icon-category Gadget

Galaxy Unpacked 2023: Tanggal Pre-order dan Bocoran yang Bakal Muncul

Uzone.id - Tanggal perhelatan Galaxy Unpacked 2023 memang sudah terungkap beberapa waktu lalu, namun itu masih sebatas bocoran saja. Tapi sekarang, Samsung sudah mengonfirmasi jadwal digelarnya Galaxy Unpacked 2023 yang menjadi panggung peluncuran smartphone flagship Samsung Galaxy S23, Galaxy S23+ dan Galaxy S23 Ultra itu.

Lewat media sosial, pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan bakal merilis smartphone flagship terbarunya pada 1 Februari 2023 dalam acara besar yang diadakan di San Francisco, Amerika Serikat (AS). 

Samsung tetap menayangkan acara secara live streaming agar dapat disaksikan oleh para penggemarnya di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Adapun untuk live streaming peluncuran Samsung Galaxy S23 Series di Indonesia dimulai pada 2 Februari 2023 jam 01:00 WIB.

Baca juga: Intip Spesifikasi Samsung Galaxy A54 yang Meluncur Minggu Depan

Jadwal dan cara pre-order Samsung Galaxy S23 Series

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Samsung Indonesia (@samsungindonesia)

Di waktu yang sama saat peluncurannya secara global, Samsung juga memulai masa pre-order di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Pada 2 Februari 2023 pukul 01:00 WIB, Samsung membuka pemesanan Samsung Galaxy S23, Galaxy S23+ dan Galaxy S23 Ultra dengan skema pre-order untuk konsumen di Indonesia.

Untuk memesan smartphone ini, kalian bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi Samsung Indonesia di alamat URL https://www.samsung.com/id/unpacked.

Kemudian, masukkan beberapa informasi dan mengisi kuesioner yang terpampang di situs resmi Samsung. Nantinya, ketika live streaming dan pre-order dimulai, konsumen yang mendaftar akan mendapatkan pemberitahuan.

Bukan cuma Samsung Galaxy S23 Series

Seperti bocoran yang sudah-sudah, Galaxy Unpacked 2023 akan berfokus pada trio smartphone flagship teranyar, yakni Samsung Galaxy S23, S23+, dan last but not least Samsung Galaxy S23 Ultra yang mendapatkan peningkatan terbesar.

Dari rumor yang beredar, smartphone ini menjadi ponsel andalan Samsung pertama dengan kamera 200 MP, setelah tiga tahun sejak Samsung Galaxy S20 Ultra, perusahaan selalu menerapkan kamera 108 MP. 

Bukan cuma sensor yang baru, beberapa fitur kamera mutakhir juga akan dihadirkan. Dari bocoran yang disebar leakster Ice Universe di Twitter, Samsung Galaxy S23 Ultra mengusung tiga lensa kamera yang berbeda, dimana salah satunya menggunakan sensor 200 MP yang terbaru.

Dari video yang disebar Ice Universe pun, terlihat kalau smartphone flagship ini dapat memotret bulan dengan detail yang bagus. Diduga kuat, kamera periskop dengan kemampuan optical-zoom yang lebih tinggi akan disematkan pada smartphone ini.

Juga, Samsung Galaxy S23 Ultra akan dibekali dengan kamera telephoto normal dan ultrawide untuk memberikan lebih banyak pilihan lagi kepada pengguna untuk membuat konten yang berkualitas.

Samsung juga meningkatkan fitur Nightography pada jajaran smartphone-nya. Sekadar informasi, Nightography adalah fitur pemotretan malam yang dibantu oleh pemrosesan berbasis AI (artificial intelligence) untuk meningkatkan detail, warna, dan meminimalisir noise, meski pengambilan gambar di kondisi yang benar-benar gelap.

Baca juga: CES 2023: Jajaran Inovasi Unik, dari Laptop Layar 3D sampai Mobil Terbang

Selain trio Galaxy S23 Series, Samsung kemungkinan akan merilis laptop terbarunya di Galaxy Unpacked 2023. Adalah Samsung Galaxy Book 3, laptop premium dengan spesifikasi flagship, seperti prosesor Intel Core 13th Gen, dan layar Super AMOLED dengan bezel super tipis dan form factor yang ringkas.

Ada empat model yang mungkin akan diperkenalkan, dimana salah satunya mendapatkan dukungan S Pen juga.

Untuk memaksimalkan ekosistemnya, Samsung turut menghadirkan fitur khusus yang dapat menghubungkan ponsel Galaxy dengan laptop Galaxy Book, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pengguna saat kerja mobile.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 Series

Samsung Galaxy S23 akan menjadi varian paling standar, Galaxy S23+ membawa spesifikasi layar yang lebih memuaskan, dan Galaxy S23 Ultra yang menjadi varian dengan fitur terlengkap dan peningkatan paling signifikan. 

Perbedaan paling terlihat dari ketiga smartphone itu adalah ukuran layarnya. Ketiganya sama-sama menggunakan panel OLED generasi terbaru yang lebih cerah, jelas dan tajam, dimana Galaxy S23 berukuran 6,1 inci, Galaxy S23+ seluas 6,6 inci, dan Galaxy S23 Ultra berukuran 6,8 inci.

Kalau di seri sebelumnya, model reguler dan Plus membawa fitur layar yang agak mirip, tapi sekarang Samsung membuat perbedaan yang cukup jauh. Samsung Galaxy S23 dan S23+ sama-sama mempunyai layar dengan resolusi Full HD+, tapi dengan dukungan refresh rate yang berbeda.

S23+ mendukung refresh rate adaptif 10Hz sampai 120Hz, yang bukan cuma memberikan tampilan yang mulus, tapi juga membuat efisiensi daya baterai semakin tinggi lagi.

Sementara sang ‘big boss’ Galaxy S23 Ultra, Samsung menerapkan layar 6,8 inci dengan resolusi 1440p yang juga mendukung refresh rate 120Hz adaptif. Panel yang digunakannya mungkin E6 AMOLED terbaru yang lebih baik dari Samsung Galaxy S22 Ultra.

Galaxy S23 Ultra belum mengusung teknologi under display camera, masih ada lubang kamera di tengah atas layarnya. Layar ini juga sudah disisipkan ultrasonic fingerprint dengan respon dan pengenalan yang lebih cepat serta aman.

Ketiga smartphone terbaru Samsung akan ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang agak berbeda dari ponsel kebanyakan. SoC (system on chip) tersebut telah di-overclock khusus buat Samsung, dengan prime-core berkecepatan 3,36 GHz.

Baca juga: Samsung Galaxy A14 5G Dijual di AS dan Eropa, Segera Rilis di Indonesia

Prosesor ini dipasangkan dengan RAM LPDDR5X mulai dari 8 GB hingga 12 GB (khusus untuk Ultra) dan penyimpanan internal UFS 4.0 mulai 128 GB, 256 GB, sampai 512 GB (khusus untuk Ultra).

Adapun soal baterai, Samsung Galaxy S23 ditopang oleh baterai 3.900 mAh dengan fast charging 25W, Galaxy S23+ ditunjang baterai 4.700 mAh dengan fast charging 45W, dan Galaxy S23 Ultra ditenagai baterai 5.000 mAh dengan fast charging 45W juga. Semuanya mendukung wireless charging 15W, plus varian Ultra yang punya kemampuan reverse wireless charging.

Soal kamera, Samsung Galaxy S23 dan S23 Plus punya konfigurasi yang sama. Bukan 200 MP, melainkan 50 MP sebagai kamera utamanya, dipasangkan dengan kamera ultrawide 12 MP dan kamera telephoto 10 MP dengan 3x optical-zoom.

Baca juga: Night Vision di Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra Bakal Secanggih Apa?

Kamera 50 MP pada keduanya sudah didukung OIS atau optical image stabilization, memungkinkan pengguna tak cuma mengambil video stabil, tapi juga memotret foto malam yang minim noise juga.

Seluruh smartphone sudah berjalan di One UI 5 berbasis Android 13. Khusus buat Samsung Galaxy S23 Ultra, ponsel ini telah disematkan S Pen juga pada bodinya yang agak bongsor.

Soal harga, berembus kabar kalau Samsung tak menaikkan harga dari ponsel terbarunya. Samsung Galaxy S23 dijual mulai USD799 atau Rp12,4 jutaan, sementara Galaxy S23+ dibanderol mulai USD999 atau Rp15,5 jutaan, dan Samsung Galaxy S23 Ultra harga resminya mulai dari USD1.200 atau Rp18,6 jutaan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini