icon-category Gadget

Trio Smartphone Baru Tandai Comeback ZTE ke Indonesia

CEO of Erajaya Digital, Joy Wahjudi (kiri) dan Senior VP Asua & CIS ZTE Corporation, Mei Zhonghua (kanan) (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Comeback-nya divisi smartphone ZTE ke Indonesia tak ditandai dengan kemunculan seri flagship seperti Axon 40 Ultra, melainkan 3 ponsel dengan spesifikasi kelas entry, yakni ZTE Blade V40 Vita, Blade A72 dan Blade A52.

Mei Zhonghua selaku Senior VP Asia & CIS ZTE Corporation menyebut, ketiganya menjadi awal kembalinya merk ZTE ke Indonesia. Ke depannya, bakal lebih banyak produk yang akan diluncurkan ke tanah air.

Meski begitu, ia tak menjelaskan seri apa saja yang akan hadir ke Indonesia nantinya. "Kami ingin memudahkan konsumen untuk selalu terhubung  berbagai inovasi yang ada," katanya.

Baca juga: Spesifikasi Gahar ZTE Nubia Z40S Pro, Masuk Indonesia Gak Ya?

ZTE Blade V40 Vita

Smartphone ini punya form factor yang agak bulky. Ukurannya besar dengan bentang layar 6,75 inci beresolusi HD+. 

Agak tak seimbang memang soal resolusinya. Tapi, layar ponsel ini sudah mendukung refresh rate 90Hz yang bisa memberikan pengalaman penggunaan yang lebih mulus ketimbang 60Hz.

ZTE Blade V40 Vita punya desain yang tergolong eye catching. Salah satu warnanya menampilkan kelir biru kehijauan dengan efek gradasi dan pantulan cahaya yang berfokus bingkai kameranya.

Bentuk bingkai kameranya mirip-mirip ponsel menengah lain yang beredar di Indonesia. Tiga kamera diurutkan secara vertikal, terdiri dari 48M kamera utama dan sepasang kamera 2MP untuk makro dan depth. 

Di depan, terdapat kamera selfie 8MP yang diletakkan pada poni di atas layar. Soal fiturnya, kamera utama ZTE Blade V40 Vita mengusung fitur Ultra Res Mode untuk menghasilkan foto beresolusi tinggi.

Baca juga: ZTE Comeback! Segera Bawa Smartphone Baru ke Indonesia

Terkait dapur pacu, ZTE Blade V40 Vita ditenagai prosesor Unisoc T606 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori penyimpanan 128 GB yang bisa ditambah dengan microSD.

Seperti smartphone Android kebanyakan, ZTE Blade V40 Vita pun turut mendukung fitur RAM virtual yang bisa menambah memori sampai 2 GB.

Untuk baterai, ZTE Blade V40 Vita ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.130 mAh yang bisa diisi dalam waktu singkat dengan fast charging 22,5W. 

ZTE Blade A72

Seperti Blade V40 Vita, seri ZTE Blade A72 pun dilengkapi dengan layar seluas 6,75 inci. Resolusi dan dukungan refresh rate-nya pun serupa, demikian dengan desain layarnya yang berponi.

Hanya saja, kamera depan yang menempati notch di atas layar beresolusi lebih rendah, tepatnya 5MP saja. 

Adapun di bagian belakang, ZTE Blade A72 dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang diposisikan secara vertikal. Ketiga kamera ini memiliki konfigurasi 13MP sebagai kamera utama dan sepasang kamera 2MP untuk makro dan depth

Baca juga: 2 Fitur Baru di iPhone 14 Ternyata Nyontek Xiaomi

Dapur pacu ZTE Blade A72 yang hadir di Indonesia berbeda dengan global. Di Indonesia, smartphone ini ditenagai oleh prosesor Unisoc T606 yang turut ditunjang oleh RAM 3 GB yang bisa ditambah secara virtual sebesar 2 GB. Memori penyimpanannya 64 GB yang juga dapat ditambah dengan slot microSD.

Begitu juga dengan baterai, kapasitasnya justru lebih kecil. ZTE Blade A72 ditopang oleh baterai 5.130 mAh, bukan 6.000 mAh seperti varian yang dipasarkan secara global. Fast charging-nya sama dengan Blade V40 Vita, yakni 22,5W.

ZTE Blade A52

Model terakhir sekaligus menjadi seri dengan harga paling murah, ZTE Blade A52. Smartphone ini tampil dengan layar berjenis IPS LCD berukuran 6,52 inci dan tanpa dukungan refresh rate tinggi. Resolusinya pun terasa biasa saja, cuma HD+ saja alias 720p.

Desain bagian depannya kurang lebih sama dengan dua model sebelumnya, layar memanjang dengan poni di bagian atasnya. Konfigurasi kamera depan dan belakang smartphone ini juga sama persis dengan ZTE Blade A72.

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi 12T Series, Punya Kamera 200MP dengan OIS

Hal yang jadi pembeda adalah dapur pacunya. ZTE Blade A52 ditenagai Unisoc SC9863A, RAM 4 GB yang bisa ditambah secara virtual serta memori penyimpanan 64 GB yang bisa ditambah dengan microSD sampai 512 GB.

Sementara baterai, kapasitasnya 5.000 mAh saja tanpa dukungan fast charging sama sekali. 

Harga dan ketersediaan

ZTE Blade A52 sebagai model terendah dijual dengan harga Rp1.749.000, sementara Blade A72 yang jadi versi menengah dilepas di harga mulai Rp1.899.000. Sedangkan ZTE Blade V40 Vita dipasarkan di harga Rp2.299.000.

Ketiganya sudah tersedia di Indonesia melalui jaringan Erafone, situs resmi Eraspace.com dan official store di Tokopedia dan Shopee.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini