icon-category Auto

Mengenal Mesin eSP+ yang Akan Dibawa Honda ADV 160

  • 22 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: AHM)

    Uzone.id - Honda telah mengembangkan sistem mesin eSP+ untuk skuter matik kecil dan medium yang disempurnakan dari eSP sehingga punya output yang praktis, daya tahan tinggi, senyap dan irit bensin.

    eSP+ menggunakan 4-valve dan teknologi pengurangan gesekan yang baru sehingga menciptakan karakteristik daya yang lebih kuat dan lebih ramah lingkungan.

    Mesin eSP+ ini sudah diterapkan pada tipe mesin KF47E 156,9 cc yang kini dibawa oleh PCX 160 dan Vario 160.

    Setelah kedua model skutik tersebut, giliran ADV 160 yang membawa mesin tersebut. Astra Honda Motor (AHM) rencananya mengenalkan ADV 160 untuk pertama kalinya pada 24 Juni 2022.

    Mungkin bagi sebagian orang masih belum tahu banyak mengenai kinerja mesin eSP+. Nah, berikut ini beberapa kelebihannya, seperti dilansir Honda Global.

    BACA JUGA: Volvo XC40 Recharge Mendarat di Indonesia, Lawannya Tesla Model Y Nih!

    Teknologi Peningkatan Output

    eSP+ mengusung mekanisme 4-valve, bore x stroke baru, cranksaft lebih rigid, dan mekanisme jet piston untuk meningkatkan output daya.

    Hal tersebut memungkinkan eSP+ bisa punya kinerja yang baik.

    1 Mekanisme 4-valve

    eSP biasa memakai mekanisme 2-valve, sedangkan eSP+ mendapat mekanisme 4-valve.

    Dengan bertambahnya valve atau katup, maka bisa meningkatkan efisiensi asupan campuran udaran dan efisiensi pembuangan gas hasil pemgbakaran sehingga menghasilkan output daya lebih tinggi.

    2. Pembaruan Bore x Stroke

    Bore atau diameter silender telah diperbesar, kemudian stroke atau jarak piston yang bergerak maju-mundur telah dikurangi.

    Hal itu berkontribusi pada peningkatan output daya dengan meningkatkan luas total katup dan mengurangi resistensi geser karena stroke yang pendek.

    3. Menambah Rigid di Sekitar Crankshaft

    Crankshaft atau poros engkol mendapat rancangan baru untuk meningkatkan rigid atau kekakuan.

    Bantalan rol dipakai untuk sisi kanak engkol. Hal itu mencegah poros engkol membelok karena inersia dan energi pembakaran pada rpm tinggi, sehingga menghasilkan peningkatan output serta mengurangi kebisingan dan getaran.

    4. Oli Piston Jet

    Oli Piston Jet pakai teknologi output daya tinggi yang mengadopsi CRF450R dan model lainnya.

    Dengan menyuntikkan oli mesin di sisi belakang piston, maka secara efisien mendinginkan piston dan menekan pembakaran yang tidak normal seperti knocking.

    BACA JUGA: AHM Rilis Teaser Kedua Skutik Terbaru, Pakai Mesin 160 dan eSP+

    Teknologi untuk Pengurangan Gesekan

    Selain teknologi pengurangan gesekan yang sudah diterapkan sejak lama, seperti roller rocker arms, silinder offset, dan Spiny Sleeve atau dinding luar silinder yang memiliki tonjolan-tonjolan, banyak teknologi baru yang dikembangkan agar irit bensin.

    1. Sistem Pemasukan Udara

    Jalur pemasukan udara setiap kompinen dari pembersih udara ke pipa saluran masuk telah diperbesar sehingga berkontribusi pada output daya lebih tinggi.

    2. Sistem Exhaust

    Pipa yang menghubungkan ruang ekspansi di dalam knalpot telah diluruskan sehingga mengurangi hambatan gas buang dan performa lebih bertenaga.

    Penempatan katalis juga dioptimalkan agar meningkatkan penyaringan gas buang.

    3. Belt Bergigi Ganda

    Belt penggerak yang digunakan untuk memindahkan gigi adalah belt bergigi ganda dengan roda bergigi di bagian luar dan dalam.

    Dibandingkan dengan struktur roda gigi tunggal, sabuk roda gigi ganda lebih lembut dalam arah pembengkokan dan memiliki rigid yang lebih tinggi terhadap tekanan dari samping.

    Karakteristik tersebut mengurangi resistensi yang dihasilkan saat menekuk dan menekan gesekan. Deformasi yang disebabkan oleh tekanan yang diberikan dari puli ke sisi belt ditekan, menghasilkan output transmisi yang sangat efisien dengan lebih sedikit kehilangan tenaga penggerak, dan irit bensin.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini