icon-category Digilife

SEA Games 2021 Berakhir, Berapa Medali yang Diboyong eSports Indonesia?

  • 23 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Timnas PUBG Indonesia (SEA Games 2021, Vietnam)

    Uzone.id - Setelah bergulir sekitar 2 minggu lamanya dari 12 Mei hingga 23 Mei 2022,  perhelatan event olahraga terbesar SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam resmi berakhir.

    Dari sekitar 241 medali yang berhasil dibawa pulang para kontingen Indonesia, 6 medali berhasil disumbangkan oleh atlet-atlet eSports Indonesia di nomor Free Fire, Mobile Legend: Bang Bang, PUBG Mobile dan juga CrossFire.

    Berikut detail siapa saja yang berhasil membawa medali dari cabang olahraga eSports di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.

    Free Fire - 1 Emas dan 1 Perak

    Minggu, 15 Mei 2022 jadi momen pertama kali timnas eSports Indonesia mendapat medali. Ya, lewat eSports nomor Free Fire, timnas Indonesia 1 dan 2 berhasil menempati posisi teratas sekaligus berhak menyabet medali emas dan juga perak sekaligus.

    Baca juga: Bangga! Indonesia Boyong Emas dan Perak eSports Free Fire di SEA Games 2022

    Timnas 1 yang diberi nama Garuda diperkuat anak-anak RRQ seperti Ibnu Nasir Ramdani, Nur Ivaldi Fajar, Richard William Manurung, Shahin Taskhir, dan Viktor Innosensius berada di posisi puncak dan berhak mendapat medali emas dengan Booyah tiga kali, Kill Points 123, dan Total Points 236.

    indofreefire

    Sementara tim 2 dengan nama Rajawali diperkuat oleh Agus Suparman, Muhammad Fikri Alief Pratama, Rafli Aidil Fitrah, Raihan Maghfur, dan Rhama Satria berhak atas medali perak dengan Booyah satu kali, Kill Points 108, dan Total Points 198.

    Mobile Legend: Bang Bang - 1 Perak

    Bermain ketat lawan Filipina pada Jumat, 20 Mei 2022, timnas eSports Indonesia di nomor Mobile Legend: Bang Bang harus puas dengan medali emas setelah kalah 3-1 di babak Final.

    timnasindomlbb

    Timnas MLBB yang dipunggawai Alberttt, CW, R7, Sanz dan Vyn harus mengakui keunggulan tim lawan dengan hasil akhir 3-1 di laga best of five.

    Baca juga: Tambah Lagi Medali Perak Indonesia, Kali Ini Mobile Legends

    Sempat tertinggal 1-0 di laga pertama, Timnas Indonesia berhasil memberi perlawanan dan menyamakan kedudukan 1-1 di game kedua. Namun, Indonesia tak berhasil meraih kemenangan di game ketiga dan keempat sehingga harus puas berada di posisi kedua.

    CrossFire: 1 Perunggu

    Di hari terakhir SEA Games 2021, Minggu, 22 Mei 2022, Timnas esports CrossFire Indonesia menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Indonesia.

    crossfireindo

    Langkah mereka terhenti untuk masuk ke fase Grand Final karena dijegal oleh tim Filipina skor 3-0 dalam laga Best of 5.

    Baca juga: Tim CrossFire Indonesia Sumbang Medali Perunggu

    Tim yang beranggotakan Evan Jordan, Gian Kurniadi, Derry Alviano, Jason Andrian, Samuel Santosa, Riddho Putra Muharam, dan juga Kurniawan Yudi memastikan diri meraih medali perunggu setelah menyingkirkan tim Laos dengan skor 2-0 di lower bracket.

    PUBG Mobile: 1 Emas dan 1 Perak

    Selanjutnya, pada Selasa, 17 Mei 2022 di nomor PUBG Mobile Solo/Individu, Timnas Indonesia atas nama INA1Alan berhasil menyabet medali perak setelah kalah tipis 2 poin saja dari timnas tuan rumah Vietnam dengan total poin 104 untuk Vietnam dan 102 untuk Indonesia (INA1 Alan).

    Kemudian, sebagai penutup pagelaran SEA Games 2021, Timnas PUBG Indonesia 2 berhasil memberikan medali emas terakhir untuk kontingen Indonesia.

    Timnas Indonesia 2 yang dipunggawai Luxxy, Jayden, SVAVFEL, Ryzen dan juga GenFos ini berhasil menduduki peringkat teratas dengan total skor 163 poin di 15 pertandingan yang dilaksanakan selama 3 hari.

    Baca juga: Dramatis, Timnas Indonesia Rebut Emas PUBG Mobile

    Setelah terseok-seok di hari pertama, peringkat Timnas Indonesia 2 mulai membaik di hari kedua dan berhasil meroket di hari ketiga, alhasil mereka berhasil merebut medali emas untuk Indonesia sekaligus mengalahkan tuan rumah Vietnam yang sempat berada di posisi 1.

    Timnas Indonesia 2 mengumpulkan 66 poin eliminasi, 97 rank dan total poin 163, sementara posisi kedua ditempati oleh Vietnam dengan total poin 156. 

    Tim kedua dari Indonesia yaitu Timnas Indonesia 1 yang sempat meraih WWDC di hari kedua dipunggawai oleh Microboy, POtato, RedFace, Katou dan juga Alan. Di akhir pertandingan, Timnas Indonesia 1 berada di posisi ke 6 dengan perolehan skor 133.

    Total: 2 Emas, 3 Perak, 1 Perunggu

    Dengan pencapaian ini, Timnas eSports Indonesia berhasil menyumbangkan 6 medali sekaligus melampaui prestasi dari SEA Games tahun lalu di Filipina yang nihil emas. 

    Selamat untuk timnas eSports Indonesia!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini