icon-category Gadget

Lenovo Yoga 7 & Yoga Slim 7 Pro Series, Laptop Tipis untuk Gaming

Lenovo Yoga 7 dan Yoga Slim 7 Pro Series (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Laptop buat kreator gak melulu harus laptop gaming atau laptop berukuran besar yang mungkin ribet dibawa kemana-mana. Seperti trio laptop terbaru Lenovo saja, yakni Yoga 7, Yoga Slim 7 Pro dan Yoga Slim 7 Pro X yang dibuat ringkas dengan spesifikasi bertenaga berkat prosesor AMD Ryzen 6000 Series.

Armawati Chen selaku AMD Business Development Manager untuk Indonesia mengatakan, AMD Ryzen 6000 Series mempunyai performa CPU dan GPU yang tinggi. Bahkan, dengan kartu grafis bawaan AMD Radeon saja, performanya nyaris menyamai laptop gaming dengan GPU discrete.

“Dibandingkan dengan kompetitor, jumlah performance-core di AMD Ryzen 6000 Series lebih banyak, makanya prosesor ini jauh lebih kencang,” jelasnya, dalam Lenovo Yoga with AMD Processor Hands-On Event, Selasa (22/11).

Hendry Lim, Consumer Notebook Product Manager Lenovo Indonesia menyebut, prosesor AMD Ryzen 6000 Series membuat laptop Lenovo Yoga yang baru cocok untuk digunakan di banyak skenario pemakaian, baik itu multi-tasking, gaming, maupun untuk kebutuhan editing video dan rendering.

Baca juga: 10 Laptop Murah Buat Mahasiswa, Ngerjain Tugas Lancar, Nge-game Mulus

Spesifikasi dan harga Lenovo Yoga 7

Lenovo Yoga 7 menjadi varian laptop murah yang dibawa ke Indonesia. Meski jadi yang ‘termurah’, nyatanya tetap membawa fitur premium. Layar misalnya, sudah menggunakan panel OLED berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8K atau 2.880 x 1.800 piksel.

Kualitas layarnya dijamin memanjakan mata berkat dukungan Dolby Vision dan sertifikasi DisplayHDR True Black 500. Belum lagi refresh rate-nya yang sudah mencapai 90Hz, membuatnya menampilkan visualisasi yang mulus.

Lenovo Yoga 7 ditenagai dua varian AMD Ryzen 6000 Series, yakni AMD Ryzen 5 6600U dan Ryzen 7 6800U. Semuanya dibekali dengan GPU integrated AMD Radeon 680M, dipasangkan dengan RAM up to 16 GB LPDDR5 dan penyimpanan SSD seluas 512 GB berjenis PCIe Gen 4.0.

Laptop ini juga dapat digunakan di berbagai mode pemakaian, lantaran memiliki engsel 360° yang begitu pas dijadikan sebagai perangkatnya kreator konten. Fitur lainnya, laptop ini sudah dilengkapi empat speaker dengan Dolby Atmos, teknologi WiFi 6E, baterai berkapasitas 71 Wh, dan sistem operasi Windows 11 Home.

Di Indonesia, Lenovo Yoga 7 dijual Rp17,4 jutaan untuk model Ryzen 5 6600U dan Rp19,4 jutaan untuk tipe dengan prosesor Ryzen 7 6800U.

Baca juga: Hands-on Asus Zenbook 14X OLED, Laptop Tipis Bertenaga AMD Ryzen

Spesifikasi dan harga Lenovo Yoga Slim 7 Pro

Naik kelas sedikit, Lenovo membawa Yoga Slim 7 Pro yang punya spesifikasi lebih kencang dari Yoga 7. Dimensinya pun ramping dengan bobot ringan sekitar 1,39 kg saja, sesuai dengan nama ‘Slim’ yang memang diusungnya.

Panel layar, ukuran dan resolusinya sama seperti Lenovo Yoga 7. Bedanya terletak pada dapur pacu yang ditopang oleh AMD Ryzen Creator Edition. 

Ya, laptop ini ditenagai oleh dua tipe prosesor, yakni AMD Ryzen 7 6800HS Creator Edition dan Ryzen 9 6900HS Creator Edition. Kemudian disandingkan dengan GPU terintegrasi AMD Radeon 680M, RAM 16 GB LPDDR5 dan penyimpanan SSD sebesar 1 TB PCIe Gen 4.0.

Kapasitas baterainya lebih kecil, tepatnya 61 Wh saja. Wajar, karena secara form factor pun laptop Lenovo tersebut berukuran lebih kecil dari saudaranya.

Akibat desainnya yang lebih ramping, maka ketersediaan port pun dikorbankan. Cuma ada 1x USB 3.2 Gen 1, 1x USB-C 3.2 Gen 2 yang mendukung Power Delivery 3.0 dan DisplayPort 1.4, 1x USB4 40 Gbps yang juga mendukung Power Delivery 3.0 dan DisplayPort 1.4, serta jack audio 3,5mm.

Di Indonesia, Lenovo Yoga Slim 7 Pro dibanderol mulai Rp17,4 jutaan untuk model Ryzen 7 6800HS, sementara untuk varian tertinggi dijual di harga Rp19.9 jutaan.

Baca juga: Laptop Tertipis Sedunia, Acer Swift Edge Masuk Indonesia

Spesifikasi dan harga Lenovo Yoga Slim 7 Pro X

Varian tertinggi Lenovo Yoga Slim 7 Pro X punya spesifikasi yang ‘lebih dewa’ lagi. Memang prosesor yang digunakannya sebatas AMD Ryzen 7 6800HS Creator Edition saja, tapi dilengkapi dengan kartu grafis discrete Nvidia GeForce RTX3050 4 GB GDDR6.

Hendry menyatakan, walau laptop ini tipis, teknisi Lenovo berhasil membekali Yoga Slim 7 Pro X dengan kartu grafis bertenaga dari Nvidia. Alhasil, performa khas laptop gaming bisa dirasakan oleh para penggunanya.

“Walau tipis, TDP-nya 70 Watt berkat Lenovo X Power, sehingga alokasi performanya jauh lebih tinggi dan maksimal,” katanya.

Lenovo X Power adalah platform khusus di Yoga Slim 7 Pro X yang dapat mendorong performa laptop lebih bagus lagi. Software ini meningkatkan kinerja hardware sekaligus memaksimalkan software agar menambah power laptop lebih baik lagi.

“Padahal bobotnya di bawah 1,5 kg, tapi power-nya besar,” imbuh Hendry.

Spesifikasinya jauh lebih yahud berkat RAM 32 GB LPDDR5 dan SSD 1 TB berjenis PCIe Gen 4.0 yang lebih ngebut dari generasi sebelumnya. Ditambah, baterai 70 Wh yang memungkinkan pemakaian berjam-jam lamanya.

Selain itu, Lenovo Yoga Slim 7 Pro X menjadi laptop pertama dengan layar 14,5 inci yang beresolusi 3K dan refresh rate 120Hz. Hanya saja, panel yang digunakannya adalah IPS LCD, bukan OLED seperti Yoga 7 atau Yoga Slim 7 Pro.

Fitur lainnya, laptop ini sudah dilengkapi dengan speaker stereo yang diracik Harman dan didukung Dolby Atmos, WiFi 6E dan Windows 11 Home. Perihal harga, Lenovo Yoga Slim 7 Pro X dijual Rp24,4 jutaan di Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini