Tips Memilih Smartphone Idaman, Jangan SampaiZonk!

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Memilihsmartphoneuntuk diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Apalagi setiap bulannya pasti saja adabrandyang melahirkan produk barunya di Indonesia, pastinya bakal makin bikin bingung mau memilihsmartphoneterbaik untuk dijadikandaily driver.

Smartphonebukan lagi menjadi kebutuhan tersier, melainkan keperluan primer yang sangat dibutuhkan saat ini. Namun dengan harga yang cukup mahal bagi segelintir orang, tentu harus bijak dalam membelanjakan uang untuk membelismartphoneidaman.

Nah, biar kalian gak salah pilih karena banyaknya pilihan di depan mata, berikut ini timUzone.idmembagikan beberapa tips untuk memilihsmartphoneterbaik buat kalian.

Tentukanbudget

Tips pertama, tentukan berapa batas minimum dan maksimal dana yang mau kalian keluarkan untuk membelismartphone. Tentunya, sesuaikan dengan kondisi keuangan kalian, kebutuhan dan jangan terlalu memaksakan.

Kalau membelismartphonebaru hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan dasar saja, kita sarankan untuk tidak membelismartphonedengan harga yang tinggi.

Ponsel dengan rentang harga Rp2 juta hingga Rp4 juta saat ini sudah terbilang bagus, mulai dari desain, spesifikasi, hingga fiturnya. 

Baca juga:Menanti Laptop Layar Lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED ke Indonesia

Smartphonekeluaran merek asal China seperti Xiaomi, Poco, hingga Realme misalnya, mereka rutin mengeluarkansmartphoneterjangkau dengan fitur yang sudah cukup untuk menunjang aktivitas harian pengguna.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Relatesama tips pertama, yakni sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Caranya, dengan menyusun fitur paling penting darismartphoneyang biasa kalian gunakan sehari-hari. Kemudian, gunakan daftar tersebut untuk membandingkansmartphoneyang pas. 

Misalnya saja, kalian merupakan orang yang gemartravelling, tentu konfigurasi kamera dan baterai menjadi dua fitur utama untuk mendukung aktivitas tersebut. 

Beda hal bagi orang yang seringnya kerja di luar ataumobile, maka ponsel dengan layar besar, prosesor andal untukmulti-taskingdan baterai dengan dukunganfast chargingyang harus kalian incar. 

Jika kalian mencarismartphoneuntuk mendukung aktivitasgaming, masukkan fitur seperti layar denganrefresh ratetinggi, prosesor yang ngebut dengan penyimpanan internal luas, serta baterai yang besar ke dalam daftar kebutuhan.

Namun harus diingat, semakin banyak fitur yang kalian incar, maka berbanding lurus dengan harga ponsel yang semakin tinggi.

Apabila kalian mencarismartphonedengan layar yang lebih luas, prosesor untuk menunjanggaming, memori penyimpanan yang besar, baterai jumbo denganfast charging, hingga kamera yangproper, makasmartphone flagshiplah jawabannya.

Pilih Android atau iOS?

Setelah merumuskan daftar, tips berikutnya adalah mempertimbangkan ingin menggunakansmartphoneberbasis Android atau iOS. Kedua sistem operasi ini memang dikenal sebagai dua OSmobileterbesar saat ini.

Keduanya mudah digunakan, mendukung berbagai macam aplikasi dangame, serta menyediakanupdatesoftwaredan keamanan yang rutin digulirkan.

Android menawarkan pilihan perangkat yang lebih luas dengan harga yang bervariasi. Pilihan dengan rentang harga Rp1 jutaan hingga puluhan juta rupiah pun tersedia di pasaran.

Baca juga:10 Smartphone yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2, Incaran Kamu Ada?

SmartphoneAndroid menggunakan layanan Google sebagai basisnya, sehingga kalian akan menemui beberapa aplikasi standar seperti Gmail, Google Maps, Google Docs, Google Assistant, Google Calendar, dan sebagainya.

Sementara iOS, menawarkan pengalaman yang lebih eksklusif lantaran hanya iPhone saja yang menjalankan sistem operasi ini. Fitur-fitur khusus bisa kalian rasakan ketika menggunakan iPhone, semisal Siri, FaceTime, layanan iCloud, kemudahan memasang aplikasi di App Store, jaminan keamanan yang lebih bagus, dan sebagainya.

Kami sarankan untuk kalian menggunakansmartphonedengan sistem operasi yang biasa digunakan. Kalaupun ‘nekat’ untuk beralih sistem operasi, tentu butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan UX (user experience) dan beberapa fungsi utama yang berbeda. 

Tapi untungnya, saat ini baik Android dan iOS sudah menyediakan fitur yang memudahkan pengguna untuk beralih perangkat lintas OS dengan mudah dan cepat. 

Tentukan spesifikasi yang pas

Tips inilah yang sering bikin galau konsumen saat membelismartphone. Spesifikasi ada banyak variabelnya, mulai dari desain dan material bodi yang digunakan, jenis layar dan kualitasnya, prosesor, besaran RAM dan penyimpanan internal, kapasitas baterai dan teknologinya, konfigurasi kamera, dan sebagainya.

Desain:Memang model ponsel yang terlihat futuristik, berbeda dan unik dari lainnya merupakan godaan tersendiri. Namun cobalah untuk mengesampingkan soal desain ini, dan utamakan material danbuild qualitydarismartphoneyang ingin kalian beli.

Selain itu, perkirakan juga ukuran dimensinya, syukur-syukur kalau kalian berkesempatan mencobanya.

Rasakan, apakahsmartphoneini pas digenggaman, enak dioperasikan, dimana letak sensor sidik jarinya, terasa kokoh atau tidak, dan jangan malu untuk menanyakan jenis lapisan perlindungan pada layar. Hal ini penting, karena kalian bakal menggunakansmartphonesetiap hari dan mungkin saja hingga lebih dari setahun. 

Beberapasmartphonejuga saat ini sudah menawarkan beberapa fitur untuk menambah ketangguhannya, seperti rating IP54 tahan percikan air atau IP67/IP68 yang membuat ponsel benar-benar tahan air selama 30 menit.

Layar:Kalian pastinya akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar, jadi pastikan ukurannya dan kualitasnya sesuai. Kebanyakan dismartphonekelas menengah saat ini, resolusi layar minimal yang ditawarkan adalah Full HD, tapi dibedakan dengan aspek rasio, fiturrefresh rate, hingga jangkauan warnanya.

Tips buat kalian, cobalah untuk memperhatikan seberapa tinggi intensitas cahaya dari layarnya. Semakin tinggi, maka bakal semakin bagus untuk berbagai skenario pemakaian, baik diindoormaupunoutdoor.

Baca juga:10 Smartphone untuk Main Genshin Impact, Harga dari Rp3 Jutaan

Prosesor:Ini adalah komponen penting dari sebuahsmartphone, lantaranchipsetmerupakan otak dari ponsel yang kalian gunakan. Lagi-lagi, kembali ke kebutuhan awal kalian dalam menentukan jenis prosesornya.

Kalau senangnya bermaingamedan menjalankan aplikasi berat, disarankan untuk memilih ponsel dengan prosesor Snapdragon 700 Series, MediaTek Helio G9 Series atau Dimensity 900 Series, atau Apple A11 Bionic ke atas sebagai pertimbangan utama.

Namun jika kebutuhannya untuk pemakaian biasa,gamingsesekali, dan mementingkan efisiensi baterai,smartphonedengan prosesor Snapdragon 600 Series setara atau ke atas bisa dijadikan pilihan. Tentunya, jenissmartphoneini bakal lebih murah juga harganya.

RAM dan penyimpanan:Setidaknya ambilsmartphonedengan RAM minimum 6 GB untuk Android. Sementara untuk iPhone, RAM 3 GB saja sebenarnya sudah lebih dari cukup, lantaran sistem iOS memiliki manajemen memori yang berbeda dari Android dan tidak memerlukan banyak RAM.

Khusus Android, saat ini pun kebanyakan merek sudah menawarkan fitur ‘RAM virtual’, dimana sebagian kecil penyimpanan internal dipindahkan untuk menambah kapasitas RAM secara virtual. Hal ini cukup mengangkat kinerja darismartphone.

Sedangkan untuk penyimpanan,at leastpilihlah ponsel dengan memori minimal 64 GB. Kini, aplikasi dangameyang dipakai selalu mendapatkan pembaruan dan pastinya akan menambah kapasitasnya.

Semakin banyak aplikasi yang dipasang, maka semakin penuh juga memori penyimpanan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapasmartphonesering lemot. Usahakan jugasmartphoneyang diincar memiliki dukungan microSD untuk memori eksternal.

Baterai:Untuk menunjang aktivitas harian, baterai darismartphoneharuslah bisa bertahan sepanjang hari atau minimal selama jam kerja berlangsung. Maka sudah pasti, carilahsmartphonedengan kapasitas baterai yang besar, dan kalau bisa didukung oleh teknologifast chargingyang mumpuni untuk mempersingkat waktu pengisian daya.

Namun di bagian baterai ini, kapasitas baterai sebenarnya tak cukup. Perlu dilihat juga fitur-fitur atau aplikasi yang digunakan, resolusi dan intensitas layarnya, dan seberapa bagus efisiensi daya yang diusung oleh sistem operasinya, karena itu memengaruhi daya tahan baterai juga. 

Baca juga:Perbandingan Kamera 200 MP, 108 MP, 50 MP & 48 MP, Lebih Bagus Mana?

Kamera:Kamerasmartphonetelah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir.Smartphone low-endpun kini menawarkan resolusi kamera yang tinggi, bahkan menyamai ponsel kelas menengah.

Tapi perlu diingat, kamera yang lebih bagus tak melulu soal besaran megapiksel. Ada beberapa aspek mengapa kamera bisa dibilang berkualitas, mulai dari ISP (image signal processor) padachipset,softwarekamera dengan skema pencitraannya, AI (artificial intelligence), lensa danaperture-nya, dan tentu saja tangan si pengguna.

Kalaubudgetsedikit longgar dan memang kamera jadi fitur yang kalian utamakan, disarankan untuk memilihsmartphonedengan kamera utama denganapertureyang besar dan memiliki fitur OIS atauoptical image stabilizationuntuk stabilisasi gambar.

Kualitas OS:Catatan ini khusus untuk Android, karena banyak UI berbasis Android yang menawarkan kualitas berbeda. Namun yang harus jadi perhatian, carilah ponsel dengan OS yang nyaman, minimbloatwaredan bebas dari iklan. 

Dua hal terakhir bisa memengaruhi banyak hal, termasuk kapasitas penyimpanan yang semakin sesak,user experienceyang berkurang, serta daya tahan baterai yang bisa saja berkurang.

Itulah beberapa tips memilihsmartphoneterbaik yang harus kalian perhatikan. Namun intinya tetap pada apa kebutuhan utama kalian menggunakansmartphonedan berapabudget-nya.

Jangan mudah terlena dengan deskripsi yang ditampilkan penjual di tokoonline. Hal ini juga berlaku saat kalian ingin membeli ponsel secaraofflinedi toko ritel dekat rumah.

Cobalah melakukan riset singkat terlebih dahulu sebelum membelismartphonedengan membaca artikel atau menonton videoreviewterkaitsmartphoneyang jadi incaran. Atau, bisa juga meminta teman yang mengerti tentangsmartphonesaat kalian memutuskan ingin membeli ponsel idaman.

Uzone Choice Awards 2022

Berbicara soal pilihan terbaik, di penghujung tahun 2022, Uzone Indonesia dengan bangga mempersembahkan Uzone Choice Award yang ketiga. Acara ini dipersembahkan sebagai bentuk komitmen Uzone Indonesia untuk merespon cepatnya perkembangan di industrismartphone, otomotif dane-commerce.

Juga, menjadi ajang apresiasi dan validasi bagi seluruh insan di industri gadget, teknologi dan otomotif yang berhasil memberikan peran penting selama satu tahun ke belakang.

Baca juga:Yuk, Ramaikan Uzone Choice Award Tahun Ini!

Berbeda dengan Uzone Choice Award sebelumnya, di tahun ini acara bakal diselenggarakan secara offline. Puluhan kategori dipersiapkan, dimana pembaca pun bisa menentukan siapa yang layak memenangkan penghargaan.

Ya, penentuan Uzone Choice Award 2022 dilakukan dengan menggabungkan penilaian dari pembaca dan juga tim reviewer dari Uzone yang sudah memiliki pengalaman banyak dalam mengulas berbagai produk.

Ingat, ayo vote! Jangan golput dan jangan jadi tim mendang-mending!