icon-category Gadget

Tips Memilih Smartphone Idaman, Jangan Sampai Zonk!

Uzone.id - Memilih smartphone untuk diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Apalagi setiap bulannya pasti saja ada brand yang melahirkan produk barunya di Indonesia, pastinya bakal makin bikin bingung mau memilih smartphone terbaik untuk dijadikan daily driver.

Smartphone bukan lagi menjadi kebutuhan tersier, melainkan keperluan primer yang sangat dibutuhkan saat ini. Namun dengan harga yang cukup mahal bagi segelintir orang, tentu harus bijak dalam membelanjakan uang untuk membeli smartphone idaman.

Nah, biar kalian gak salah pilih karena banyaknya pilihan di depan mata, berikut ini tim Uzone.id membagikan beberapa tips untuk memilih smartphone terbaik buat kalian.

Tentukan budget

Tips pertama, tentukan berapa batas minimum dan maksimal dana yang mau kalian keluarkan untuk membeli smartphone. Tentunya, sesuaikan dengan kondisi keuangan kalian, kebutuhan dan jangan terlalu memaksakan.

Kalau membeli smartphone baru hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan dasar saja, kita sarankan untuk tidak membeli smartphone dengan harga yang tinggi.

Ponsel dengan rentang harga Rp2 juta hingga Rp4 juta saat ini sudah terbilang bagus, mulai dari desain, spesifikasi, hingga fiturnya. 

Baca juga: Menanti Laptop Layar Lipat Asus Zenbook 17 Fold OLED ke Indonesia

Smartphone keluaran merek asal China seperti Xiaomi, Poco, hingga Realme misalnya, mereka rutin mengeluarkan smartphone terjangkau dengan fitur yang sudah cukup untuk menunjang aktivitas harian pengguna.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Relate sama tips pertama, yakni sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Caranya, dengan menyusun fitur paling penting dari smartphone yang biasa kalian gunakan sehari-hari. Kemudian, gunakan daftar tersebut untuk membandingkan smartphone yang pas. 

Misalnya saja, kalian merupakan orang yang gemar travelling, tentu konfigurasi kamera dan baterai menjadi dua fitur utama untuk mendukung aktivitas tersebut. 

Beda hal bagi orang yang seringnya kerja di luar atau mobile, maka ponsel dengan layar besar, prosesor andal untuk multi-tasking dan baterai dengan dukungan fast charging yang harus kalian incar. 

Jika kalian mencari smartphone untuk mendukung aktivitas gaming, masukkan fitur seperti layar dengan refresh rate tinggi, prosesor yang ngebut dengan penyimpanan internal luas, serta baterai yang besar ke dalam daftar kebutuhan.

Namun harus diingat, semakin banyak fitur yang kalian incar, maka berbanding lurus dengan harga ponsel yang semakin tinggi.

Apabila kalian mencari smartphone dengan layar yang lebih luas, prosesor untuk menunjang gaming, memori penyimpanan yang besar, baterai jumbo dengan fast charging, hingga kamera yang proper, maka smartphone flagship lah jawabannya.

Pilih Android atau iOS?

Setelah merumuskan daftar, tips berikutnya adalah mempertimbangkan ingin menggunakan smartphone berbasis Android atau iOS. Kedua sistem operasi ini memang dikenal sebagai dua OS mobile terbesar saat ini.

Keduanya mudah digunakan, mendukung berbagai macam aplikasi dan game, serta menyediakan update software dan keamanan yang rutin digulirkan.

Android menawarkan pilihan perangkat yang lebih luas dengan harga yang bervariasi. Pilihan dengan rentang harga Rp1 jutaan hingga puluhan juta rupiah pun tersedia di pasaran.

Baca juga: 10 Smartphone yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2, Incaran Kamu Ada?

Smartphone Android menggunakan layanan Google sebagai basisnya, sehingga kalian akan menemui beberapa aplikasi standar seperti Gmail, Google Maps, Google Docs, Google Assistant, Google Calendar, dan sebagainya.

Sementara iOS, menawarkan pengalaman yang lebih eksklusif lantaran hanya iPhone saja yang menjalankan sistem operasi ini. Fitur-fitur khusus bisa kalian rasakan ketika menggunakan iPhone, semisal Siri, FaceTime, layanan iCloud, kemudahan memasang aplikasi di App Store, jaminan keamanan yang lebih bagus, dan sebagainya.

Kami sarankan untuk kalian menggunakan smartphone dengan sistem operasi yang biasa digunakan. Kalaupun ‘nekat’ untuk beralih sistem operasi, tentu butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan UX (user experience) dan beberapa fungsi utama yang berbeda. 

Tapi untungnya, saat ini baik Android dan iOS sudah menyediakan fitur yang memudahkan pengguna untuk beralih perangkat lintas OS dengan mudah dan cepat. 

Tentukan spesifikasi yang pas

Tips inilah yang sering bikin galau konsumen saat membeli smartphone. Spesifikasi ada banyak variabelnya, mulai dari desain dan material bodi yang digunakan, jenis layar dan kualitasnya, prosesor, besaran RAM dan penyimpanan internal, kapasitas baterai dan teknologinya, konfigurasi kamera, dan sebagainya.

Desain: Memang model ponsel yang terlihat futuristik, berbeda dan unik dari lainnya merupakan godaan tersendiri. Namun cobalah untuk mengesampingkan soal desain ini, dan utamakan material dan build quality dari smartphone yang ingin kalian beli.

Selain itu, perkirakan juga ukuran dimensinya, syukur-syukur kalau kalian berkesempatan mencobanya.

Rasakan, apakah smartphone ini pas digenggaman, enak dioperasikan, dimana letak sensor sidik jarinya, terasa kokoh atau tidak, dan jangan malu untuk menanyakan jenis lapisan perlindungan pada layar. Hal ini penting, karena kalian bakal menggunakan smartphone setiap hari dan mungkin saja hingga lebih dari setahun. 

Beberapa smartphone juga saat ini sudah menawarkan beberapa fitur untuk menambah ketangguhannya, seperti rating IP54 tahan percikan air atau IP67/IP68 yang membuat ponsel benar-benar tahan air selama 30 menit.

Layar: Kalian pastinya akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar, jadi pastikan ukurannya dan kualitasnya sesuai. Kebanyakan di smartphone kelas menengah saat ini, resolusi layar minimal yang ditawarkan adalah Full HD, tapi dibedakan dengan aspek rasio, fitur refresh rate, hingga jangkauan warnanya.

Tips buat kalian, cobalah untuk memperhatikan seberapa tinggi intensitas cahaya dari layarnya. Semakin tinggi, maka bakal semakin bagus untuk berbagai skenario pemakaian, baik di indoor maupun outdoor.

Baca juga: 10 Smartphone untuk Main Genshin Impact, Harga dari Rp3 Jutaan

Prosesor: Ini adalah komponen penting dari sebuah smartphone, lantaran chipset merupakan otak dari ponsel yang kalian gunakan. Lagi-lagi, kembali ke kebutuhan awal kalian dalam menentukan jenis prosesornya.

Kalau senangnya bermain game dan menjalankan aplikasi berat, disarankan untuk memilih ponsel dengan prosesor Snapdragon 700 Series, MediaTek Helio G9 Series atau Dimensity 900 Series, atau Apple A11 Bionic ke atas sebagai pertimbangan utama.

Namun jika kebutuhannya untuk pemakaian biasa, gaming sesekali, dan mementingkan efisiensi baterai, smartphone dengan prosesor Snapdragon 600 Series setara atau ke atas bisa dijadikan pilihan. Tentunya, jenis smartphone ini bakal lebih murah juga harganya.

RAM dan penyimpanan: Setidaknya ambil smartphone dengan RAM minimum 6 GB untuk Android. Sementara untuk iPhone, RAM 3 GB saja sebenarnya sudah lebih dari cukup, lantaran sistem iOS memiliki manajemen memori yang berbeda dari Android dan tidak memerlukan banyak RAM.

Khusus Android, saat ini pun kebanyakan merek sudah menawarkan fitur ‘RAM virtual’, dimana sebagian kecil penyimpanan internal dipindahkan untuk menambah kapasitas RAM secara virtual. Hal ini cukup mengangkat kinerja dari smartphone.

Sedangkan untuk penyimpanan, at least pilihlah ponsel dengan memori minimal 64 GB. Kini, aplikasi dan game yang dipakai selalu mendapatkan pembaruan dan pastinya akan menambah kapasitasnya.

Semakin banyak aplikasi yang dipasang, maka semakin penuh juga memori penyimpanan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa smartphone sering lemot. Usahakan juga smartphone yang diincar memiliki dukungan microSD untuk memori eksternal.

Baterai: Untuk menunjang aktivitas harian, baterai dari smartphone haruslah bisa bertahan sepanjang hari atau minimal selama jam kerja berlangsung. Maka sudah pasti, carilah smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, dan kalau bisa didukung oleh teknologi fast charging yang mumpuni untuk mempersingkat waktu pengisian daya.

Namun di bagian baterai ini, kapasitas baterai sebenarnya tak cukup. Perlu dilihat juga fitur-fitur atau aplikasi yang digunakan, resolusi dan intensitas layarnya, dan seberapa bagus efisiensi daya yang diusung oleh sistem operasinya, karena itu memengaruhi daya tahan baterai juga. 

Baca juga: Perbandingan Kamera 200 MP, 108 MP, 50 MP & 48 MP, Lebih Bagus Mana?

Kamera: Kamera smartphone telah meningkat pesat selama beberapa tahun terakhir. Smartphone low-end pun kini menawarkan resolusi kamera yang tinggi, bahkan menyamai ponsel kelas menengah.

Tapi perlu diingat, kamera yang lebih bagus tak melulu soal besaran megapiksel. Ada beberapa aspek mengapa kamera bisa dibilang berkualitas, mulai dari ISP (image signal processor) pada chipset, software kamera dengan skema pencitraannya, AI (artificial intelligence), lensa dan aperture-nya, dan tentu saja tangan si pengguna.

Kalau budget sedikit longgar dan memang kamera jadi fitur yang kalian utamakan, disarankan untuk memilih smartphone dengan kamera utama dengan aperture yang besar dan memiliki fitur OIS atau optical image stabilization untuk stabilisasi gambar.

Kualitas OS: Catatan ini khusus untuk Android, karena banyak UI berbasis Android yang menawarkan kualitas berbeda. Namun yang harus jadi perhatian, carilah ponsel dengan OS yang nyaman, minim bloatware dan bebas dari iklan. 

Dua hal terakhir bisa memengaruhi banyak hal, termasuk kapasitas penyimpanan yang semakin sesak, user experience yang berkurang, serta daya tahan baterai yang bisa saja berkurang.

Itulah beberapa tips memilih smartphone terbaik yang harus kalian perhatikan. Namun intinya tetap pada apa kebutuhan utama kalian menggunakan smartphone dan berapa budget-nya.

Jangan mudah terlena dengan deskripsi yang ditampilkan penjual di toko online. Hal ini juga berlaku saat kalian ingin membeli ponsel secara offline di toko ritel dekat rumah.

Cobalah melakukan riset singkat terlebih dahulu sebelum membeli smartphone dengan membaca artikel atau menonton video review terkait smartphone yang jadi incaran. Atau, bisa juga meminta teman yang mengerti tentang smartphone saat kalian memutuskan ingin membeli ponsel idaman.

Uzone Choice Awards 2022

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Uzone.id - Media Teknologi (@uzoneindonesia)

Berbicara soal pilihan terbaik, di penghujung tahun 2022, Uzone Indonesia dengan bangga mempersembahkan Uzone Choice Award yang ketiga. Acara ini dipersembahkan sebagai bentuk komitmen Uzone Indonesia untuk merespon cepatnya perkembangan di industri smartphone, otomotif dan e-commerce.

Juga, menjadi ajang apresiasi dan validasi bagi seluruh insan di industri gadget, teknologi dan otomotif yang berhasil memberikan peran penting selama satu tahun ke belakang.

Baca juga: Yuk, Ramaikan Uzone Choice Award Tahun Ini!

Berbeda dengan Uzone Choice Award sebelumnya, di tahun ini acara bakal diselenggarakan secara offline. Puluhan kategori dipersiapkan, dimana pembaca pun bisa menentukan siapa yang layak memenangkan penghargaan.

Ya, penentuan Uzone Choice Award 2022 dilakukan dengan menggabungkan penilaian dari pembaca dan juga tim reviewer dari Uzone yang sudah memiliki pengalaman banyak dalam mengulas berbagai produk.

Ingat, ayo vote! Jangan golput dan jangan jadi tim mendang-mending! 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini