icon-category Gadget

Upgrade Fitur di Poco F4 5G, dari Desain Sampai Kamera OIS

Poco F4 5G (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Poco F4 5G akhirnya resmi diperkenalkan secara global. Walau di Indonesia belum meluncur resmi, tapi kami mendapatkan kesempatan sebagai salah satu orang pertama yang menggenggam dan menggunakan suksesor dari Poco F3 ini.

Poco F4 5G mendapatkan upgrade spesifikasi yang lumayan signifikan ketimbang generasi sebelumnya. Di samping itu, desainnya pun benar-benar berbeda, terlihat lebih mewah dan premium ketimbang Poco F Series lainnya.

Dari segi prosesor, bolehlah Poco F4 5G masih mengandalkan Snapdragon 870 yang juga mereka pakai di seri Poco F3. Perwakilan Poco Indonesia mengatakan, chipset ini masih sangat layak digunakan di tahun ini.

Alasannya, Snapdragon 870 menyuguhkan clock-speed yang tinggi pada performance core-nya yang mencapai 3,2 GHz. Prosesor ini juga memberikan kinerja yang stabil untuk penggunaan sehari-hari, termasuk untuk gaming kelas berat.

Baca juga: Daftar Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1

Walau prosesornya sama, tapi ada beberapa upgrade atau peningkatan spesifikasi maupun desain yang didapatkan oleh Poco F4 5G. Berikut tim Uzone.id telah merangkumkannya untuk kalian.

Bodi Langsing, Tampilan Premium

Poco F Series biasanya menampilkan desain yang tidak terlalu mewah, tapi juga tidak jelek-jelek amat. Boleh dibilang, desain smartphone Poco ini tergolong biasa saja.

Wajar sih, karena Poco sendiri mengedepankan performa ketimbang gimmick yang kadang tak dibutuhkan oleh pengguna. Target utama brand ini adalah seseorang yang perlu ponsel kencang untuk mendukungnya dalam bekerja, gaming, maupun aktivitas sehari-hari.

Kini Poco F4 5G menampilkan desain yang berkelas, gayanya ala ponsel flagship zaman sekarang. Ada tiga warna yang disediakan oleh Poco Indonesia untuk smartphone ini, yaitu Moonlight Silver yang kelihatan mewah dengan efek pantulan cahaya yang indah, Night Black yang berkesan elegan, serta Nebula Green yang tampil beda dengan warna hijau mudanya yang cantik.

Seluruh warna ini melapisi bodi kaca yang benar-benar premium. Beneran terlihat beda ketimbang Poco F3 desainnya. Hanya saja, warna yang glossy dengan bodi kacanya membuat ponsel begitu mudah tertempel sidik jari.

Selama menjajalnya, ponsel ini nyaman digenggam. Bingkai bodinya flat alias datar, mirip-mirip smartphone Android lainnya yang beredar di Indonesia. Namun berkat lengkungan di tiap sudutnya, ponsel ini pas di tangan kami yang berukuran agak besar.

Di bagian depan, terpampang layar AMOLED E4 berukuran 6,67 inci yang sama seperti Poco F3. Letak punch-hole pun persis, berada di tengah atas sebagai tempat bagi kamera selfie 20MP. 

Panel layar ini mendukung HDR10+ dan refresh rate 120Hz yang kencang. Layarnya juga mendukung TruColor Display, sehingga bisa menghasilkan kualitas warna yang nyata. 

Baca juga: Review Lengkap Redmi 10A

Di bagian bawah, terdapat dual SIM tray, mikrofon, port USB-C dan speaker. Di sisi kanan, ada tombol power yang berguna juga sebagai sensor sidik jari dan tombol volume. Di atas, ada mikrofon, IR blaster dan speaker lainnya.

LiquidCool Technology 2.0, RAM LPDDR5 & Memori UFS 3.1

Snapdragon 870 memang bukan chipset medioker. Prosesor ini termasuk chipset yang begitu kencang, terbukti dengan kecepatan pada performance core-nya yang mencapai 3,2 GHz, salah satu yang tertinggi saat ini.

Namun tetap saja, prosesor flagship yang kencang biasanya menghasilkan suhu yang di atas rata-rata prosesor kelas menengah. Sadar akan hal tersebut, Poco pun melengkapi F4 5G dengan LiquidCool Technology 2.0 berupa vapor chamber berukuran besar untuk pendinginan CPU yang optimal. 

Kinerjanya makin menggila berkat RAM berjenis LPDDR5 hingga 8 GB serta memori penyimpanan UFS 3.1 sampai 256 GB. Perpaduan teknologi tersebut membuat Poco F4 5G mampu menjalani berbagai tugas berat tanpa kendala yang berarti.

Fast Charging 67W

Salah satu peningkatan signifikan yang dibawa Poco F4 5G. Smartphone ini ditunjang oleh baterai 4.500 mAh yang dapat diisi dengan waktu yang amat singkat berkat teknologi 67W Turbo Charging.

Dari pengujian internal Poco Indonesia, ngecas dari baterai habis hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 38 menit saja. Sebelumnya, fast charging 33W perlu waktu hampir sejam untuk mengisi penuh baterai Poco F3 dengan kapasitas yang sama.

Baca juga: Tampilan Poco F4 5G yang Berkelas

Bukan cuma cepat, tapi juga aman. Poco menggunakan teknologi MMT (Middle-Middle Tab), metode pengisian daya yang  membagi arus listrik ke dua arah untuk meningkatkan stabilitas pada saat pengisian daya dan membuat baterai menjadi lebih tahan lama.

Kamera dengan OIS

Upgrade gila lainnya dari Poco F4 5G. Untuk pertama kalinya, Poco F Series memiliki ponsel dengan kamera berfitur OIS atau optical image stabilization. Poco F4 5G dibekali dengan kamera utama 64MP f/1.79 yang begitu sensitif terhadap cahaya, sehingga diklaim mampu menangkap gambar di kondisi low-light dengan hasil yang maksimal.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Murah untuk Gaming

Penyertaan OIS pun membuat stabilisasi gambar makin terjaga. Sebab, hardware ini membuat gambar minim blur dan sangat membantu dalam pengambilan foto malam agar tampak cerah dan minim noise.

Dengan adanya OIS juga, para pengguna bisa merekam video ala vlog secara stabil. Poco Indonesia mengatakan, hal ini membuat Poco F4 5G tak cuma cocok buat para gamer, tapi juga untuk kreator konten juga.

Kamera 64MP dipasangkan dengan kamera ultra wide 8MP yang memiliki sudut sampai 119 derajat serta kamera makro 2MP untuk memotret jarak dekat.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini