icon-category Gadget

Desain Gak Biasa, Memori & Flashdisk Lexar Menang Red Dot Winner 2022

SSD Lexar SL660

Uzone.id - Peripheral atau perangkat tambahan untuk komputer pada umumnya dibuat dengan desain yang biasa saja. Namun siapa sangka, perangkat seperti memori, SSD eksternal, bahkan flashdisk yang dirancang oleh Lexar berhasil memenangkan penghargaan Red Dot Winner 2022. Memang ‘seaneh’ apa desainnya?

Red Dot Award bisa dibilang sebagai Oscar-nya untuk desain produk. Ajang ini menjadi arena pembuktian bagi produsen untuk membuat perangkat yang fungsional dan memiliki desain estetik serta berbeda dari lainnya.

Ada sekitar 50 kategori produk dengan pengajuan dari perusahaan konsumer bergengsi. Mereka bersaing untuk mendapatkan penghargaan dalam keunggulan desain yang diakui secara internasional.

Tapi desain yang dinilai bukan sekadar keren atau berbeda saja, Red Dot juga tetap menilai kualitas serta fungsional dari produk yang didaftarkan. Perusahaan pun wajib mematuhi standar yang ketat dari evaluasi penampilan dan tekstur produk.

Lexar pun menjadi salah satu brand yang mendapatkan penghargaan desain produk dari Red Dot Award 2022 melalui produk memori, SSD eksternal, hingga flashdisk.

Baca juga: Lexar Umumkan SSD Khusus Gamer PS5

SSD portabel untuk gaming, Lexar SL660 diganjar trofi Red Dot Winner 2022 berkat desainnya yang terlihat kokoh dengan adanya cahaya lampu RGB yang terlihat dinamis. SSD eksternal tersebut dibuat dengan bahan aluminium kokoh yang dilapisi oleh sandblasted finish untuk menambah perlindungan terhadap guncangan dan getaran.

Soal fitur yang dibawanya, SSD eksternal untuk gaming ini memiliki kecepatan read hingga 2.000 MB/s dan write sampai 1.900 MB/s. Port-nya sudah mendukung USB 3.2 Gen 2x2 standar memungkinkan untuk menyajikan kecepatan sangat cepat sampai 20 GB/s.

Perangkat ini juga menawarkan sistem keamanan berupa enkripsi berlapis AES 256-bit untuk melindungi data-data penggunanya dari serangan siber.

Memori yang biasanya berbentuk persegi panjang nan kaku juga dibuat unik oleh Lexar. Ares DDR5 OC UDIMM merupakan memori untuk desktop PC yang mendapatkan penghargaan Red Dot Winner 2022.

Ares DDR5 OC UDIMM

Memori tersebut didesain dengan penyebar panas aluminium yang ramping untuk menjaga sistem dan motherboard tetap dingin. Lexar membentuknya agar mirip seperti pesawat luar angkasa di film sci-fi dengan adanya garis tegas dengan desain yang modern.

Di balik desainnya yang gahar, Ares DDR5 OC UDIMM juga dipersiapkan bagi gamer, enthusiast overclocking dan kreator konten. Tingkat transfer datanya lebih dari 5.200 Mbps dan sudah didukung dengan Intel XMP 3.0 untuk memaksimalkan kecepatannya di level tertinggi.

Fitur lainnya, memori ini memiliki fitur on-die ECC yang mengoreksi kesalahan data secara real-time, manajemen daya IC (PMIC) efisien yang menjaga tegangan pengoperasian rendah di 1,25 V.

Baca juga: Harga Asus TUF Gaming A15 di Indonesia

Masih memori, giliran Ares RGB DDR4 yang memperoleh piala bergengsi dari Red Dot Award 2022. Sesuai namanya, memori ini memiliki lampu RGB yang dinamis dan bisa disesuaikan tampilan serta intensitasnya oleh pengguna.

Ares RGB DDR4

Sama halnya dengan model DDR5, memori tersebut memiliki sistem pembuangan panas yang optimal untuk menjaga motherboard tetap dingin, bahkan ketika pengguna melakukan overclocking. Oiya, fitur seperti Intel XMP juga didukung oleh memori ini, sehingga kemampuan maksimalnya bisa dikeluarkan saat pengguna membutuhkannya.

Baca juga: Spesifikasi 'Monster" Asus ROG Flow X13

Flashdisk pada umumnya punya bentuk yang ‘membosankan’, tapi tidak dengan JumpDrive P30 USB 3.2 gen 1 dan JumpDrive M25 USB. Keduanya punya desain yang berbeda dari lainnya, sehingga pantas rasanya kedua perangkat tersebut meraih Red Dot Winner 2022.

Lexar JumpDrive P30

Lexar JumpDrive P30 USB 3.2 Gen 1 dirancang dengan desain yang terlihat retro sekaligus kontemporer. Dari bentuknya, flashdisk ini lebih cocok untuk penggunaan bisnis, karena terlihat premium dan elegan dengan balutan warna hitam metalik yang mewah.

Bahkan, Lexar menyertakan wadah berbahan dasar kulit asli untuk menambah perlindungan. Secara fungsi, kecepatan transfer datanya juga menakjubkan. Kecepatan write dan read-nya mencapai 450 MB/s.

Lexar JumpDrive M25

Sementara Lexar JumpDrive M25 USB menekankan desain kokoh, ringkas, dan minimalis berkat penggunaan warna abu-abu perak. Flashdisk tersebut dibuat dari campuran seng yang kuat dan memiliki lubang cincin di bagian atasnya agar flashdisk bisa dijadikan gantungan kunci oleh pengguna.

“Lubang cincin ini merupakan cara sempurna untuk menjaminnya tidak hilang. Lubang dibuat begitu mulus di bagian atas,” tutur Lexar.

Baca juga: Tips Main Apex Legends Mobile untuk Pemula

Seluruh produk Lexar ini sudah tersedia di e-commerce populer di Indonesia dengan harga yang bervariasi. Memori Ares DDR5 OC UDIMM di banderol dengan harga Rp2,5 jutaan di toko online dengan kapasitas 16 GB, sementara Ares RGB DDR4 dijual Rp1,2 jutaan untuk kapasitas yang sama.

Adapun untul Lexar JumpDrive P30 USB 3.2 gen 1 dilepas di harga Rp450 ribuan hingga Rp800 ribuan tergantung kapasitas memorinya, sedangkan JumpDrive M25 USB dijual mulai Rp40 ribuan saja.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini