icon-category Gadget

Daftar Smartphone Bertenaga Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1

Ilustrasi kencangnya prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Snapdragon 8+ Gen 1 merupakan salah satu jenis prosesor mobile paling kencang saat ini. Smartphone dengan SoC (system on chip) besutan Qualcomm itu bahkan bertengger di posisi teratas smartphone paling ngebut sedunia versi AnTuTu Benchmark.

Snapdragon 8+ Gen 1 merupakan prosesor terbaru yang dirancang dengan fabrikasi 4nm TSMC. Diklaim, prosesor ini lebih adem, kencang dan hemat daya ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 yang dibuat dengan arsitektur 4nm Samsung.

Prosesor ini terdiri dari tiga kluster dengan core utama berkecepatan 3,2 GHz yang lebih kencang dari Snapdragon 8 Gen 1 yang punya clock-speed 3 GHz. Dua kluster lainnya juga lebih cepat dari seri sebelumnya.

Dengan spesifikasi yang lebih mantap, wajar kalau Qualcomm menjanjikan kinerja CPU dan GPU 10% makin kencang dan AI engine 15% lebih pintar. Berkat arsitektur 4nm TSMC, Snapdragon 8+ Gen 1 juga 15 persen lebih hemat daya.

Baca juga: Adu Kuat Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 1

Saat ini, ada cukup banyak smartphone dengan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang beredar di pasaran. Bahkan beberapa di antaranya sudah dijual resmi di Indonesia. Berikut ini daftar smartphone Android yang ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1.

Samsung Galaxy Z Flip4

 

Smartphone lipat terbaru Samsung ini jadi model pertama di Indonesia dengan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Samsung Galaxy Z Flip4 dijual dengan harga mulai Rp13,9 jutaan saja, tergolong cukup terjangkau apabila melihat beragam upgrade yang disisipkan Samsung untuk smartphone ini.

Samsung Galaxy Z Flip4 memiliki dua layar. Layar bagian dalamnya berjenis Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inci dan sudah beresolusi Full HD+ serta didukung refresh rate 120Hz. Sementara layar bagian luarnya 1,9 inci berjenis AMOLED dengan resolusi 512 x 260 piksel.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Flip4: Disempurnakan, Harganya Murah Pula

Walau desainnya serupa, smartphone ini telah diperkuat oleh material dan mekanisme engsel yang lebih tangguh. Dari pengujian internal Samsung, engsel ini masih berfungsi dengan baik walau sudah melewati 200.000 siklus buka-tutup.

Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1, Samsung Galaxy Z Flip4 mampu menyuguhkan performa yang ngegas dan efisien di setiap skenario penggunaan, termasuk main game.

Samsung Galaxy Z Fold4

 

Bersama dengan Z Flip4, Samsung Galaxy Z Fold4 juga jadi yang pertama di Indonesia dengan chipset paling kencang dari Qualcomm ini. Prosesor ini menopang segala proses berat yang dilakukan pengguna pada smartphone, termasuk multi-tasking sampai main game Android berkualitas AAA.

Kuatnya kinerja Snapdragon 8+ Gen 1 didukung pula oleh dua layar luas pada Samsung Galaxy Z Fold4. Pengguna dapat menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu melalui layar bagian dalam berukuran 7,6 inci berjenis Dynamic AMOLED 2X.

Baca juga: Review: Samsung Galaxy Fold4 5G, Seperti PC di Dalam Saku

Kalau mau main game dengan grip yang lebih oke, layar bagian luar berukuran 6,2 inci pun siap memuaskan visualisasi kalian para gamer hardcore

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold4 dibanderol dengan harga mulai Rp24,9 jutaan. Harga yang adil untuk sebuah smartphone baru yang membawa inovasi dan teknologi yang lebih canggih dari lainnya. 

Asus ROG Phone 6

Asus ROG Phone 6 baru saja diluncurkan di Indonesia. Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 dan didukung oleh berbagai macam fitur gaming di dalamnya, membuat pengguna bisa bermain game Android apapun tanpa ada kendala yang berarti.

Smartphone gaming terbaru dari Asus itu dilengkapi oleh layar AMOLED berukuran 6,78 inci dengan frekuensi refresh rate yang amat tinggi mencapai 165Hz. 

Bukan sekadar gimmick belaka, ditunjang oleh Snapdragon 8+ Gen 1 membuat beberapa game AAA di Android bisa ditampilkan pada frekuensi FPS yang tinggi. Asus Indonesia bahkan mengklaim, game seberat Genshin Impact saja dapat dimainkan di atas 60 FPS pada kualitas grafis tertinggi.

Disandingkan dengan Snapdragon 8+ Gen 1, ROG Phone 6 memiliki RAM berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 8 GB dan 12 GB.

Asus ROG Phone 6 dijual dengan harga mulai Rp10,9 jutaan untuk model 8/256 GB dan Rp13,9 jutaan untuk varian 12/256 GB.

Asus ROG Phone 6 Pro

Sesuai namanya, model Pro memang punya spesifikasi yang jauh lebih advanced. Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 pada smartphone ini dipadukan dengan RAM 18 GB LPDDR5 dan memori penyimpanan UFS 3.1 sebesar 512 GB.

Pembeda lain yang dibawa Asus ROG Phone 6 Pro adalah layar sekunder berjenis PMOLED ROG Vision yang dapat menampilkan grafik dengan pengaturan yang sudah disesuaikan. 

Baca juga: Melirik Smartphone Android Terkencang yang Masuk Indonesia

Layar ini pun bisa menampilkan notifikasi panggilan masuk, memulai game, mengisi daya, dan masih banyak lagi. Sebanyak 60 animasi baru juga turut ditambahkan Asus ke tampilan ROG Vision.

Sementara spesifikasi sisanya, Asus ROG Phone 6 Pro membawa konfigurasi yang kurang lebih sama. Soal harga, smartphone ini dijual Rp18,9 jutaan di Indonesia.

Realme GT 2 Explorer Master Edition

Smartphone ini memang tak dijual resmi di Indonesia. Meski demikian, Realme GT 2 Explorer Master Edition jadi ponsel pertama dari perusahaan yang ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1.

Buat kalian yang gak tau, seri Explorer Master Edition ini dirancang oleh desainer Jae-Jung, perancang busana di The North Face dan pendiri Door, serta sebelumnya sebagai salah satu perancang di rumah mode Ralph Lauren.

Bentuknya terinspirasi dari koper klasik, Realme menyebutnya sebagai ‘Travel Trunk’. Desainnya klasik, tapi dapur pacunya sangatlah flagship.

Baca juga: Tampang Retro dan Berkelas Realme GT 2 Explorer Master

Smartphone baru Realme itu dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+. Layar tersebut mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz, cakupan warna 100% DCI-P3, sampai dukungan HDR10+. 

Selain ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1, RAM ponsel ini sudah berjenis LPDDR5X yang lebih baik dari LPDDR5. Ditambah dengan memori penyimpanan UFS 3.1 dengan write dan read speed yang lebih cepat dari UFS 2.2.

Realme GT 2 Explorer Master Edition hanya dijual di China saja dengan harga mulai CNY3.499 atau sekitar Rp7,7 jutaan. 

Xiaomi 12S

Berikutnya Xiaomi yang tak ketinggalan meluncurkan smartphone dengan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Xiaomi 12S merupakan smartphone high-end murah yang cuma dijual eksklusif di China saja.

Harganya terbilang murah, mulai CNY4.000 atau setara dengan Rp8,9 jutaan saja untuk model terendahnya. 

Dari bentuknya, Xiaomi 12S punya desain yang kurang lebih sama dengan Xiaomi 12 Series yang beredar di Indonesia. Perbedaannya terletak pada dapur pacu dan konfigurasi kamera yang lebih unggul.

Xiaomi 12S sudah ditunjang oleh Snapdragon 8+ Gen 1 yang menawarkan performa 10 persen lebih baik dari Xiaomi 12. Pilihan memori penyimpanannya juga lebih bervariasi, mulai 128 GB, 256 GB hingga 512 GB.

Untuk kamera, Xiaomi 12S dibekali dengan kamera yang didukung teknologi pencitraan dari Leica. Termasuk, adanya filter otentik khas Leica yang dihadirkan pada aplikasi kamera bawaan Xiaomi.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12S & 12S Pro yang Resmi Meluncur

Xiaomi 12S Pro

Kalau Xiaomi 12S Pro, ukurannya lebih besar dan punya konfigurasi kamera lebih baik. Tapi soal dapur pacu, smartphone ini juga dibekali prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang kencang.

Xiaomi 12S Pro pun hanya dijual secara eksklusif di China. Harganya sudah pasti bersahabat, mulai CNY4.700 atau setara Rp10,5 jutaan saja.

Di bagian kamera, tiga kamera 50MP disematkan Xiaomi untuk smarphone ini. Tentu saja sudah diracik langsung oleh teknologi canggih leica, lengkap dengan filter-filter otentiknya.

Xiaomi 12S Ultra

Smartphone terakhir yang sejauh ini ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 adalah Xiaomi 12S Ultra yang juga hanya tersedia di China saja.

Xiaomi 12S Ultra dipasarkan dengan harga mulai CNY5.999 atau Rp13,4 jutaan untuk model terendah dan CNY6.999 atau Rp15,6 jutaan untuk versi tertingginya.

Segala teknologi mutakhir dijejalkan pada smartphone ini, terutama bagian kameranya. Konfigurasi kamera yang dibawa ponsel ini sebenarnya mirip seperti Xiaomi Mi 11 Ultra. 

Kamera utamanya menggunakan sensor 50,3MP dengan sensor terbaru Sony IMX989 berukuran 1 inci, jadi sensor terbesar di kelasnya untuk sekarang.

Hardware kamera yang jagoan dipadukan dengan teknologi pencitraan dari Leica. Perusahaan optik asal Jerman ini membawa desain optik dan software pencitraan pada Xiaomi 12S Ultra.

Baca juga: Xiaomi 12S Ultra Bawa Kamera Paling Ajib, Harga Rp13 Jutaan

Kamera lainnya terdiri dari sepasang kamera 48MP dengan sensor Sony IMX586 berukuran 1/2.0 inci untuk ultra wide dan telephoto dengan jenis lensa periskop. Dua sensor ini mirip dengan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Berkat kemampuan Snapdragon 8+ Gen 1, Xiaomi 12S Ultra dimungkinkan merekam video di format Dolby Vision HDR. Fitur ini jadi yang pertama diimplementasikan pada smartphone Android.

Itu dia daftar smartphone yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8+ Gen 1. Menurut kalian, mana yang paling unggul? 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini