icon-category Gadget

Realme Narzo 50 5G dan 9i Tiba di Indonesia, Harganya Mulai Rp2 Jutaan

Realme Narzo 50 5G (Foto: Realme Indonesia)

Uzone.id - Duo Realme Narzo 50 5G dan Realme 9i telah melakukan debutnya di Indonesia. Keduanya menjadi tumpuan baru Realme untuk bersaing di segmen ponsel menengah dengan harga Rp2 - 3 jutaan.

Realme Narzo 50 5G menjadi model paling menarik yang diperkenalkan. Desainnya kekinian, bentuknya ramping, ditenagai spesifikasi yang mantap, dan pastinya punya harga bersahabat.

Performa Realme Narzo 50 5G ditopang prosesor kelas menengah MediaTek Dimensity 810. Chipset berbasis 6nm tersebut membawa dua kluster CPU yang terdiri dari 2-core ARM Cortex A76 pada kecepatan 2,4 GHz dan 6-core Cortex A55 dengan kecepatan 2 GHz.

“Proses 6nm terbaru pun lebih halus, lebih canggih, dan memiliki kerapatan transistor lebih tinggi daripada proses 7nm, sehingga menghasilkan konsumsi daya yang lebih rendah, yang secara efektif memperpanjang masa pakai baterai bahkan untuk pengguna yang menuntut kerja lebih,” klaim Realme.

Kinerjanya pun dibantu dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Kalau merasa tak cukup dengan penyimpanannya, Anda bisa menambahkan microSD sebesar 1 TB ke dalamnya.

Baca juga: Realme Smart TV Stick Ubah TV Kuno jadi Canggih

Diplot sebagai ponsel gaming kelas menengah, Realme Narzo 50 5G menampilkan layar IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ dan dukungan refresh rate 90Hz. Tepat di atasnya, tersedia pula kamera selfie 8MP.

Realme Narzo 50 5G tampil dengan desain cukup mainstream di kelas menengah. Bingkainya datar dengan sudut yang melengkung halus. Pilihan warnanya pun terbilang standar, hanya Hyper Blue dan Hyper Black saja.

Desain belakangnya kurang lebih sama dengan seri ponsel menengah Realme lainnya, termasuk bentuk dari modul kameranya. Terdapat dua kamera belakang pada bingkai kameranya yang besar, 48MP untuk kamera utama dan 8MP sebagai kamera ultrawide.

Baca juga: Harga Realme 9 Pro+ Free Fire Edition

Untuk menopang smartphone secara keseluruhan, Realme Narzo 50 5G dilengkapi dengan baterai 5.000 mAh yang dapat diisi dalam waktu singkat berkat fast charging 33W. Pengguna tetap mendapatkan adaptor charger dan kabel USB-C dalam paket penjualan.

Paket penjualan dari Realme Narzo 50 5G

“Baterai cukup efisien karena didukung oleh chipset Dimensity 810 dengan fabrikasi yang kecil,” klaim J.J. Kwan selaku Global Product Marketing Lead Realme.

Fitur lainnya, smartphone ini sudah berjalan di sistem operasi Android 12 berbalut Realme UI yang baru, speaker stereo, dan NFC.

Spesifikasi Realme 9i

Realme 9i (Foto: Realme Indonesia)

Menemani Narzo 50 5G, Realme 9i juga turut diperkenalkan di Indonesia. Secara kasat mata, desain ponsel ini cukup mirip dengan seri Narzo terbaru, baik itu pilihan warna dan bentuk bingkai kameranya.

Perbedaan mencolok pada bagian desain terletak pada bentuk bingkai bodinya yang melengkung serta letak kamera selfie yang berada di sudut kiri atas layar.

Alih-alih menggunakan prosesor yang sama dengan Narzo 50 5G, Realme 9i justru ditenagai SoC (system on chip) Snapdragon 680 terbaru, Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 6nm, sehingga semestinya memiliki efisiensi baterai yang tinggi juga.

Realme mengklaim, Snapdragon 680 memiliki peningkatan CPU sebesar 25% dan memerlukan daya baterai 62% lebih sedikit. Kendati demikian, performanya 46% lebih banyak jika dibandingkan dengan prosesor berarsitektur 12nm.

Ada dua versi RAM dan memori penyimpanan yang dibawanya, 4 GB dan 64 GB serta 6 GB dan 128 GB. Kedua varian sama-sama mendukung slot microSD hingga 1 TB, jaga-jaga apabila pengguna membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Baca juga: Ragam Fitur di Realme Narzo 50A Prime

Realme 9i punya panel dan ukuran layar yang sama dengan Narzo 50 5G. Begitu juga dengan kemampuan refresh rate-nya. Layar smartphone murah Realme ini bisa berjalan pada 30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, sampai 90Hz, tergantung skenario penggunaan.

Tepat di pojok kiri layar, ada kamera selfie 16MP yang juga bertugas sebagai pembuka kunci layar. Sementara di belakang, ada kamera 50MP dan 2MP untuk memotret makro.

Realme 9i sudah dibekali dengan baterai 5.000 mAh dengan fast charging 33W. Beruntung, Realme tetap menyertakan adaptor charger dan kabel USB-C pada boks pembelian.

Fitur lainnya, smartphone ini sudah berjalan pada Realme UI berbasis Android 12 dan memiliki speaker stereo. Sayangnya, tak ada dukungan NFC pada ponsel baru tersebut.

Harga Realme Narzo 50 5G dan Realme 9i

Realme Narzo 50 5G dijual dengan harga khusus Rp3.299.000, sementara Realme 9i dengan model 4/64 GB dibanderol Rp2.649.000 dan varian 6/128 GB dipasarkan Rp2.949.000. Realme memberikan harga khusus pada program pre order di tanggal 24-27 Mei 2022 dan flash sale pada 28 Mei pukul 12.00 WIB.

Program ini digelar di Shopee, Lazada, JD.ID, Akulaku, Blibli, Tokopedia, Realme.com, dan TikTok Shop. Penjualan perdana dimulai pada 28 Mei untuk Realme 9i dan 4 Juni untuk Realme Narzo 50 5G.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini