icon-category Gadget

Realme GT Neo 3T vs Poco F4: Lebih Bagus Mana?

Uzone.id - Poco dan Realme itu seperti musuh bebuyutan. Ketika Realme merilis produk baru, Poco pun bakal memasarkan perangkat di segmen yang sama dan begitu sebaliknya. Terbaru, kedua perusahaan meluncurkan Poco F4 dan Realme GT Neo 3T yang punya spesifikasi dapur pacu nyaris serupa.

Baik Poco F4 dan Realme GT Neo 3T ditenagai oleh prosesor Snapdragon 870 dari Qualcomm. Keduanya juga dipasarkan dengan harga berdekatan di Indonesia.

Realme GT Neo 3T dijual di harga Rp5,4 jutaan untuk model 8/128 GB. Sedangkan Poco F4 dipasarkan pada harga Rp5,1 jutaan untuk varian 6/128 GB dan Rp5,6 jutaan untuk model 8/256 GB.

Pasti beberapa di antara kalian bakal tanya ke kita nih, lebih bagus mana antara Realme GT Neo 3T dan Poco F4? Untuk menjawabnya, tim Uzone.id telah merangkum perbandingan kedua ponsel baru ini untuk kalian. Check this out!

Baca juga: Review Lengkap Poco F4 GT

Desain Realme GT Neo 3T lebih kece

Foto: GSMArena

Subjektif memang kalau soal desain ini. Tapi pada bagian desain serta bentuk, Realme GT Neo 3T terlihat lebih menarik ketimbang Poco F4. Seri GT terbaru dari Realme saat ini mengusung tema utama balap mobil.

Realme GT Neo 3T memiliki dua opsi warna, Dash Yellow dan Shade Black. Untuk Shade Black sih terlihat mainstream seperti ponsel Android pada umumnya. Warna ini menampilkan kelir hitam dengan efek pantulan cahaya yang membuatnya terlihat sedikit lebih elegan.

Justru warna Dash Yellow yang kelihatan berbeda. Warna ini diberikan aksen seperti bendera finish di balap mobil sirkuit. Aksennya terlihat halus, saat terkena paparan cahaya yang pas barulah bendera khas di arena mobil balap bakal muncul dengan jelas.

Berbeda dengan Poco F4, tampilannya memang lebih premium ketimbang seri sebelumnya. Bodi belakangnya berjenis kaca yang dilapisi tiga warna yang eye-catching.

Moonlight Silver yang kelihatan mewah dengan efek pantulan cahaya yang cantik, Night Black yang berkesan elegan, serta Nebula Green yang tampil beda dengan warna hijau mudanya yang cantik.

Memang kelihatan mahal, tapi konsep warna gradasi dan efek pantulan cahaya ini sudah mainstream. Kami apresiasi bodi kaca yang diusung Poco F4, namun tanpa lapisan anti-glare membuat bodinya mudah kotor akibat jejak sidik jari.

Kendati begitu, Poco F4 punya kelebihan dibanding Realme GT Neo 3T. Smartphone baru Poco itu sudah mengantongi rating IP53 tahan percikan air dan debu.

Baca juga: Upgrade Fitur di Poco F4

Soal layar, Poco F4 unggul

Di atas kertas, Poco F4 punya layar yang lebih bagus. Smartphone ini mengusung panel AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+, refresh rate sudah 120Hz, mengantongi HDR10+, sudah mendukung Dolby Vision dan punya intensitas cahaya maksimal 1.300 nits.

Realme GT Neo 3T memiliki spesifikasi layar yang sama, beda dari ukuran saja yang lebih kecil dan ketiadaan fitur Dolby Vision. Layar smartphone ini berukuran 6,62 inci saja dan sama-sama dilapisi oleh Gorilla Glass 5.

Realme GT Neo 3T punya keunggulan pada sensor sidik jarinya yang disematkan di dalam layar. Sementara Poco F4, masih menggunakan sensor pembaca sidik jari konvensional yang ditaruh pada tombol power.

Baca juga: Review Realme GT Neo 3

Dapur pacu seimbang

Poco F4 dan Realme GT Neo 3T ditenagai oleh prosesor yang sama, Snapdragon 870. Prosesor seri tahun lalu memang, namun sejauh ini masih tergolong powerful untuk menjalankan aplikasi dan game berat di Android.

Snapdragon 870 merupakan prosesor 7nm dengan clock-speed tertinggi untuk performance core. Kecepatan maksimumnya 3,2 GHz dan memiliki kartu grafis Adreno 650 yang masih andal untuk bermain game AAA di Android.

Poco F4 dilengkapi dengan variasi RAM dan memori penyimpanan yang lebih luwes. RAM minimalnya 6 GB dengan paling terbesar 8 GB. Sedangkan Realme GT Neo 3T cuma 8 GB saja.

Soal memori penyimpanan Poco F4 juga menyediakan minimal 128 GB dan maksimal 256 GB. Sayang, Realme GT Neo 3T cuma 128 GB saja.

Baca juga: Wujud Realme GT Neo 3 Naruto Edition yang Menggoda

Baterai Realme GT Neo 3T lebih oke

Realme GT Neo 3T unggul kembali ketimbang Poco F4 di sektor baterai. Smartphone baru Realme itu ditopang oleh baterai 5.000 mAh yang lebih besar 500 mAh ketimbang Poco F4.

Selain lebih besar, teknologi fast charging Realme GT Neo 3T juga unggul jauh. Ponsel tersebut mendukung fitur fast charging 80W, jauh lebih cepat daripada 67W besutan Poco F4.

Kamera Poco F4 sudah dukung OIS

Baik Poco F4 dan Realme GT Neo 3T memiliki konfigurasi kamera belakang yang sama. Keduanya dilengkapi kamera utama 64MP, kamera ultra wide 8MP serta kamera makro 2MP. 

Bedanya, kamera utama Poco F4 sudah didukung optical image stabilization atau OIS. Penyertaan OIS membuat stabilisasi gambar makin terjaga. 

Hardware ini membuat gambar minim blur dan sangat membantu dalam pengambilan foto malam agar tampak cerah dan minim noise. Dengan adanya OIS juga, para pengguna bisa merekam video ala vlog secara stabil. 

Sementara kamera depan, Poco F4 juga unggul dengan mengandalkan sensor 20MP. Beda dengan Realme GT Neo 3T yang mengusung kamera 16MP.

Baca juga: Daftar Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1

Kesimpulan

Realme GT Neo 3T dan Poco F4 sebenarnya cukup seimbang, baik dari harga, fitur, sampai spesifikasi yang diusungnya. Soal desain ponsel andalan Realme terlihat lebih cantik, namun Poco F4 sudah mengantongi rating IP53 dan punya bodi kaca yang lebih mewah.

Bagian layar, Poco F4 memang unggul berkat fitur Dolby Vision. Kendati begitu, keduanya sama-sama dibekali dengan jenis dan ukuran layar yang hampir mirip.

Spesifikasi dapur pacu sudah pasti setara berkat penggunaan Snapdragon 870. Cuma, Poco menyediakan pilihan RAM dan penyimpanan internal yang lebih variatif, sehingga membebaskan pengguna untuk memilih model sesuai anggaran dan kebutuhan.

Sektor kamera, kami rasa Poco F4 unggul telak di sini. Kehadiran OIS sudah sulit untuk dilawan balik oleh Realme GT Neo 3T. Well, bagaimana menurut kalian? Pilih mana nih di antara keduanya?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini