note kalau Rp500 ribu - Rp2 juta itu everage spending-nya orang indonesia belanja online untuk kebutuhan Ramadan," tutur dia.

    VIDEO Yang Harus Dilakukan Saat Ponsel Hilang, Gampang!

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini