icon-category Startup

Kenalan dengan Komerce, Startup yang Siap Upgrade Bisnis Online UMKM Lokal

  • 25 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id — Tak sedikit orang yang tergerak bikin usaha, tapi mendadak ragu dan galau ‘cuma’ karena merasa tidak punya kapasitas dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya ke skala besar. Padahal, di dunia digital seperti sekarang, nyaris tidak ada hal yang tidak mungkin.

    Memang harus kita akui, perkembangan UMKM lokal Indonesia begitu besar. Bahkan pemerintah selalu menggelorakan digitalisasi UMKM agar dapat meningkatkan skala bisnis. Tak hanya kelas nasional, namun juga supaya bisa go international.

    Melihat besarnya peluang dari tren buka usaha secara online, muncullah Komerce. Awalnya, Komerce ini adalah rebranding dari gerakan sosial bernama Kampung Marketer.

    Awalnya, Komerce yang diinisiasikan oleh sang founder, Nofi Bayu Darmawan ini ingin menjawab masalah anak-anak muda di sekitar Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang kesulitan mencari pekerjaan.

    Kemudian Komerce berevolusi untuk menjadi startup yang menyediakan jasa penyedia talent untuk memperkuat digitalisasi UMKM, karena hal ini pun juga menyimpan banyak peluang tersendiri.

    Baca juga: Program Mentoring Indigo Hadirkan Inovasi Baru untuk Startup

    Startup binaan program Indigo milik Telkom Indonesia ini sekarang menyediakan platform dalam bentuk website guna meningkatkan performa penjualan UMKM lokal di e-commerce. Adapun layanan yang diberikan seperti menyediakan talent support terlatih, platform pengiriman pesanan, hingga manajemen pergudangan.

    Komerce melihat bahwa banyak pebisnis online di tanah air dan UMKM yang tidak memiliki waktu serta pengetahuan cukup mengenai cara mengelola bisnis.

    Belum lagi tingginya biaya untuk menggaji dan memenuhi kebutuhan talent yang direkrut. Padahal kehadiran mereka dapat membantu mereka memaksimalkan bisnis, namun karena memikirkan hal ini, tak sedikit pelaku bisnis dan UMKM jadi urung niat.

    Nah, Komerce muncul untuk melakukan upgrade bisnis online dari para UMKM lokal ini dengan menjanjikan penyediaan talent –atau karyawan– ini akan lebih terjangkau dari sisi biaya ketimbang harus rekrut secara mandiri.

     Baca juga: Startup Lingkungan di Indonesia, Hype Sesaat atau Peluang Terselubung?

    Kurang lebih, Komerce ingin menyajikan solusi perekrutan karyawan tanpa ribet dan tentunya mereka sudah melalui pendidikan dengan kurikulum terbaru sesuai dengan kebutuhan UMKM. Talent yang dinaungi Komerce ini bisa dipastikan sudah siap terjun ke lapangan.

    Yup, hal menarik dari Komerce adalah startup ini menyediakan talent-talent berkualitas di bidang customer service, advertising, admin order, admin social media, dan admin marketplace.

    Secara rinci, ada beberapa layanan yang ditawarkan Komerce, yaitu:

    1. Komtim: menyediakan layanan penyediaan talent profesional dengan skill e-commerce agar membantu meningkatkan performa penjualan online.
    2. Komship: platform pengiriman order yang memudahkan UMKM menjalankan layanan ekspedisi dengan metode pembayaran COD (cash on delivery) secara otomatis.
    3. Kompack: platform warehouse atau pergudangan yang menghubungkan UMKM dengan pemilik gudang di area strategis supaya mereka bisa menjangkau pelanggan lebih dekat.

    Baca juga: Dear Founder Startup, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Dapat Pendanaan

    Selama menjalankan layanannya, Komerce pernah memenangkan sederet penghargaan bergengsi, beberapa di antaranya:

    • Young Changemakers Social Enterprise Academy 2020
    • Hyundai Startup Challenge 2020
    • Generation Impact Fellowship Asia Pacific 2020
    • DBS 2020 Grant Awardee UKM Awards 2020
    • The Impact Awards 2021
    • Youth Co Lab Awardee 2021: Best of the Best StartUp - The NextDev 2020 (di tahun 2021)
    • Hetero for Startup Competition 2021

    Saat ini Komerce sudah memiliki 3.800 pengguna terdaftar, 500 ribu pengguna yang bertransaksi, 50 ribu pengiriman di kuartal pertama Komship, dan 500 ribu talent yang direkrut.

    Selain mengembangkan layanannya, startup asal Purbalingga, Jawa Tengah ini juga saat ini sedang mencari funding untuk mendukung pertumbuhan startupnya. Mereka juga akan mengikuti ajang Indigo Demo Day pada Agustus mendatang.

    Bagi kalian yang tertarik mengulik lebih jauh tentang Komerce atau program lainnya, cek langsung akun media sosial Indigo seperti Instagram, Facebook, dan LinkedIn ya!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini