home ×
Digilife

MiChat Dipakai Open BO Prostitusi Online Anak di Bawah Umur

01 October 2021 By
MiChat Dipakai Open BO Prostitusi Online Anak di Bawah Umur
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Joshua Rawson / Unsplash) 

Uzone.id - Prostitusi online yang dibongkar Polda Metro Jaya pada Rabu (28/9/2021) lagi-lagi menyeret nama aplikasi MiChat.

Sekedar informasi, MiChat adalah aplikasi sosial media yang menghadirkan banyak fitur menarik. MiChat memungkinkan kamu menemukan teman baru dan orang-orang di sekitar, sehingga kamu bisa memperluas jaringan sosial kamu.

Prostitusi online yang dibongkar polisi di sebauh apartemen di kawasan Pulogebang, Jakarta Timur, itu melibatkan anak di bawah umur.

BACA JUGA: Setelah PWNU Aceh, PCNU Surabaya Haramkan Higgs Domino Island

Kasubdit Renakta (Remaja, Anak dan Wanita) di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya AKBP Pujiyarto, mengatakan kepada media bahwa aplikasi MiChat dimanfaatkan dalam prostitusi online ini setelah ibu kandung korban melihat ada akun Mihat yang menawarkan foto anaknya.

"Ibu kandung korban mengetahui ada akun MiChat yang menawarkan foto anak korban untuk prostitusi di apartemen di Jakarta Timur," kata Pujiyarto.

BACA JUGA: Viral Film Aum Diperankan Jefri Nichol Produksi Bioskop Online

Polisi berhasil menyelamatkan tiga anak di bawah umur yang dijadikan pekerja seks komersial. Dua muncikari yang menawarkan korban dengan cara 'open BO' juga masih berusia 17 tahun.

Polisi menduga kamar-kamar di apartemen itu disewakan untuk bisnis prostitusi online.

UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan atau pasal 761 Jo Pasal 88 UU Nomor 35 Tahun 2014 Perubahan Atas UU RI Nomor 23 2022 tentang Perlindungan Anak dengan hukuman penjara di atas lima tahun.

Fitur MiChat

Pengguna MiChat memungkinkan bisa bertemu dengan teman-teman baru dengan mengandalkan "Pengguna di Sekitar dan "Pohon Pesan" pada MiChat Messenger.

Pengguna bisa menemukan orang-orang dalam jangkauan sekitar 50 m, 100 m dan 1 km. Pesan multimedia
bisa mengirim dan menerima video, foto, berkas, teks, dan pesan suara.

Pengguna MiChat juga bisa menghindari pelecehan dengan verifikasi teman sehingga cuma bisa menerima pesan dari teman-teman yang terverifikasi. Pengguna juga bisa berbagi lokasi, kartu nama, dan mengundang teman-teman.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id